Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Aktif

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Aktif

Di zaman sekarang ini, semuanya sudah serba canggih. Selain peralatan, sumber daya manusia juga terus mengalami perkembangan. Dalam berkomunikasi juga memerlukan kemajuan, yaitu menggunakan minimal dua bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Sudah menjadi bahasa Internasional sehingga akan dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Contohnya, pada saat bertemu dengan klien, melakukan presentasi, hingga interview kerja. Dari sini, belajar bahasa Inggris sangat penting dan tidak sulit seperti kebanyakan orang bilang.

Metode Belajar Cepat Bahasa Inggris dengan Aktif

Cara cepat belajar bahasa Inggris aktif dapat memakai tips-tips mudah. Dengan teknik yang tepat, kemampuan berbahasa asing akan semakin meningkat. Kamu tidak lagi merasa grogi karena sudah lancar saat berkomunikasi dengan orang lain, beberapa tips yang bisa kamu gunakan yaitu:

Belajar Kosakata Menggunakan Flashcard

Cara cepat belajar bahasa Inggris aktif menggunakan flashcard sudah sangat populer saat ini. Flashcard adalah jenis kartu yang berisi kosakata kata yang dibagi sesuai dengan kategori.

Contoh flashcard yaitu warna, binatang maupun makanan. Meskipun sudah populer, namun masih saja dirasa membosankan bagi sebagian orang. Mengulangi kosakata sampai hafal menggunakan cara ini sangat ampuh dan cepat.

Flashcard mudah didapatkan karena kamu bisa membuatnya sendiri secara mandiri. Namun, di pasaran juga sudah banyak dijual flashcard di berbagai outlet. Agar lebih menarik, flashcard bisa disertai dengan gambar-gambar.

Baca juga:
Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Dengan Mudah

Mendengarkan Musik dan Menulis Liriknya

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa mendengarkan musik dalam bahasa Inggris dapat dijadikan sebagai metode belajar. Waktu kamu mendengarkan lagu dan berusaha untuk ikut bernyanyi, secara tidak sadar kamu telah melatih otak untuk menganalisa kalimat yang didengar. Metode atau tips ini bisa digunakan untuk anak-anak sampai orang dewasa. 

Mulailah dengan memilih lagu favorit agar kamu lebih mudah menghafalkannya. Agar lebih mudah dalam pelafalan, kamu bisa menulisnya dalam buku. Jadi, pada saat ikut bernyanyi bisa membaca lirik tersebut. Selain itu, kamu akan mendapatkan wawasan yang luas dengan memahami isi dari lirik lagu ini. 

Membaca Buku Inggris dengan Rutin

Bagi para pemula, membaca buku cerita anak-anak akan membantu untuk melatih bahasa Inggris dari dasar. Terdapat gambar yang menarik, sehingga akan terbantu untuk memahami kalimat.

Buku anak dengan bahasa Inggris bisa digunakan juga untuk orang dewasa. Jika sudah mulai hafal dan terbiasa dengan bahasa Inggris, maka kamu dapat meningkat level atau jenis buku yang dibaca. Kamu bisa terus mengembangkan potensi yang dimiliki.

Memiliki Kegiatan Rutin Membaca Berita dan Artikel Bahasa Inggris

Apakah kamu memiliki kebiasaan membaca berita dan artikel dalam bahasa Indonesia? Jika iya, kamu dapat memulai kegiatan ini dengan bahasa Inggris. Hal ini merupakan cara cepat belajar bahasa Inggris aktif.

Pilihlah berita populer agar kamu lebih paham isinya dan dapat membacanya dengan semangat. Berbagai laman yang terkenal menyediakan berita adalah Dailymail, CNN dan Yahoo News. Banyak sumber berita untuk dicari di internet, kamu dapat membaca berita mulai dari selebriti, bisnis sampai kesehatan.

Baca juga :
Pentingnya Belajar Dialog Percakapan Bahasa Inggris

Rajin Menulis Menggunakan Bahasa Inggris

Aktif mencatat kosakata yang baru saja ditemui akan sangat membantu perbendaharaan kata. Kemanapun pergi, kamu akan membawa buku catatan sebagai cara belajar cepat bahasa Inggris aktif.

Kegiatan menulis kalimat bahasa Inggris dengan rutin dan memilih tema sesuai keinginan juga akan membantu proses kelancaran berbahasa Inggris. Kamu tidak perlu takut salah, minta bantuan kepada teman untuk memeriksa hasil tulisan. Minta feedback sebagai bahan evaluasi belajar kamu.

Mengikuti Beragam Forum di Internet

Belajar bahasa Inggris dengan cara efektif adalah dengan berkomunikasi sehari-hari dengan bahasa asing. Jika kamu tidak mempunyai lawan berbicara, maka dapat menggunakan internet.

Banyak sekali orang yang ingin menemukan cara belajar bahasa Inggris aktif sebagai seorang pemula. Maka dari itu, banyak tersedia website untuk menghubungkan orang-orang ini. Kamu perlu waspada satu hal, yaitu berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi kepada orang lain. 

Praktek Berdialog Bersama Teman

Untuk bisa memiliki kemampuan berbahasa Inggris kamu perlu belajar dari dasar yaitu listening dan reading. Namun, jika kamu tidak mempraktekkannya dengan berdialog, maka semua ini akan sangat sia-sia.

Berbicara dengan bahasa Inggris dapat melatih otak untuk berpikir kreatif. Kegiatan ini harus kamu lakukan secara terus menerus agar pengolahan kosakata dan penerjemahan terus berkembang. Kamu dapat menjawab sebuah pertanyaan bahasa Inggris dan merespons dengan cepat.

Baca Juga :
Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Cepat

Kursus Bahasa Inggris untuk Belajar Aktif

Belajar bahasa Inggris bisa menggunakan metode secara mandiri atau otodidak. Namun, kamu juga tidak salah, apabila mengikuti kursus bahasa Inggris. Dengan bantuan maupun arahan dari ahli bahasa Inggris dalam belajar, belajar akan jadi lebih mudah.

Kemampuan yang kamu miliki akan diasah secara tepat. Kursus memang membutuhkan waktu yang benar-benar luang serta akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Agar kamu bisa menikmati kursus bahasa Inggris dengan mudah, akan diberikan materi secara daring menggunakan portal E-Learning.

Jika kamu memiliki segudang pertanyaan, akan dijawab dengan cepat dimanapun kamu berada. Meskipun demikian, kamu sebaiknya tetap menghargai proses belajar bahasa Inggris secara mandiri. Mengikuti kursus hanya memberikan bantuan sekitar 50%, namun kesuksesan dapat kamu raih dengan memotivasi diri sendiri.

Sudah siap ikut kursus Bahasa Inggris? ICAN English menjadi pilihan pertama yang harus ada dalam daftar kamu! Tempat kursus Bahasa Inggris ini terbukti membantu banyak siswa yang akhirnya bisa fasih berbahasa Inggris, mengurus kuliah ke luar negeri, hingga bisa untuk memulai karir profesional, jadi tunggu apalagi?

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.