Tahapan Belajar di Kursus Bahasa Inggris Bagi Siswa ESL

Tahapan Belajar di Kursus Bahasa Inggris Bagi Siswa ESL

Mengetahui apa saja tahapan dalam kursus Bahasa Inggris untuk pembelajar bahasa kedua (ESL) sangat penting. Tujuannya adalah agar kamu bisa menentukan apa kebutuhan belajar, apa strategi yang harus kamu peroleh saat belajar di kelas, dan apa tahap selanjutnya agar lebih paham.

Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sangat berguna jika kamu harus bepergian ke tempat baru. Misalnya, ketika sedang liburan di Australia dan hendak memesan makanan di restoran, atau check-in di hotel. Semua itu dapat kamu lakukan dengan mudah karena sudah menguasai Bahasa Inggris.

Apalagi saat ini, tren belajar di luar negeri terus meningkat. Banyak pelajar di Indonesia yang mulai mempersiapkan diri agar bisa belajar di luar negeri, termasuk dengan ikut kursus.

5 Tahapan Belajar Bahasa Inggris di Tempat Kursus

Ada banyak hal yang akan kamu temukan ketika belajar di tempat les. Berikut adalah apa saja tahapan belajar Bahasa Inggris di tempat kursus:

Baca Juga:
Kursus Bahasa Inggris Cepat Dan Murah

1. Belajar Bahasa Akademik, Literasi, dan Vocabulary

Membaca, menulis, dan belajar kosakata sangatlah penting untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris. Pelajar yang tampak fasih berbahasa Inggris terkadang masih kesulitan untuk menggunakannya dalam dunia akademik, sehingga masih kurang kosakata untuk berdiskusi dan berbagi ide.

Untuk itulah, pembelajar ESL wajib mengenal tentang bahasa akademik. Kegiatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris secara akademik dapat dilakukan dengan mengadakan diskusi kelompok dan belajar melalui jurnal.

2. Hubungkan Latar Belakang dan Budaya dalam Pembelajaran

Banyak penelitian menunjukkan bahwa siswa ESL dapat belajar dengan baik ketika pembelajaran relevan dengan budaya. Saat keluarga dimasukkan dalam materi pembelajaran, siswa ESL akan lebih mudah menangkap isi pembelajaran tersebut.

Lembaga kursus dapat memberikan materi seperti bercerita tentang pengalaman liburan, atau anggota keluarga dalam bentuk essay. Selain itu, tutor juga dapat memberikan contoh yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

3. Meningkatkan Input dan Output Pembelajaran Bahasa

Siswa ESL di tempat kursus bisa mempelajari tentang input dan output bahasa. Input adalah bahasa yang mereka peroleh. Output adalah bahasa yang mereka hasilkan.

Siswa ESL harus menerima peluang luas untuk menghasilkan bahasa, memperoleh koreksi langsung dari tutor. Sehingga mereka dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris.

Beberapa kegiatan belajar yang bisa dilakukan di tempat kursus adalah membaca lantang, mendengarkan audio bacaan, dan textbook.

Agar siswa ESL bisa mempelajari lebih dalam terkait pemahaman berbahasa, melakukan klarifikasi, dan negosiasi lebih mudah, maka bisa mencoba beberapa strategi seperti kegiatan kolaborasi di kelas, berdiskusi dengan metode open-ended questions, dan menulis kalimat-kalimat pendek secara rutin.

4. Meningkatkan Interaksi di Kelas

Lembaga kursus biasanya akan memberikan siswa kebebasan berinteraksi untuk meningkatkan keterampilan vocabulary, grammar, dan pronunciation. Tidak hanya dengan mengajar, atau membentuk tugas berkelompok saja. Tetapi juga lebih aktif bertanya kepada siswa dengan menggunakan beberapa kalimat sederhana yang bisa ditiru, contoh: Anyone can tell me more about…?

Kegiatan yang bisa dilakukan sangat bervariasi. Misalnya, belajar dengan metode Think-Pair-Share, Book Clubs, atau Student Interviews.

5. Menstimulasi Keterampilan Berpikir Siswa

Higher-Order Thinking Skills, disingkat HOTS merupakan keterampilan berpikir kritis lebih dari sekedar menghafalkan, mengetahui formasi konsep, atau memahami bacaan saja. Mampu menguasai HOTS adalah tujuan proses belajar, karena kompetensi dibutuhkan untuk menjadi seorang pemikir independen dan kreatif.

Tutor di tempat kursus dapat mendorong pengembangan keterampilan HOTS pada siswa dengan beberapa cara. Misalnya, dengan teknik modelling dan menyediakan language scaffolding seperti contoh: In this picture, I notice.., atau What do you see?

Baca Juga:
Pentingnya Gabung di Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Tahapan Kursus Bahasa Inggris yang Tepat di ICAN English

Sebelum memilih tempat les, akan lebih baik jika kamu memahami bahwa tahapan kursus Bahasa Inggris sudah tepat atau belum sesuai kebutuhan belajar. ICAN English memastikan setiap siswa yang bergabung di kelas kami akan mendapatkan kegiatan belajar efektif.

Tahapan belajar Bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dari level beginner hingga advanced mempengaruhi keberhasilan belajar. Untuk itu, kamu bisa mendaftar di tempat kursus kami, di program yang sesuai kebutuhan. Hal ini karena seluruh kegiatan dalam tahapan belajar Bahasa Inggris telah dirancang oleh tim profesional kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web