Perbedaan Noun Clause dan Adjective Clause

Perbedaan Noun Clause dan Adjective Clause

Salah satu hal yang membingungkan banyak pemula dalam belajar Bahasa Inggris adalah mengidentifikasi perbedaan noun clause dan adjective clause. Untuk mengetahuinya, kamu wajib mengetahui masing-masing penjelasan tentang noun clause dan juga adjective clause.

Materi ini terbilang penting bagi pemula yang ingin meningkatkan komunikasi sehari-hari. Pemahaman tentang noun clause dan adjective clause juga sangat membantu dalam memenuhi tuntutan akademik, khususnya pada writing skill.

Panduan Belajar Noun Clause dan Adjective Clause

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang definisi hingga perbedaan noun clause dan adjective clause:

Definisi Noun Clause

Noun clause merupakan klausa (sekumpulan kata yang memiliki subjek dan kata kerja) yang berperan sebagai noun dalam sebuah kalimat. Dalam Bahasa Inggris, noun adalah kata yang digunakan untuk mewakili orang, benda, maupun tempat.

Fungsi Noun Clause

Noun clause memiliki 1 subjek dan 1 verb, keduanya berperan sebagai noun. Seperti halnya noun clause, adjective clause dan adverb clause berfungsi sebagai adjective dan adverb.

Noun clause adalah klausa dependen, sehingga tidak bisa berfungsi sendiri sebagai kalimat utuh. Agar noun clause dapat berfungsi, maka harus diletakkan dalam kalimat yang lebih panjang, sebagaimana contoh berikut:

Susan amazed that he was always helpful.

Dari contoh tersebut, that he was always helpful tidak bisa berdiri sendiri.

Kamu juga bisa mengganti noun clause dengan noun atau pronoun, sebagaimana contoh berikut:

Did you hear what Susan said?

Kamu bisa mengganti noun phrase what Susan said dengan “it”, atau “that”, sehingga menjadi Did you hear that? Atau Did you hear it?

Noun clause juga sering menggunakan salah satu dari wh-words, seperti: what; who; when; where; dan why, termasuk kata relevan lainnya seperti: whenever; whatever; dan whomever. Kata tanya lainnya adalah “if”, “that”, dan “how” yang sering juga digunakan dalam noun clause.

Baca juga : Pengertian Noun Phrase Dan Penggunaannya Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Tipe Noun Clause

Belajar noun clause harus hati-hati, karena fungsinya yang bisa menjadi subjek, objek, preposisi, objek langsung, objek tidak langsung, dan noun predikat.

Susan wants to know what all the things are about.

What all the things are about adalah noun clause yang di dalam kalimat berfungsi sebagai objek langsung dari verb “know”. Subjek dalam kalimat adalah “Susan”.

Susan will listen to whatever we recommend.

Dalam kalimat tersebut, “whatever we recommend” adalah noun clause yang fungsinya sebagai objek langsung.

We hope we are going to wherever the source of the rainbow is.

Dalam kalimat tersebut, wherever the source of the rainbow is adalah noun clause, fungsinya sebagai objek preposisi “to”.

The singer’s only flaw was that she sang when given the signal to wait.

Noun clause dalam kalimat tersebut adalah “that she sang when given the signal to wait”, fungsinya sebagai subject complement.

Adjective Clause

Adjective clause dibuat dari beberapa kelompok kata, digunakan untuk memodifikasi noun atau pronoun. Selain itu, adjective clause adalah klausa dependen. Klausa ini mengikuti noun yang mereka modifikasi, seperti contoh berikut:

The new student who repaired my bike was arrested yesterday.

Klausa who repaired my bike memodifikasi noun the new student.

Salah satu tanda untuk mengidentifikasi adjective clause adalah memulainya dengan relative pronoun seperti that, whose, whom, who, which atau penggunaan relative adverbs seperti when, where, dan why.

Ada beberapa hal dimana relative pronoun bisa dihilangkan, seperti misalnya “The bag that you bought was aesthetic” dapat ditulis menjadi “The bag you bought was aesthetic”. Dengan menghilangkan relative pronoun pada adjective clause, detail yang tidak penting tentang noun dimunculkan menggunakan sebuah koma. Contohnya, “Candy, which many of us love, has no nutritional value”. Peletakan koma dalam adjective clause dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Cara Menentukan Verb Noun Dan Adjective

Noun Clause vs Adjective Clause

Sekarang, kamu sudah memahami tentang beberapa hal terkait noun clause. Berikutnya, kamu akan mendapatkan penjelasan tentang apa perbedaan noun clause dan adjective clause.

Letak perbedaan paling utama antara noun clause dan adjective clause adalah noun clause memiliki 1 noun dan 1 verb. Sedangkan adjective clause memiliki sekelompok kata. Adjective clause memodifikasi noun, tetapi noun clause tidak memodifikasi noun.

Noun clause dimulai dengan kata seperti: what, whatever, how, that, where, wherever, when, whichever, which, whether, whomever, who, whoever, whom, why, whose. Walaupun noun clause berfungsi sebagai subjek, objek, atau subjek complement dalam sebuah kalimat, adjective clause berfungsi sebagai adjective dan memodifikasi sebuah noun.

Mau belajar Bahasa Inggris lebih mudah dan menyenangkan? Belajar di tempat kursus Bahasa Inggris ICAN English! Ada banyak program kursus yang kami sediakan untuk semua kalangan. Kamu juga bisa belajar dari nol, loh!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi