Cara belajar bahasa Inggris dari nol

Cara Belajar Bahasa Inggris Dari Nol

Jan 13, 2022 | Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, cara belajar bahasa Inggris dari nol adalah hal yang mungkin dapat kamu lakukan. Kemudahan teknologi dan informasi dari internet membantu agar kamu bisa menemukan berbagai macam video hingga berbagai macam soal latihan untuk mengasah kemampuan dalam membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis.

Sebagai bahasa dari Britania yang berkembang sejak abad ke-8, bahasa Inggris mempunyai perkembangan kosakata cukup cepat. Hasil penelitian Harvard University menunjukkan terdapat 8500 kosakata baru setiap tahunnya dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:

MATERI BELAJAR BAHASA INGGRIS DASAR

Tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Dengan menguasai bahasa internasional, kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain pada berbagai belahan dunia. Apabila kamu merasa kesulitan belajar bahasa Inggris, kamu bisa membaca beberapa tips ICAN English supaya bisa belajar dari nol sebagaimana berikut:

1. Belajar kata-kata dasar

Sebelum kamu membangun kebiasaan menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari, pastikan kamu mempelajari seperti apa kata-kata sederhana. Tujuannya supaya kamu tahu apa saja kata-kata sering kamu ucapkan untuk percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris.

Misalnya kamu bisa menggunakan kata tunjuk. Atau, kata-kata lainnya yang umum dalam Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari.

2. Melatih pendengaran melalui lagu

Cara berikutnya, agar kamu terbiasa mendengarkan bahasa Inggris adalah selalu menikmati lagu bahasa Inggris dan tulis lirik. Teknologi mendukung agar kamu bisa mendownload lagu bahasa Inggris.

Belajar sambil mendengarkan musik adalah cara menyenangkan. Cukup dengarkan lagu secara baik-baik terutama pada bagian lirik dan catat menggunakan gadget atau notes. Kemudian, cek kebenaran dari hasil tulisan tersebut, apakah sudah sesuai atau penulisannya masih salah. Hal ini juga dapat membantu itu supaya telinga terbiasa dalam mendengarkan bahasa Inggris atau meningkatkan kemampuan listening.

3. Tonton film bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris dari nol berikutnya yaitu dengan sering menonton film berbahasa Inggris. Nonton film tanpa adanya subtitle bahasa Indonesia.

Apabila masih kesulitan karena pemula, pakai subtitle Indonesia tetapi tidak terlalu sering. Jika kamu menemukan kata susah, catat dan cari tahu artinya, lalu tambahkan pada kamus kata bahasa Inggris yang telah kamu buat.

Baca Juga:

DASAR BAHASA INGGRIS YANG HARUS DIPELAJARI

Belajar Bahasa Inggris Dari Nol, Aspek Mana Dulu?

Sekarang kamu sudah tahu beberapa cara belajar bahasa Inggris dari nol. Dalam proses belajar, kamu juga dihadapkan dengan beberapa aspek yaitu reading, writing, speaking, dan listening. Seluruh empat aspek tersebut adalah kemampuan yang wajib kamu kuasai apabila ingin fasih dalam menggunakan bahasa Inggris. Kamu juga mungkin merasa bingung mana aspek yang harus kamu pelajari terlebih dahulu.

Salah satu tips supaya kamu bisa belajar bahasa Inggris secara cepat adalah dengan menguasai aspek speaking terlebih dahulu. Speaking membantu supaya kamu bisa meningkatkan kemampuan listening. Saat kamu berbicara, Kamu justru mendengarkan ucapan kamu dan juga lawan bicara.

Belajar speaking artinya kamu juga dapat meningkatkan kosakata. Walaupun kamu tidak paham dengan pembicaraan lawan bicara, tetapi kamu bisa memahaminya sesuai konteks situasi maupun kondisi. Pada kemudian hari, kamu bisa menggunakan kosakata yang telah diucapkan orang lain.

Jika kamu belajar dari reading, maka membantu supaya kamu bisa menemukan kosakata yang tidak pernah kamu tahu sebelumnya. Kosakata penting untuk kemampuan membaca sekaligus penerapan skill aktif termasuk untuk menulis dan berbicara. Semakin terbiasa dengan kosakata yang kamu kuasai, maka semakin terbiasa pula dalam mendengarkan kosakata tersebut jika digunakan oleh orang lain dalam berinteraksi.

Kemampuan menulis juga merupakan salah satu keterampilan aktif, berhubungan erat dengan berbicara atau speaking. Semakin sering menggunakan otak dalam mengolah kalimat maupun paragraf pada tulisan maka semakin akrab juga pikiran kamu terhadap bahasa Inggris. Inilah yang membuat kamu jadi lebih mudah berbicara.

Sedangkan aspek listening atau mendengarkan sering dianggap sebagai kemampuan paling mudah akan tetapi terasa sulit jika kamu tidak terbiasa dalam mendengarkan berbagai ucapan bahasa Inggris. Akan lebih mudah belajar listening jika kamu juga belajar speaking. Jadi, terdapat empat aspek bahasa Inggris yang saling mendukung antara satu skill dengan skill lainnya, kamu bisa mempelajari keempatnya secara beriringan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Belajar Bahasa Inggris bagi karyawan saat ini menjadi satu hal yang penting. Mengingat saat ini dunia bisnis dan industri semakin berkembang bahkan sudah mulai merambah internasional sehingga kemampuan bahasa Inggris sangat perlu untuk di asah. Bahkan saat ini ada...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH