Kata ganti orang bahasa Inggris

Macam Kata Ganti Orang bahasa Inggris

Mar 28, 2022 | Bahasa Inggris

Kata ganti orang Bahasa Inggris atau pronoun berfungsi sebagai pengganti kata benda. Kata ganti selalu berbeda, tergantung dua hal. Pertama, kata benda yangg harus kamu ganti dan kedua, fungsi kata benda dalam kalimat.

Ketika belajar bahasa Inggris, kata ganti juga sangat bergantung pada jenis kelamin hanya ketika kamu menggantinya noun dengan bentuk orang ketiga tunggal. Sedangkan kata ganti orang kedua jamak tidak berbeda dengan kata ganti orang kedua tunggal, namun aturan tersebut tidak berlaku pada kata ganti refleksif.

Baca Juga: BELAJAR CONVERSATION BAHASA INGGRIS ONLINE

Penggunaan Kata Ganti Orang

Agar lebih jelas, ICAN English akan memberikan tabel informasi kata ganti orang bahasa inggris sebagaimana berikut:

 Kata ganti subjekKata ganti objekKata ganti refleksifKata sifat kepunyaanKata ganti kepunyaan
Orang pertama, tunggalIMeMyselfMyMine
Orang ke-2, tunggalYouYouYourselfYourYours
Orang ke-3, Tunggal, Laki-LakiHeHimHimselfHisHis
Orang ke-3 tunggal, PerempuanSheHerHerselfHerHers
Orang ke-3, tunggal, netralItItItselfIts 
Orang Pertama, JamakWeUsOurselvesOurOurs
Orang ke-2, JamakYouYouYourselvesYourYours
Orang ke-3, JamakTheyThemThemselvesTheirTheirs

Selanjutnya, kamu juga bisa mempelajari beberapa hal terkait kata ganti orang pada kalimat bahasa inggris dari penjelasan berikut:

Subject Pronoun

Kata ganti subjek berfungsi mengganti subjek pada klausa. Untuk bentuk orang ke-3, maka kata ganti subjek dipakai supaya tidak ada pengulangan nama subjek. Supaya lebih jelas, perhatikan contoh kalimat bahasa inggris berikut:

Joanna is angry. Joanna wants Sam to apologize. Joanna is crying now.

Apabila tidak menggunakan kata ganti orang dalam Bahasa Inggris, maka kalimat akan menggunakan nama orang secara berulang. Sehingga, terkesan kaku, tidak menarik, dan monoton. Akan berbeda jika menggunakan subject pronoun sebagaimana contoh berikut:

Joanna is angry, and she wants Sam to apologize. She is crying now.

Object Pronoun

Kata ganti objek berguna untuk mengganti kata benda, sekaligus sebagai objek langsung atau tidak langsung pada sebuah klausa. Berikut adalah contoh penggunaannya:

  • Give this book to her.
  • Doctor John wants to talk to him.
  • Joanna is crying because Sam hit her.
  • Mark cannot find us.

Baca Juga: CARA IMPROVE KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Ciri Ciri Kata Ganti

Kata ganti orang bahasa inggris atau disebut juga sebagai pronoun sangat penting untuk kamu pahami, ketika sedang belajar memahami bahasa inggris. Selain akan berguna untuk berbagai kepentingan akademik, memahami konsep pronoun juga akan sangat berguna untuk diterapkan sehari-hari ketika kamu berkomunikasi dalam bahasa inggris.

Sekarang, kamu sudah tahu materi ini dengan lengkap. Untuk memahami lebih lanjut tentang kata ganti, perhatikan ciri-cirinya. Ciri-ciri kata ganti adalah mengganti subjek atau objek. Bisa juga mengganti predikat pada kalimat.

Selain bisa menggantikan subjek atau obje, kamu juga harus memperhatikan acuan dari kata tersebut yang bisa berubah-ubah. Hal tersebut bergantung pada siapa yang ingin atau akan berbicara pada kalimat tersebut.

Apa Peraturan Penggunaan Personal Pronoun?

Dijelaskan oleh Gucker pada tahun 1996 dalam buku berjudul Essential English Grammar bahwa penggunaan personal pronoun harus mengikuti beberapa ketentuan berikut:

  1. Person – Aspek person masih dibagi dalam tiga hal yaitu orang pertama atau first person yaitu orang yang berbicara, orang kedua atau second person yaitu lawan bicara, dan orang ketiga atau third person yaitu orang yang dibicarakan.
  2. Number – Aspek number atau angka dibagi dalam dua jenis, yaitu singular dan plural.
  3. Gender – Gender digunakan untuk menunjukkan laki-laki atau masculine, dan perempuan atau Feminine, juga neutral untuk kata ganti orang dengan gender yang tidak dijelaskan, termasuk hewan dan tumbuhan.
  4. Case – Dibagi dalam tiga jenis yaitu subjective, objective, dan juga possessive.

Walaupun kamu bisa menggunakan pronoun seperti their/they/them untuk suatu hal bersifat plural, Merriam-Webster adalah sebuah kamus yang menyebutkan jika their/they/them juga dapat digunakan untuk kata ganti orang bahasa inggris bersifat singular, contoh ketika kamu tidak tahu gender orang tersebut karena memang gender saat membicarakan orang tersebut tidaklah penting.

Did someone call your name? – Apakah seseorang memanggil namamu (Seseorang disini tidak diketahui apakah laki-laki atau perempuan. Kata ganti orang yang digunakan adalah someone)

This is my friend, Gee. I met them at college – Ini adalah teman saya, Gee. Saya bertemu dengannya di kampus.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH