cara belajar bahasa inggris dari nol

Cara Belajar Bahasa Inggris Dari Nol

Sebagai bahasa internasional, cara belajar bahasa Inggris dari nol adalah hal yang mungkin dapat kamu lakukan. Kemudahan teknologi dan informasi dari internet membantu agar kamu bisa menemukan berbagai macam video hingga berbagai macam soal latihan untuk mengasah kemampuan dalam membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis.

Sebagai bahasa dari Britania yang berkembang sejak abad ke-8, bahasa Inggris mempunyai perkembangan kosakata cukup cepat. Hasil penelitian Harvard University menunjukkan terdapat 8500 kosakata baru setiap tahunnya dalam bahasa Inggris.

7 Trik Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Untuk kamu yang saat ini mempunyai tekad belajar bahasa inggris dengan cepat dari level nol, tidak ada yang tidak mungkin. Kamu bisa menggunakan panduan belajar berikut agar kamu jadi lebih jago berbahasa inggris.

Baca Juga:
Belajar Warna Dalam Bahasa Inggris

1. Belajar Kosakata Baru

Hafalan kosakata setiap hari akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Kapanpun dan dimanapun kamu berada, gunakan waktu tersebut untuk menambah vocabulary. Misalnya, ketika sedang mendengarkan lagu bahasa inggris, film bahasa inggris, podcast, berita, ataupun artikel hingga jurnal.

Apalagi, semua orang saat ini sudah pakai smartphone, kamu bisa memanfaatkan koneksi data internet untuk akses apapun yang dapat meningkatkan kosakata bahasa inggris. Jadi, tidak ada kata mustahil, ya!

Apakah hafalan saja cukup? Belum dong! Kamu wajib menggunakan vocabulary yang sudah kamu hafalkan untuk digunakan saat sedang mengobrol bersama teman, keluarga, ataupun kerabat. Tidak masalah jika kamu dianggap “sok Inggris”. Fokus bahwa semakin banyak vocabulary yang kamu kuasai, semakin banyak yang bisa kamu utarakan dengan lebih mudah.

Agar dapat menghafal lebih mudah, kamu dapat menggunakan bantuan visual seperti alat flashcard. Kartu-kartu tersebut berisikan berbagai kata suatu kategori, termasuk warna, makanan, dan binatang.

2. Belajar Tenses

Agar dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris, tingkatkan pengetahuan kamu dengan mempelajari simple present tense. Sehingga, kamu bisa belajar membuat kalimat bahasa inggris yang sederhana. Kemudian, pelajari juga simple past tense, dan  simple future tense. Mengapa ketiga jenis tense ini sangat penting?

Ketika sedang melakukan mengobrol dengan orang lain, kamu akan membicarakan tiga hal, yaitu kejadian yang terjadi di masa lalu, di saat ini, dan di masa depan. Ketiga tenses ini akan mempermudah komunikasi di tiga masa yang berbeda tersebut. Jika sudah menguasai ketiga tense tersebut, dapat dipastikan bahwa kamu sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris pada level dasar.

Selain itu, tiga tense ini akan membantu agar kamu bisa menguasai 13 jenis tense lainnya. Mengingat dalam Bahasa Inggris, terdapat hingga 16 jenis tenses dan kamu wajib menguasai bagian dasar terlebih daulu yaitu 3 simple tenses; present, past, dan future.

3. Sering Latihan

Cara berikutnya yang terbilang efektif agar kamu bisa menguasai bahasa inggris adalah dengan rajin latihan. Sambil meningkatkan jumlah kosakata dan sering latihan 3 simple present sebelumnya, kamu tinggal latihan speaking dan writing. Jangan sampai tingkat belajar bahasa inggris yang kamu lakukan hanya pada sampai latihan vocabulary saja, karena itu tidak akan pernah cukup untuk membuat kamu jago!

Semakin sering kamu latihan berbicara dalam bahasa inggris, maka akan semakin terlatih dalam pengucapan, hingga aksen. Tidak masalah apabila kamu belum menguasai grammar selagi apa yang kamu katakan masih bisa dipahami oleh lawan bicara. Adalah sesuatu yang normal jika terdapat kesalahan tata bahasa, karena di Indonesia tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama, kan?

4. Download Aplikasi Gratis

Manfaatkan ponsel cerdas yang kamu gunakan sebagai cara belajar bahasa inggris dari nol dengan cepat. Pakai juga koneksi data kamu untuk mulai download aplikasi belajar bahasa inggris, gratis! Beberapa aplikasi tersebut biasanya sudah mempunyai susunan lengkap agar para penggunanya bisa belajar dari level beginner hingga ke level advanced.

Materi yang ada juga biasanya disesuaikan dengan level kemampuan pengguna. Kalau kamu sudah cukup lancar berbahasa inggris, pilih aplikasi yang mendukung pembelajaran bagi level intermediate, ya!

Baca Juga:
Materi Belajar Bahasa Inggris Dasar

5. Hindari Mental Translation

Seseorang yang belajar bahasa inggris dengan mental translation pasti akan kesulitan untuk berkomunikasi. Misalnya, ketika mendengar seseorang berucap “You are the apple of my eyes” bukan berarti seseorang tersebut melihat kamu adalah buah apel di depan matanya. Tetapi, kalimat tersebut adalah idiom atau ungkapan yang menunjukkan bahwa bagi orang tersebut, kamu adalah sosok yang sangat berharga.

Itulah mengapa, kamu perlu membiasakan diri untuk tidak menerjemahkan bahasa inggris setiap kata dalam kalimat. Agar tidak ada mental translation, biasakan untuk mempelajari ungkapan-ungkapan Bahasa Inggris.

6. Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Menyenangkan

Siapa bilang kalau cara belajar bahasa inggris otodidak itu harus intensif, serius, dan membuat otak terasa lelah? Cara belajar seperti ini tidak akan membuat kamu berhasil. Cobalah untuk membuat jadwal konsisten untuk belajar bahasa inggris secara menyenangkan.

Misalnya, kamu bisa kok meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan ikut bernyanyi lagu-lagu inggris yang kamu suka. Putar lagu, lihat lirik dan ikut bernyanyi. Semakin sering mendengarkan lagu berbahasa inggris tidak hanya membuat telinga terbiasa mendengarkan logat atau aksen penyanyi, tetapi juga akan meningkatkan kosakata. Bahkan, secara tidak sadar, kamu sudah belajar pengucapan.

Cara lainnya adalah dengan nonton film berbahasa inggris agar dapat melatih keterampilan berbicara dan mendengarkan. Kamu juga akan mendapati kosakata pada dialog para pemain film sesuai konteks. Saat sedang menonton film, pastikan untuk menggunakan subtitle berbahasa inggris, ya!

Jika kamu lebih suka menikmati waktu luang untuk membaca buku, gunakan buku-buku bahasa inggris untuk mengisi waktu tersebut. Tidak harus membaca novel tebal, kamu dapat memanfaatkan internet untuk mencari beberapa cerita pendek berbahasa inggris. Misalnya, cerita tentang Rapunzel, The Lion and the Mouse, The Apple Tree, atau cerita-cerita pendek lainnya yang menggunakan basic grammar.

7. Cari Partner

Terkadang, salah satu alasan banyak orang tidak bisa belajar bahasa inggris dengan maksimal adalah karena tidak mempunyai partner. Kamu harus mempunyai rekan belajar yang jago berbahasa Inggris dan bisa kamu ajak untuk berinteraksi. Tidak punya teman juga bukan alasan untuk berhenti belajar bahasa inggris.

Ada banyak platform online dimana kamu bisa langsung berkomunikasi dengan native speaker, atau penutur asli. Manfaatkan platform seperti ini untuk belajar bahasa inggris secara otodidak. Saat berkomunikasi, biasakan menggunakan beberapa kalimat sederhana, sampai benar-benar lancar. Kemudian, tingkatkan kemampuan tersebut pada kalimat yang mempunyai struktur lebih kompleks.

Baca Juga:
Dasar Bahasa Inggris yang Harus Dipelajari

Kursus Bahasa Inggris untuk Tingkatkan Kemampuan

Sudah coba cara belajar bahasa inggris dari nol otodidak tapi kemampuan tidak kunjung meningkat? Mungkin kamu harus mencoba cara lain yang jauh lebih menjanjikan, yaitu dengan ikut kursus bahasa inggris.

Biasanya, di beberapa lembaga kursus bahasa inggris, terdapat program-program khusus yang dirancang agar kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggris secara signifikan. Misalnya, terdapat program placement test di awal pendaftaran agar bisa tahu kelas dan program apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pastikan juga bahwa ketika mencari kursus Bahasa Inggris, pilih penyedia kursus yang legal, punya kurikulum Cambridge dan mentor bersertifikat. Tujuannya agar kamu dapat memperoleh benefit sesuai dengan biaya yang sudah kamu keluarkan.

Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Belajar bahasa inggris secara otodidak memang bukanlah hal mustahil. Tetapi, cara belajar otodidak juga bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh siapa saja. Biasanya, banyak orang gagal belajar bahasa inggris secara otodidak karena tidak mempunyai jadwal rutin, tidak praktek mengobrol atau menulis langsung, dan tidak berada di lingkungan yang mendukung untuk belajar bahasa inggris.

Ada banyak alasan mengapa seseorang yang sedang belajar bahasa inggris tidak praktek atau latihan rutin. Beberapa diantaranya adalah karena tidak ada tutor atau partner, takut salah dan malu ketika salah, serta karena merasa bingung harus mulai belajar darimana.

Baca Juga:
Panduan Belajar Bahasa Inggris Reading Skill

Mau Belajar Bahasa Inggris dari Nol? Di ICAN General English Aja!

Waktu yang kamu gunakan untuk belajar bahasa inggris adalah hal yang sangat berharga. Jangan membuang waktu sia-sia dengan belajar otodidak jika sudah terlihat hasil belajar ternyata kurang maksimal. Di kelas ICAN General English, kamu bisa bertemu dengan teman-teman baru dan belajar dengan materi yang sudah dirancang sesuai kurikulum.

Di program ini, tersedia kelas untuk level beginner hingga level advanced. Tujuan apapun yang kamu miliki, General English adalah tempat belajar terbaik yang menawarkan metode pembelajaran menyenangkan. Dijamin, kamu nggak akan merasa boring untuk mengikuti setiap pertemuannya. Yuk, buruan daftar sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi