jenis-jenis kosakata bahasa inggris

Jenis-Jenis Kosakata Bahasa Inggris

Ketika mulai belajar bahasa Inggris, salah satu hal yang perlu dipelajari dan diketahui adalah kosakata atau vocabulary. Karena pemahaman kosakata dapat menunjang pemahaman di materi atau skill bahasa Inggris yang lainnya. Terdapat beberapa jenis jenis kosakata bahasa Inggris yang masih belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Kosakata merupakan jenis dari kata, baik kata kerja, kata benda, dan sebagainya. Kosakata merupakan aspek paling banyak dipakai dalam penulisan serta pengucapan bahasa Inggris. Sehingga, sebuah bahasa pun tercipta karena adanya kosakata.

Mengenal 6 Jenis Kosakata Bahasa Inggris

Terdapat enam jenis kosakata yang berbeda. Jenis-jenis ini perlu diketahui, agar lebih mempermudah kamu memahami bahasa Inggris. Karena jenis-jenis kosakata ini berhubungan pula dengan part of speech atau kelas kata. Simak enam jenis kosakata dalam bahasa Inggris di bawah ini!

Baca Juga:
Cara Memperbanyak Vocab yang Perlu Kamu Tahu

1. Word Classes

Jenis pertama adalah word classes, yaitu sebuah kosakata yang memiliki hubungan dengan morfologi. Namun, word classes lebih dikenal dengan sebutan part of speech. Karena dalam word classes ini terdapat beberapa macam kosakata. Diantaranya adalah kata kerja, kata benda, kata sifat, kata ganti, kata keterangan, konjungsi, dan preposisi.

2. Word Families

Jenis berikutnya adalah word families, yaitu kosakata yang menjelaskan atau mendeskripsikan sebuah imbuhan dalam kata. Word families sering didefinisikan pula sebagai pergeseran bentuk dari sebuah kosakata. Misalnya adalah, play plays played. Terlihat bahwa kata utamanya adalah play, tetapi menjadi berubah tergantung dengan konteks waktu dan pronoun.

3. Word Formation

Jenis jenis kosakata bahasa Inggris berikutnya adalah word formation atau formasi kata. Formasi kata merupakan kata-kata yang merupakan gabungan (blending, clipping, atau compound). Misalnya, pada kata writer. Terdapat pula kosakata content writer, typewriter, dan copywriter. Sehingga, kata writer digabung dengan kata lainnya dan menimbulkan makna baru.

4. Multi – Words Unit

Jenis berikutnya adalah multi – words unit, yaitu kosakata yang merupakan idiom dan bentuknya adalah frasa kerja. Misalnya adalah seperti put on, look for, put off, dan sebagainya. Kamu mungkin tidak akan bisa mengartikan kata-kata tersebut secara terpisah. Karena, kata-kata tersebut memiliki satu makna. Seperti look for yang artinya mencari.

5. Collocations

Collocations merupakan kosakata dalam bahasa Inggris yang memiliki dua kata atau lebih, dan saling terikat serta tidak dapat dipisahkan. Misalnya adalah pada kata once more, as well, as possible, once again, dan sebagainya. Kata-kata tersebut tidak dapat dipisahkan, karena maknanya akan muncul apabila kata tersebut tetap bersama-sama.

6. Homonyms

Jenis terakhir adalah homonyms. Yaitu kosakata yang memiliki bentuk sama, tetapi artinya berbeda secara makna. Apabila dalam bahasa Indonesia, misalnya seperti kata bisa yang bermakna racun ular dan dapat. Sedangkan dalam bahasa Inggris, misalnya seperti kata well yang artinya adalah sumur dan baik, sehat.

Baca Juga:
Tips Menambah Kosakata Bahasa Inggris

Cara Menguasai Jenis-Jenis Kosakata Bahasa Inggris

Sebelum mempelajari bahasa Inggris lebih jauh, memang sebaiknya mempelajari terlebih dahulu kosakata dalam bahasa Inggris. Untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris, terdapat beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Agar kosakata yang didapatkan pun lebih banyak dan bervariasi. Oleh sebab itu, simak penjabarannya di bawah ini!

Menghafal Kosakata Secara Bertahap

Cara pertama adalah pastikan untuk menghafal kosakata secara bertahap. Hindari untuk menghafal kosakata dengan sekaligus. Karena hal tersebut tidak akan efektif. Cobalah untuk menghafal sebanyak 10 kosakata dalam satu hari. Kemudian, carilah 10 kosakata lainnya di keesokan hari.

Menghafal Kosakata Penting

Dalam bahasa Inggris, kosakata dapat mencapai ratusan ribu. Sehingga, memang cenderung tidak mungkin untuk menghafal semuanya. Oleh karena itu, sebaiknya hafalkan saja kosakata yang menurut kamu penting. Misalnya, pekerjaanmu berkaitan dengan pendidikan. Maka, cobalah menghafal kosakata yang berhubungan dengan pendidikan.

Baca Juga:
Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris

Menulis dalam Bahasa Inggris

Mengetahui kosakata saja tidak akan cukup, maka sebaiknya cobalah praktikan dengan menulis bahasa Inggris. Apabila sudah menghafal kosakata terkait pendidikan, maka cobalah menulis artikel terkait pendidikan dalam bahasa Inggris.

Masih banyak orang yang belum mengetahui jenis jenis kosakata bahasa Inggris. Padahal, jenis-jenis kosakata tersebut cukup penting untuk dipahami. Karena setiap jenis kosakata memiliki fungsinya masing-masing dalam sebuah bahasa.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi