Jenis jenis kosakata bahasa Inggris

Jenis Jenis Kosakata Bahasa Inggris

Apr 22, 2022 | Bahasa Inggris

Ketika mulai belajar bahasa Inggris, salah satu hal yang perlu dipelajari dan diketahui adalah kosakata atau vocabulary. Karena pemahaman kosakata dapat menunjang pemahaman di materi atau skill bahasa Inggris yang lainnya. Terdapat beberapa jenis jenis kosakata bahasa Inggris yang masih belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Kosakata merupakan jenis dari kata, baik kata kerja, kata benda, dan sebagainya. Kosakata merupakan aspek paling banyak dipakai dalam penulisan serta pengucapan bahasa Inggris. Sehingga, sebuah bahasa pun tercipta karena adanya kosakata.

Mengenal Jenis Jenis Kosakata Bahasa Inggris

Terdapat 6 jenis kosakata yang berbeda. Jenis-jenis ini perlu diketahui, agar lebih mempermudah kamu memahami bahasa Inggris. Karena jenis-jenis kosakata ini berhubungan pula dengan part of speech atau kelas kata. Simak 6 jenis kosakata dalam bahasa Inggris di bawah ini!

1. Word Classes

Jenis pertama adalah word classes, yaitu sebuah kosakata yang memiliki hubungan dengan morfologi. Namun, word classes lebih dikenal dengan sebutan part of speech. Karena dalam word classes ini terdapat beberapa macam kosakata. Diantaranya adalah kata kerja, kata benda, kata sifat, kata ganti, kata keterangan, konjungsi, dan preposisi.

2. Word Families

Jenis berikutnya adalah word families, yaitu kosakata yang menjelaskan atau mendeskripsikan sebuah imbuhan dalam kata. Word families sering didefinisikan pula sebagai pergeseran bentuk dari sebuah kosakata. Misalnya adalah, play – plays – played. Terlihat bahwa kata utamanya adalah play, tetapi menjadi berubah tergantung dengan konteks waktu dan pronoun.

3. Word Formation

Jenis jenis kosakata bahasa Inggris berikutnya adalah word formation atau formasi kata. Formasi kata merupakan kata-kata yang merupakan gabungan (blending, clipping, atau compound). Misalnya, pada kata writer. Terdapat pula kosakata content writer, typewriter, dan copywriter. Sehingga, kata writer digabung dengan kata lainnya dan menimbulkan makna baru.

4. Multi – Words Unit

Jenis berikutnya adalah multi – words unit, yaitu kosakata yang merupakan idiom dan bentuknya adalah frasa kerja. Misalnya adalah seperti put on, look for, put off, dan sebagainya. Kamu mungkin tidak akan bisa mengartikan kata-kata tersebut secara terpisah. Karena, kata-kata tersebut memiliki satu makna. Seperti look for yang artinya mencari.

5. Collocations

Collocations merupakan kosakata dalam bahasa Inggris yang memiliki dua kata atau lebih, dan saling terikat serta tidak dapat dipisahkan. Misalnya adalah pada kata once more, as well, as possible, once again, dan sebagainya. Kata-kata tersebut tidak dapat dipisahkan, karena maknanya akan muncul apabila kata tersebut tetap bersama-sama.

6. Homonyms

Jenis terakhir adalah homonyms. Yaitu kosakata yang memiliki bentuk sama, tetapi artinya berbeda secara makna. Apabila dalam bahasa Indonesia, misalnya seperti kata ‘bisa’ yang bermakna racun ular dan ‘dapat’. Sedangkan dalam bahasa Inggris, misalnya seperti kata ‘well’ yang artinya adalah sumur dan ‘baik, sehat.’

Cara Menguasai Jenis Jenis Kosakata Bahasa Inggris

Sebelum mempelajari bahasa Inggris lebih jauh, memang sebaiknya mempelajari terlebih dahulu kosakata dalam bahasa Inggris. Untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris, terdapat beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Agar kosakata yang didapatkan pun lebih banyak dan bervariasi. Oleh sebab itu, simak penjabarannya di bawah ini!

1. Menghafal Kosakata Secara Bertahap

Cara pertama adalah pastikan untuk menghafal kosakata secara bertahap. Hindari untuk menghafal kosakata dengan sekaligus. Karena hal tersebut tidak akan efektif. Cobalah untuk menghafal sebanyak 10 kosakata dalam satu hari. Kemudian, carilah 10 kosakata lainnya di keesokan hari.

2. Menghafal Kosakata Penting

Dalam bahasa Inggris, kosakata dapat mencapai ratusan ribu. Sehingga, memang cenderung tidak mungkin untuk menghafal semuanya. Oleh karena itu, sebaiknya hafalkan saja kosakata yang menurut kamu penting. Misalnya, pekerjaanmu berkaitan dengan pendidikan. Maka, cobalah menghafal kosakata yang berhubungan dengan pendidikan.

3. Menulis dalam Bahasa Inggris

Mengetahui kosakata saja tidak akan cukup, maka sebaiknya cobalah praktikan dengan menulis bahasa Inggris. Apabila sudah menghafal kosakata terkait pendidikan, maka cobalah menulis artikel terkait pendidikan dalam bahasa Inggris.

Masih banyak orang yang belum mengetahui jenis jenis kosakata bahasa Inggris. Padahal, jenis jenis kosakata tersebut cukup penting untuk dipahami. Karena setiap jenis kosakata memiliki fungsinya masing-masing dalam sebuah bahasa.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH