Cara Belajar Bahasa Inggris Sehari-Hari

Cara Belajar Bahasa Inggris Sehari-Hari

Belajar bahasa Inggris sehari-hari  sangat penting dan termasuk bagian dari sikap konsisten untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing tersebut. Saat ini bahasa Inggris menjadi salah satu soft skill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar, sehingga mempelajari bahasa Inggris bisa membantu kamu untuk mendapatkan peluang pekerjaan yang cerah di masa depan.

Tidak hanya itu tetapi bagi para pelajar juga bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri jika berhasil menguasai bahasa Inggris dengan baik. Namun sayangnya belajar bahasa Inggris tidak bisa dilakukan dengan cepat dan instan, sebab semuanya membutuhkan usaha.

Paling tidak biasakan dirimu untuk belajar bahasa Inggris dalam berbagai macam aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Dengan begitu kamu akan terbiasa dan bisa menguasai bahasa Inggris.

Cara Belajar Bahasa Inggris Sehari-Hari

Kamu mungkin masih merasa bingung bagaimana cara yang tepat untuk belajar bahasa Inggris dan bisa disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri mengenal bahasa Inggris, misalnya seperti berikut:

Perbanyak Mencari dan Menghafalkan Kosakata Bahasa Inggris

Kamu tidak perlu menghabiskan bertahun-tahun atau berbulan-bulan untuk mempelajari bahasa Inggris. Cukup dengan mengenal nama-nama benda atau kosakata bahasa Inggris yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari kamu dalam waktu satu hari saja. Dengan begitu, kamu akan mampu lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris hanya dalam waktu singkat.

Jangan lupa untuk selalu mencatat kosakata baru yang ditemui dan artikan dalam bahasa Indonesia. Gunakan kosakata yang baru tersebut untuk berbicara bahasa Inggris atau menulis dalam bahasa Inggris, sehingga lebih terbiasa.

Baca juga:
Tahapan Belajar di Kursus Bahasa Inggris Bagi Siswa ESL

Perbanyak Mendengarkan Lagu dalam Bahasa Inggris

Tidak perlu repot-repot menghadiri klub bahasa Inggris setiap minggu untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris. Kamu bisa mencapainya dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Bagaimana caranya? Cukup dalam satu hari, kamu bisa meraih kemahiran mendengarkan yang memuaskan! Mulailah dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris yang enak didengar. Rasakan dan nikmati berulang-ulang, lalu coba tebak liriknya.

Setelah menghafal melodi dan menerka liriknya, bandingkan dengan lirik aslinya. Jika terdapat banyak kesalahan, teruslah mencoba. Dalam waktu satu hari, kamu akan dapat mengikuti mendengarkan bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Cara ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja sembari melakukan aktivitas sehari-hari sehingga kamu akan lebih terbiasa dan mengenal banyak kosakata bahasa Inggris dalam lirik lagu yang didengarkan.

Perbanyak Menulis dalam Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris sehari-hari bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu sering menulis dalam bahasa Inggris. Masih ragu untuk mencoba menulis dalam bahasa Inggris? Mulailah dengan yang sederhana dan terus tingkatkan hingga yang lebih kompleks.

Cobalah untuk memulai dengan menulis perkenalan diri dalam bahasa Inggris, kemudian berlanjut dengan mengirim pesan singkat melalui SMS menggunakan bahasa Inggris. Bahkan, Kamu bisa mencoba untuk membuat status dan memberi komentar di media sosial dengan menggunakan bahasa Inggris. Semakin sering kamu melakukannya, semakin percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris akan meningkat.

Baca juga:
Belajar Kata Singkat Bahasa Inggris

Coba Bicara Menggunakan Bahasa Inggris

Seringkali kita berharap dapat menguasai bahasa Inggris dalam waktu satu hari, namun pada kenyataannya enggan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya selama satu hari penuh. Nah, mungkin saja kamu hanya menggunakan bahasa Inggris dalam situasi-situasi tertentu, seperti saat pelajaran bahasa Inggris. Tentu saja, satu hari belajar bahasa Inggris tidaklah mencukupi.

Kamu dapat berlatih berbicara bahasa Inggris sepenuhnya dengan siapa pun dan di mana pun. Bayangkan saja orang-orang di sekitar kamu adalah warga asing yang tidak mengerti bahasa Indonesia, dan kamu harus berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa Inggris. Terapkan hal ini bahkan ketika kamu berbicara dalam hati. Dalam waktu satu hari, kamu akan merasakan kemajuan dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan warga asing.

Baca Juga:
Tips and Trik Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Perbanyak Menonton Film Bahasa Inggris

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri mengenal bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari adalah memperbanyak penonton film bahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle. Jika kamu masih sering menonton film-film barat dengan menggunakan subtitle bahasa Indonesia atau bahkan menghindari film-film barat, maka sekarang hal tersebut harus diubah.

Sekaranglah waktu yang tepat untuk meramaikan hidup kamu dengan bahasa Inggris. Cobalah menonton film-film barat berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle Indonesia. Jika mengalami kesulitan, perhatikan gerakan tubuh dari para aktor yang memerankan karakter dalam film tersebut. Dengan demikian, kamu akan semakin terbiasa dan memperkaya pemahaman bahasa Inggris kamu secara alami.

Penutup

Belajar bahasa Inggris sehari-hari bisa dilakukan dengan berbagai macam cara  yang disesuaikan dengan kesukaan kamu. Dari hal-hal sederhana dan kecil, misalnya seperti mendengarkan musik bahasa Inggris, menonton film bahasa Inggris tanpa adanya subtitle bahasa Indonesia, dan lain sebagainya tentu bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Jauh lebih baik jika kamu bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris profesional dan terbaik seperti ICAN English. Melalui lembaga kursus bahasa Inggris kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan materi belajar yang sesuai dengan metode menyenangkan dari tutor profesional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi