Cara cepat belajar IELTS

Cara Cepat Belajar IELTS

Apr 21, 2022 | IELTS

Saat ini, kamu mungkin punya rencana mengambil studi atau kerja ke luar negeri dalam waktu dekat. Sehingga, kamu wajib tahu apa saja cara cepat belajar IELTS.

IELTS adalah tes Bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan sebagai syarat memenuhi beasiswa atau syarat bekerja di luar negeri. Terdapat dua jenis modul IELTS yang bisa kamu pilih yaitu Academic IELTS dan General Training.

Baca Juga: CARA MUDAH BELAJAR IELTS, CAPAI SKOR MAKSIMAL!

Academic IELTS Vs. General Training

Sebelum mengetahui bagaimana cara cepat belajar IELTS, perlu diketahui bahwa kamu harus mengambil jenis Academic jika ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Sedangkan jika memilih general training, maka merupakan jenis tes Bahasa Inggris untuk siapapun yang ingin bekerja ke luar negeri.

Hal berikutnya yang harus kamu ketahui antara Academic dan General Training terletak pada penilaiannya. Tes IELTS menggunakan penilaian system band score. Sistem penilaian tersebut mulai 9 sampai skala 0.5.

IELTS juga menggunakan band 1 hingga band 7. Band tersebut punya makna dalam tes Bahasa Inggris. umumnya, perguruan luar negeri memberikan standar penilaian sebesar 6.5. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang tes IELTS dan pelaksanaannya, kamu bisa langsung cari tahu dengan menghubungi ICAN English.

Bagaimana Cara Mempelajari IELTS Dengan Cepat

Jika kamu sudah paham dengan jenis-jenis tes IELTS, maka berikutnya kamu bisa cari tahu tentang cara cepat belajar IELTS sebagaimana berikut:

1. Persiapan

Cara ini adalah hal wajib yang harus kamu lakukan dengan ekstra. IELTS adalah tes sangat ketat sehingga kamu hanya diperbolehkan untuk membawa KTP dan masuk ke tempat ujian.

Tempat tes IELTS selalu tenang dan nyaman. Untuk itu, jika ingin tahu cara cepat belajar IELTS, pastikan kamu mempersiapkan tempat yang tenang dan nyaman. Atau kamu juga dapat bergabung dalam kursus persiapan IELTS agar bisa belajar lebih maksimal.

2. Cari Tahu Kekurangan

Sebelum ikut pembelajaran, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja kekurangan kamu. Dengan begitu, kamu jadi tahu apa saja yang harus kamu tingkatkan.

Pada tes IELTS, terdapat empat skill Bahasa Inggris yaitu: speaking atau berbicara, writing atau menulis, reading atau membaca, listening atau pendengaran. Agar kamu tau dimana letak kelemahan kamu, maka kamu bisa menguji kemampuan dengan gratis melalui situs resminya.

Jika kamu sudah tahu dimana letak kelemahannya, maka kamu bisa fokus untuk mempelajarinya. Sehingga, kamu bisa mengasah kemampuan diri.

3. Sediakan Sumber Belajar

Cari buku yang bisa kamu jadikan sebagai sumber belajar, entah itu softcopy ataupun hardcopy. Beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu gunakan yaitu “Collins for IELTS” atau buku “Cambridge IELTS”.

Cari sumber belajar lengkap yang memberikan pemahaman tentang reading, speaking, listening, grammar, dan vocabulary untuk materi-materi IELTS. Kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk mencari berbagai situs resmi yang memberikan pembahasan tentang materi IELTS.

4. Buat Jadwal Belajar

Karena kamu akan belajar sendiri secara otodidak, maka buatlah jadwal belajar rutin sehingga hasilnya memuaskan. Usahakan selalu konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat.

Buat jadwal fleksibel, menyesuaikan kebutuhan. Jika kamu merasa punya cukup kemampuan dalam skill writing, tetapi lemah pada speaking, maka kurangi jadwal belajar writing. Lalu, tambahkan jadwal untuk materi speaking.

5. Teknik Belajar

Teknik pertama yaitu menentukan target, supaya kamu bisa menyelesaikan semua BAB pada buku piliihan, mulai dari grammar, vocabulary, reading, writing, dan speaking.

Agar kamu bisa menyelesaikan target lebih cepat, baca satu beb setiap harinya. Usahakan tidak mempelajarinya secara acak. Kamu bisa baca berurutan sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga: TRIK BELAJAR IELTS SECARA ONLINE

6. Latihan

Latihan menggunakan buku agar pengetahuan kamu terus bertambah. Biasanya pada buku baru, ada banyak soal-soal mirip dengan tes IELTS. Cobalah buat target setiap hari agar berlatih dan membuat catatan evaluasi tentang setiap pembelajaran yang kamu lakukan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

IELTS atau The Internasional English Language Testing System merupakan tes bahasa inggris yang banyak digunakan secara internasional. Tes ini digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar kuliah, kelengkapan syarat kuliah, melamar pekerjaan hingga untuk syarat...

Berapa Kisaran Biaya Tes IELTS?

Berapa Kisaran Biaya Tes IELTS?

Persiapan IELTS melibatkan pemahaman format tes, bagaimana itu ditandai dan kemudian membuat rencana untuk mencapai skor yang diinginkan. Selain mempersiapkan diri, kamu juga perlu mempersiapkan biaya tes IELTS. Persiapan IELTS sendiri biasanya meliputi latihan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH