Apa Saja Jenis Tes IELTS? Simak Ini!

Apa Saja Jenis Tes IELTS? Simak Ini!

Tes IELTS merupakan salah satu jenis tes yang bisa amu coba untuk mengukur kemahiran bahasa Inggris menggunakan ragam cara. Jenis tes IELTS terbagi menjadi dua bagian. Kamu bisa mengikuti kedua jenis tes untuk mendapatkan sertifikat keahlian.

Masing-masing jenis tes membuat seseorang bisa menguasai bahasa Inggris berdasarkan aspek tertentu.  Pastikan sebelum memilih jenis tes yang akan Kamu ikuti, memahami bidang mendasar pada jenis tersebut. Kamu pun dapat menyiapkannya dengan mengikuti kursus di ICAN English.

Jenis-jenis Tes IELTS Yang Bisa Diikuti

Penjelasan sebelumnya telah memaparkan bahwa tes IELTS memiliki dua jenis yang bisa kamu ikuti. Secara garis besar, kedua jenis tes memiliki perbedaan dari banyak segi. Berikut dua macam tes IELTS yang bisa Kamu ikuti:

IELTS Academic

Tes ini dilakukan seseorang dengan tujuan menyesuaikan kemampuan bahasa Inggris berdasarkan lingkungan Academy. Banyak juga yang mengatakan bahwa tes ini diperuntukkan bagi Kamu yang ingin menetap atau belajar di negara berbahasa Inggris. Sebenarnya, bahasa Inggris bisa digunakan dimana saja.

Tes IELTS jenis ini banyak digunakan sebagai bentuk persiapan sebelum berangkat ke luar negeri dengan tujuan menempuh pendidikan. Jika hasil tes telah keluar, Kamu bisa mengetahui seberapa besar kemampuanmu dalam berbahasa Inggris.

IELTS General Training

Jenis ini dilakukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris berdasarkan kontes kehidupan sehari-hari. Tes ini bisa Kamu jadikan sebagai pedoman saat terjun di dunia kerja yang menerapkan bahasa Inggris dalam lingkup sehari-hari. IELTS General Training bisa digunakan untuk persiapan mencari pekerjaan atau magang baik lokal maupun internasional.

Dengan mengikuti tes IELTS for UK Visas and Immigration (UKVI) nantinya bisa kamu gunakan untuk membuat visa Inggris. Kemampuan ini menjadi syarat utama bagi seseorang yang ingin tinggal sementara di negara yang memakai bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

4 Materi Yang Diujikan IELTS

Masing-masing tes IELTS memiliki banyak materi. Walaupun kedua jenis tes berbeda namun kurang lebih materi di dalamnya hampir sama. Berikut beberapa materi yang terdapat pada tes IELTS:

1. IELTS Listening Test

Jenis tes IELTS Academic dan  IELTS General Training memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mendengarkan. Dalam tes ini nantinya terdapat empat bagian yang di dalamnya terdapat 10 pertanyaan. Kamu bisa menjawab jika mampu mendengarkan audio dengan seksama.

2. IELTS Reading Test

Selain tes terkait dengan pendengaran, nantinya Kamu akan dihadapkan dengan beragama jenis teks. Dari teks tersebut Kamu bisa menjawab serangkaian soal yang disediakan. Dalam tes ini cenderung mengukur kemampuan membaca dan memahami arti sebuah paragraf.

3. IELTS Writing Test

Dalam semua jenis tes IELTS terdapat materi berupa penulisan atau writing. Nantinya Kamu akan diminta menulis sebuah surat sebanyak 150 kata dan esai dengan jumlah kata 250. Durasi waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes ini sekitar 1 jam atau 60 menit.

4. IELTS Speaking Test

Jika pada materi sebelum Kamu dihadapkan dengan berbagai soal, pada tes speaking Kamu hanya perlu menjawab pertanyaan penguji secara langsung. Dalam tes ini mengajarkan peserta untuk melatih kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Penutup

Nah itulah jenis tes IELTS yang bisa Kamu ikuti. Setelah memahami beberapa jenis tes tersebut, pastikan memilih sesuai kebutuhan. Jika hasil sertifikat untuk sekolah di luar negeri pastikan memilih tes IELTS Academic. Namun, ketika hasil tes akan digunakan untuk magang pilih tes IELTS General Training.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.