tips belajar bahasa inggris otodidak dengan mudah

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak dengan Mudah

Melakukan berbagai macam tips belajar bahasa Inggris otodidak akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara mandiri. Tentunya kamu tahu bahwa belajar bahasa Inggris bukan sesuatu hal yang mudah dilakukan, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya sendiri.

Saat ini banyak sekali orang yang lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak, dimana tidak ada bantuan dari seorang tutor atau guru tetapi semuanya dilakukan secara mandiri. Hal ini bisa saja dilakukan tetapi kamu harus menggunakan cara yang tepat, sehingga meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisa dilakukan sesuai dengan cara yang benar.

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar bahasa Inggris secara otodidak memang memberikan banyak sekali keuntungan, salah satunya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membayar kursus bahasa Inggris. Jika sudah merasa yakin untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak atau secara mandiri, maka berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba:

Tentukan Topik Bahasa Inggris yang Akan Dipelajari

Tips pertama adalah menentukan topik bahasa Inggris yang akan dipelajari dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi, kamu bisa memulainya dengan memilih topik yang kamu minati untuk dipelajari.

Contohnya, jika kamu tertarik pada self development, maka bisa fokus mempelajari kosakata bahasa Inggris yang terkait dengan topik tersebut. Biasanya, memulai dengan sesuatu yang kamu sukai dapat meningkatkan semangat dan memberikan awal yang positif.

Baca juga:
5 Cara Belajar Bahasa Inggris Mandiri

Kuasa Materi dengan Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Selanjutnya bisa dilakukan adalah mendengarkan podcast bahasa Inggris dengan menyesuaikan materi yang akan dipelajari. Podcast kini menjadi favorit dari banyak kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.

Dengan beragam playlist yang tersedia, kamu dapat memilih sesuai dengan minatmu sebagai sumber belajar. Keuntungannya, mendengarkan podcast juga bisa menjadi “teman” setia dalam berbagai aktivitasmu.

Misalnya, bisa kamu dengarkan saat perjalanan menuju kampus atau kantor, menemanimu di akhir pekan saat memasak, baking, atau bahkan saat membersihkan kendaraan kesayanganmu. Beberapa rekomendasi podcast yang patut kamu coba adalah All Ears English Podcast, CNN 5 Things, dan TED Radio Hour. Dari ketiga rekomendasi tersebut, apakah kamu sudah pernah mendengarkan salah satunya?

Perbanyak Baca Buku Bahasa Inggris

Saat menikmati buku, kamu bisa mendapatkan pendekatan multisensori, yang memanfaatkan lebih dari satu indera. Misalnya, gunakan pensil untuk menyorot kosakata, frasa, atau kata-kata khusus, lalu catat di notebook. Setelah itu, cari artinya di kamus.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi kamus bahasa Inggris secara online agar lebih mudah dan praktis. Selain itu, pelajari juga cara menerjemahkan dari Inggris ke Indonesia tanpa membingungkan.

Untuk buku bahasa Inggris bagi pemula, ada rekomendasi buku “The Fault In Our Stars by John Green” atau “The Perks of Being a Wallflower”. Jika lebih suka fiksi, mulailah dengan membaca komik dalam bahasa Inggris untuk menjaga minat kamu agar tetap hidup. Dengan begitu, proses belajar akan tetap menyenangkan dan tidak membosankan.

Baca juga:
Buku Panduan Belajar Bahasa Inggris Otodidak Terlaris!

Bernyanyi dengan Bahasa Inggris

Di akhir pekan ketika memiliki waktu luang, coba membuka YouTube dan menonton video musik dengan lirik bahasa Inggris adalah ide yang menarik dan sempurna untuk meningkatkan pelafalan atau pronunciation.

Dengan cara ini, kamu tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca, tetapi juga mendengarkan dan berbicara dalam satu kesempatan yang menyenangkan. Saat menyanyi, jangan lupa untuk menyiapkan buku catatan favoritmu untuk mencatat kosakata baru dan menuliskan lirik lagu yang kamu sukai. Cara ini cukup ampuh loh bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Banyak-Banyak Tulis Menggunakan Bahasa Inggris

Berdasarkan pengalaman, sebagian orang cenderung lebih mempertimbangkan tata bahasa saat menulis daripada saat berbicara. Kondisi ini dapat menyebabkan writer’s block karena fokus terlalu pada tata bahasa, terutama tenses. Namun, menulis sebenarnya merupakan latihan yang baik untuk mengembangkan kemampuan menyusun kalimat secara utuh.

Untuk memulai, cobalah menulis tentang kegiatan harianmu dalam bahasa Inggris, deskripsi diri, atau menceritakan kisah tentang kampung halamanmu. Ketika menulis, gunakanlah Google Translate sebagai alat bantu untuk memfasilitasi proses kreatifmu!

Baca Juga:
Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Penutup

Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan ketika kamu memutuskan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Lakukan semua kegiatan dengan bahasa Inggris agar lebih mudah menguasai dan mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Pastikan menggunakan tips belajar bahasa Inggris otodidak dengan tepat agar semakin pintar berbahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi