Belajar bahasa Inggris dengan membaca

Trik Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca

Apr 8, 2022 | Bahasa Inggris

Jika dipraktikkan dengan benar, membaca buku dan novel yang sesuai dengan level kemampuan kamu dapat mempercepat pembentukan kosakata, meningkatkan grammar dan mempertajam tulisan. Untuk itu, kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan membaca jika kamu menerapkan cara yang tepat.

Meskipun membaca tidak secara langsung memengaruhi bahasa Inggris lisan kamu, membaca sampai batas tertentu dapat meningkatkan kosakata yang lebih baik dan meningkatkan basis pengetahuan.

Baca Juga: TRIK MEMBACA CEPAT BAHASA INGGRIS

Bagaimana Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca?

Kamu tentu bisa belajar bahasa Inggris hanya dengan membaca buku. Sebenarnya, ini mungkin menjadi cara termudah untuk memahami bahasa baru. Kamu dapat membaca novel yang kamu sukai sambil belajar bahasa Inggris.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan membaca, seperti misalnya:

1. Crawl Method

Ketika kamu membaca, biasanya kamu akan menelusuri satu paragraf dan halaman, sehingga tidak terlalu fokus terhadap tanda baca, aturan tata bahasa yang diikuti, aturan tata bahasa yang sengaja dilanggar, gaya, cara argumen dan sebagainya.

Akan lebih efektif jika kamu membaca secara lambat. Selama teknik membaca ini, kamu dapat memperhatikan seluk beluk kalimat dan penggunaan grammar pada buku tersebut. Semakin banyak perhatian yang kamu berikat saat mempelajari sesuatu, semakin baik kamu mempelajarinya.

2. Mulailah dengan Hal-Hal yang Sesuai dengan Level dan Minat

Jika kamu tidak terlalu sering membaca dan kosakata kamu tidak terlalu banyak, maka jangan memulainya dengan bacaan yang berat. Mulailah dengan bacaan yang ringat, seperti majalah atau koran. Pilih juga topik yang sesuai dengan minat kamu.

Garis bawahi kata yang terlalu rumit dan tidak kamu pahami. Jika kamu sudah rutin membaca, pilih topik yang cukup rumit namun tetap berguna untukmu. Ini berguna untuk memperluas kosakata dan ilmu yang kamu miliki.

3. Baca Buku Secara Rutin

Baca buku setiap hari, walaupun hanya sekitar 20-30 menit dan jadikan hal tersebut sebuah kebiasaan. Kamu bisa membuat jadwal membaca ketika kamu sudah menyelesaikan semua kegiatan di hari tersebut.

Karena membaca adalah kegiatan yang tidak menguras tenaga. Kamu bisa memanfaatkan waktu senggang untuk membaca dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Baca Juga: PERMAINAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Rekomendasi Buku Ringan Untuk Belajar Bahasa Inggris

Untuk belajar bahasa Inggris, ada beberapa bahan bacaan ringan yang bisa kamu pilih agar proses belajar tidak terlalu berat. Namun, jika kamu memutuskan untuk belajar dengan tutor, kamu dapat memilih kursus bahasa Inggris profesional, seperti ICAN English. Kami memiliki tutor berpengalaman yang dapat membantu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu.

Nah, berikut ini adalah beberapa bacaan bahasa Ingggris yang ringan agar kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan membaca.

1. The Wind in the Willows

Buku klasik ini cukup terkenal dan populer. Bukunya yang ringan bercerita seputar petualangan binatang yang tinggal di sungai. Buku karya Kenneth Grahame ini menggunakan bahasa yang sederhana dengan cerita imajinatif yang membuat pembacanya mudah untuk mengerti.

2. Lord of the Flies

Ini adalah buku klasik modern yang biasanya digunakan di sekolah-sekolah. Ketika sekelompok anak laki-laki terisolasi di pulau terpencil, masyarakat yang mereka ciptakan menjadi berperilaku kejam. Golding menggunakan bahasa yang dramatis dan deskriptif, hampir seperti puisi, yang membuat kamu merasa seolah-olah berada dalam adegan itu sendiri.

3. Animal Farm

Novel alegoris ini menceritakan kisah binatang yang memberontak melawan tuan mereka. Buku ini juga merupakan sindiran era Stalin di Uni Soviet. Orwell sebagai penulisnya menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk menarik semua tingkat membaca.

Buku-buku ini membantu kamu mempelajari bahasa Inggris dengan membaca. Pilih satu buku dan baca buku tersebut agar kamu dapat familiar terhadap semua kata bahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH