Panduan Lengkap Belajar Apa Itu Adverb Phrase

Panduan Lengkap Belajar Apa Itu Adverb Phrase

Frasa adverbial membantu menambahkan detail pada bahasa dan membuatnya lebih menarik. Dalam penjelasan ini, kamu akan mempelajari tentang apa itu adverb phrase lengkap dengan contohnya.

Selain itu, kamu juga dapat belajar tentang macam-macam adverb phrase dan penggunaannya dalam kalimat. Gunakan juga beberapa frasa adverbial untuk membantu melatih dan menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari.

Pembahasan Adverb Phrase

Apa itu adverb phrase adalah frasa yang mengubah arti kata kerja, atau menambahkan lebih banyak detail atau deskripsi pada sebuah kalimat. Adverb phrase adalah jenis kata keterangan yang dapat digunakan untuk memodifikasi kata kerja, kata sifat, kata keterangan, dan bahkan adverb phrase lainnya. Berikut adalah pembahasan tentang adverb phrase:

Cara Mengidentifikasi Adverb Phrase

Biasanya, adverbial phrase dibentuk dengan menggabungkan dua kata atau lebih. Misalnya, prepositional phrase dan partikel adverbial. Adverb phrase juga dapat dibentuk dengan klausa dependen dan konjungsi. Misalnya, dalam kalimat “Joko walked slowly to the restaurant”, frasa adverbial “slowly to the restaurant” memodifikasi kata kerja “walked”.

Frase adverbial sering kali mengikuti kata kerja, namun bisa juga muncul sebelum kata kerja. Misalnya, “Joko quickly went” memiliki frasa keterangan “quickly” setelah kata kerja “went”, sedangkan “Joko went quickly and silently” memiliki frasa keterangan “quickly and silently” sebelum kata kerja “went”.

Adverb phrase digunakan untuk menambahkan detail dan nuansa pada sebuah kalimat. Adverb phrase juga membantu menciptakan gambaran jelas di benak pembaca. Misalnya, kalimat “Joko went” cukup jelas, namun jika menambahkan adverb phrase seperti “Joko went quick”, kalimat tersebut akan menambah lebih banyak detail dan membuat kalimat lebih menarik.

Baca Juga: Belajar Penggunaan Rumus Adjective Phrase

Jenis-jenis Adverb Phrase

Adverb phrase dapat dibagi menjadi tiga jenis utama: phrases of time, place, dan manner. Adverb of time mengacu pada saat sesuatu terjadi, dan sering kali muncul di awal kalimat. Jadi, frasa keterangan waktu bisa berupa “yesterday afternoon” atau “this morning”.

Kata keterangan tempat mengacu pada tempat terjadinya sesuatu, dan biasanya muncul setelah kata kerja. Contoh kata keterangan tempat adalah “here”, “there”, “somewhere”, “anywhere”, dan “everywhere”. Jadi, adverbial phrase of place bisa berupa “in the park” atau “at the beach”.

Adverb of manner mengacu pada bagaimana sesuatu terjadi, dan biasanya muncul setelah kata kerja. Contoh kata keterangan cara antara lain “quickly”, “slowly”, “carefully”, “happily”, dan “boldly”. Jadi, adverb of manner bisa berupa “with enthusiasm” atau “in a hurry”.

Contoh Adverb of Phrase

Berikut adalah contoh beberapa adverb phrase yang dapat kamu gunakan saat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris:

  • In the morning
  • At night
  • On Sunday
  • Upstairs
  • Downstairs
  • Inside
  • Outside
  • Nearby
  • Far away
  • Very quickly
  • Quite slowly
  • Very carefully
  • Quite boldly
  • Very happily

Kesalahan dalam Penggunaan Adverb Phrase

Sekarang, kamu sudah mendapatkan penjelasan tentang apa itu adverb phrase. Saat menggunakan adverb phrase, penting untuk menghindari beberapa kesalahan umum. Kesalahan paling umum adalah menggunakan dua kata keterangan secara bersamaan. Misalnya, kamu bisa mengatakan “Joko ran quickly”, bukan “Joko ran quick”.

Kesalahan lain yang harus dihindari adalah penggunaan adverb di tempat yang salah. Adverb biasanya muncul di awal kalimat, sedangkan adverb of place dan adverb of manner biasanya muncul setelah kata kerja. Misalnya, kamu dapat mengatakan “Yesterday we went to the library”, bukan “We yesterday went to the library”.

Pastikan adverb yang kamu gunakan sesuai dengan konteksnya. Misalnya, kamu tidak akan menggunakan “now” jika kamu membicarakan sesuatu di masa lalu. Atau, kamu tidak bisa menggunakan adverb “nearby” jika kamu berbicara tentang sesuatu yang letaknya jauh.

Mau lebih paham Bahasa Inggris lebih dari sekedar materi adverb phrase? Belajar di ICAN English mulai dari sekarang! Program kursus Bahasa Inggris di kelas intensif akan membuat kamu lebih rutin belajar dan meningkatkan kemampuan dalam waktu lebih cepat!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.