Membaca cepat bahasa Inggris

Trik Membaca Cepat Bahasa Inggris

Mar 28, 2022 | Bahasa Inggris

Kemampuan membaca cepat bahasa inggris  bukanlah hal yang bisa kamu capai secara instan. Apalagi bagi pemula yang belajar bahasa inggris. Latihan merupakan kunci utama kesuksesan untuk belajar bahasa inggris.

Itulah mengapa, ICAN English memberikan tips berlatih meningkatkan kemampuan membaca secara baik dan benar. Ada juga teknik melakukan skimming ketika sedang reading.

Baca Juga: TIPS CEPAT BERBAHASA INGGRIS, PEMULA WAJIB TAHU!

Cara Baca Bahasa Inggris Bagi Pemula

Jika kamu baru saja mulai belajar bahasa Inggris, maka banyak trik dan tips yang perlu kamu perhatikan. Pemula wajib tahu bagaimana cara mengasah kemampuan membaca bahasa inggris supaya lancar:

1. Belajar Pengucapan Alphabet

Ini adalah hal yang paling mendasar ketika kamu ingin memahami cara membaca Bahasa Inggris secara baik dan benar. Pengucapan alfabet bahasa inggris dan bahasa indonesia sangat berbeda.

Contoh, alphabet  A pada bahasa indonesia justru harus ucapkan Ei ketika belajar bahasa inggris. Sedangkan alphabet B pada bahasa inggris dibaca Bi.

2. Belajar Kosakata

Bendahara kosakata adalah hal penting yang nantinya mendukung kelancaran baccaan bahasa inggris secara baik dan benar. Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai, maka semakin mahir dan cepat juga dalam mengucapkan maupun membaca berbagai buku bahasa inggris.

Pelafalan satu atau dua kosakata tidaklah mudah. Akan tetapi, niat bisa membantu untuk menguasainya. Itulah mengapa, kamu wajib mempunyai niat kuat terlebih dahulu supaya belajar terasa lebih mudah, bukan membebani.

3. Pronunciation

Supaya kamu bisa membaca bahasa inggris dengan baik, pahami dulu pronunciation, teknik penting sekaligus jantung speaking. Untuk mahir meningkatkan kemampuan speaking, kamu harus belajar pronunciation terlebih dahulu supaya tidak salah melafalkan sebuah kata.

Pronunciation masuk dalam materi speaking. Kamu wajib menguasainya terlebih dahulu supaya bisa melafalkan apa yang kamu baca secara tepat.

4. Belajar Kosakata Baru

Apabila kamu sudah punya beberapa kosakata yang sudah kamu pahami, maka berikutnya adalah mempelajari kosakata baru. Jangan sampai stok kosakata kamu hanya itu-itu saja.

Supaya lebih berkembang, cari terus kosakata baru yang belum pernah kamu ketahui. Hal ini membantu untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata yang juga akan mempengaruhi kemampuan bahasa inggris.

5. Baca Terus

Dalam belajar Bahasa Inggris, kadangkala kamu sangat fokus tentang berbagai faedah bahasa inggris sehingga terlalu baku. Secara tidak langsung menuntut juga memberatkan dalam membaca bacaan bahasa inggris. sehingga, kadang membuat kamu merasa jadi malas membaca.

Itulah mengapa, untuk bisa membaca cepat bahasa inggris adalah dengan baca saja terus tanpa mempedulikan terlebih dahulu apa saja aturan atau faedah baku pada kalimat bahasa inggris. Jadikan membaca itu 75% kebiasaan. Jadi, kamu tidak perlu kuatir ketika salah baca, karena itu merupakan bagian dari proses. Akan tetapi bisa jadi kurang tepat jika kamu harus menyerah dan merasa malas belajar.

Baca Juga: PENTINGNYA KURSUS BAHASA INGGRIS

Tips Belajar Skimming Bahasa Inggris

Skimming adalah proses membaca cepat bahasa inggris untuk memperoleh ide utama. Ide utama harus kamu cari dalam rangka memperoleh pemahaman secara total pada sebuah isi bacaan. Contohnya, kamu ingin membaca mengapa David Beckham pensiun sebagai pemain sepakbola. Kamu tidak perlu baca teks secara total, tapi tinggal mencari alasannya saja.

Ada beberapa langkah ketika ingin skimming atau baca cepat dalam bahasa inggris. Baca judulnya terlebih dahulu, dan baca pada bagian paragraf pertama sampai selesai. Perhatikan jika ada sub judul dan pahami apa maksudnya, lalu hubungkan dengan intisari artikel. Berikutnya, baca kalimat pertama pada tiap paragraf karena umumnya, kalimat pertama merupakan ide utama paragraf.

Perhatikan juga jika ada gambar, grafik, maupun diagram. Ada juga kata yang dicetak tebal atau miring, jangan sampai terlewat. Terakhir, kamu bisa membaca bagian paragraf akhir. Jika kamu sudah menemukan ide utama, maka catat informasi ide utama yang sudah kamu temukan dalam pikiran.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara mengatasi kesulitan belajar bahasa inggris agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Selama proses belajar, kadang semua tidak selalu berjalan mulus karena kadang kamu pusing dengan materi bahasa inggris. tidak sedikit juga pelajar yang stuck...

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Belajar bahasa Inggris setiap hari adalah salah satu langkah untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa asing tersebut. Saat ini belajar bahasa Inggris menjadi salah satu kebutuhan untuk meningkatkan kualitas diri dan membantu kamu lebih unggul dalam...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH