cara mengetahui tenses pada kalimat

Cara Mengetahui Tenses pada Kalimat

Jul 19, 2022 | Bahasa Inggris

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan tenses dalam bahasa inggris. Cara mengetahui tenses pada kalimat Bahasa Inggris perlu diamati dengan cukup teliti. Hal tersebut dikarenakan, terkadang tenses cukup mengecoh. Sehingga, penting untuk mempelajarinya secara menyeluruh agar kamu tidak mudah terkecoh.

Mempelajari tentang tenses dalam bahasa inggris akan sangat berguna dalam berbagai kepentingan akademik. Selain itu, penggunaan tenses sederhana juga akan digunakan dalam percakapan sehari-hari. Sehingga, tak heran mengapa materi tenses terus dipelajari di bangku sekolah mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks.

Baca Juga: PENGGUNAAN DID DALAM BAHASA INGGRIS

Beberapa Cara Mengetahui Tenses Pada Kalimat

Ketika belajar bahasa inggris, kamu tidak akan terlepas dari tenses yang terdiri atas 16 jenis. Tenses sendiri merupakan salah satu materi yang sulit bagi sebagian banyak orang yang mempelajari bahasa inggris. Namun, kamu tetap bisa mempelajarinya ketika bergabung dalam kursus bahasa Inggris profesional. Tutor berpengalaman akan membantu dan membimbing kamu selama proses belajar.

Ketika mengerjakan soal tenses banyak orang yang kerap kali terkecoh akan jawabannya, berikut beberapa cara mengetahui tenses pada kalimat untuk kamu ketahui.

1. Kenali Konsep Penggunaan Verb

Langkah pertama untuk membedakan suatu tenses yakni dapat dilihat dari verb (kata kerja) yang digunakan dalam suatu kalimat. Secara umum, verb dibagi menjadi 3 macam yakni verb 1 (present), verb 2 (past), dan verb 3 (participle). Tiap tenses dalam bahasa inggris menggunakan verb yang berbeda-beda, misalnya untuk simple present tense menggunakan Verb 1.

Kemudian, untuk simple past tense menggunakan verb 2, dan seterusnya. Kemudian, selain dibagi menjadi 3 bentuk berbeda, verb juga memiliki banyak cabangnya seperti action verb dan mental verb. Sehingga, untuk dapat menganalisis suatu tenses dalam kalimat bahasa inggris penting untuk bisa memahami konsep penggunaan verb.

2. Pahami Konsep dan Fungsi Tenses

Cara mengetahui tenses pada kalimat selanjutnya yakni, kamu harus bisa memahami konsep serta fungsi dari tiap tenses. Secara sederhana, tenses dalam bahasa inggris dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan bentuk waktu penggunaanya diantaranya present (digunakan untuk masa sekarang dan menyatakan kebenaran umum), past (untuk kejadian lampau), dan future (masa depan).

Masing-masing bentuk sederhana tersebut dibagi atas beberapa rumus turunan yang lebih spesifik. Adapun, turunan dari bentuk-bentuk sederhana tersebut diantaranya; continuous, perfect, dan perfect continuous. Misalnya, untuk tenses present memiliki bentuk turunan present continuous, present perfect, present perfect continuous, begitu pula untuk jenis yang lainnya.

Selain mengetahui berbagai bentuk tenses, kamu perlu juga mengetahui konsep serta fungsi dari tenses tersebut. Dengan mengetahui sifat-sifat dari tiap tenses, maka akan lebih memudahkan kamu dalam memahami bentuk tenses. Sehingga, ketika kamu dihadapkan dengan soal ujian tenses dalam bahasa inggris, maka kamu sudah tahu bagaimana cara membedakan tiap jenisnya.

Baca Juga: MACAM TENSES LAMPAU DALAM BAHASA INGGRIS

3. Lihat Kata Kunci Keterangan di Tiap Kalimat

Selanjutnya, selain mengetahui konsep penggunaan verb, untuk mengetahui penggunaan tenses dalam sebuah kalimat kamu juga bisa mencari tahu adverb atau kata keterangannya. Misalnya, jika dalam suatu kalimat kamu melihat kata everyday, once a day, dan sebagainya. Maka, bisa dipastikan bentuk tenses dari kalimat tersebut adalah present karena menunjukan kebiasaan.

Kata keterangan tersebut biasanya disimpan di bagian paling awal atau akhir dalam sebuah kalimat. Kata keterangan dalam bahasa inggris yang menunjukan sebuah tenses yakni biasanya berupa kata keterangan waktu. Misalnya, untuk tenses past jika kamu melihat dalam sebuah kalimat menggunakan beberapa kata seperti yesterday, last night, two days ago dan sebagainya.

Berikutnya, untuk jenis tenses present perfect biasanya ditandai dengan kata keterangan berupa since (sejak), dan masih banyak lagi. Adapun, untuk mengetahui lebih jauh mengenai macam-macam adverb of time atau kata keterangan waktu kamu bisa mencari tahunya dengan membaca berbagai macam buku bacaan berbahasa inggris.     

Itulah beberapa cara mengetahui tenses pada kalimat dalam bahasa inggris. dengan mengetahui beberapa cara tersebut, maka kamu akan jadi lebih mengenali apa saja perbedaan dari tiap tenses tersebut. Selain itu, dengan mengetahui berbagai perbedaan tersebut juga akan lebih mempermudah kamu ketika mengisi soal ujian tenses bahasa inggris. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

4 Skill Bahasa Inggris Ini Harus Kamu Kuasai

4 Skill Bahasa Inggris Ini Harus Kamu Kuasai

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu harus menguasai beberapa skill utama agar bisa meningkatkan kemampuan berbahasa kamu. Ketika kita belajar bahasa, ada empat keterampilan yang kita butuhkan untuk komunikasi yang lengkap. Ketika mempelajari bahasa ibu sendiri, kamu...

Trik agar Pintar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Trik agar Pintar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Belajar bahasa Inggris tidak harus selalu di dalam kelas. Bahkan, guru bahasa Inggris mendorong siswa untuk melakukan banyak pembelajaran ekstra di luar sekolah. Ada banyak trik pintar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang bahasa,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH