Idiom bahasa Inggris yang jarang diketahui

Idiom Bahasa Inggris yang Jarang Diketahui

Feb 7, 2022 | Bahasa Inggris

Idiom kerap kali digunakan dalam bahasa Inggris untuk mengekspresikan diri dalam berkomunikasi. Banyak idiom bahasa Inggris yang jarang diketahui namun sering digunakan oleh beberapa orang.

Idiom sendiri adalah sekelompok kata yang maknanya tidak bisa dijelaskan hanya dengan mengartikan kata tersebut. Kalimat idiom biasanya menggunakan analogi dan metafora sehingga cukup sulit untuk diartikan secara keseluruhan.

Baca Juga: IDIOM BAHASA INGGRIS YANG POPULER

Deretan Idiom yang Jarang Diketahui

Dalam percakapan bahasa Inggris, idiom seringkali digunakan sehingga kamu sudah terbiasa, walau belum tentu kamu akan cepat memahami konteksnya. Idiom ini sendiri seringkali muncul pada bagian listening pada tes TOEFL.

Cara untuk memahami idiom ini sendiri adalah dengan mengenal dan menghafalkannya. Berikut beberapa deretan idiom bahasa Inggris yang jarang diketahui.

  • Sat on the fence: Ini berarti kamu menunjukkan keraguan. Jika menggunakan idiom ini, maka kamu belum memutuskan sisi argument mana yang kamu setujui. Contohnya adalah I’m on the fence about hot yoga classes, yang berarti kamu belum yakin untuk mengikuti kelas yoga di dalam sauna.
  • It’s the best thing since sliced bread: Ini berarti benar-benar bagus. Sliced bread telah lama digunakan untuk mendefinisikan sesuatu yang sangat hebat atau bagus.
  • Through thick and thin: Ini berarti tetap setia apapun yang terjadi. Idiom yang satu ini berarti kamu dan lawan bicara akan berada di sisi satu sama lain apapun yang terjadi.
  • Take it with a pinch of salt: Idiom ini berarti jangan terlalu serius. Kamu bisa menggunakan kalimat ini ketika meminta seseorang untuk jangan terlalu serius menanggapi sesuatu.
  • Jump on the bandwagon: Nah, kalau idiom yang satu ini berarti mengikuti tren terkini. Idiom yang satu ini bisa digunakan ketika seseorang bergabung dengan sesuatu yang populer atau melakukan sesuatu hanya karena itu keren.

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu perlu mempelajari idiom karena kalimat ini sering juga digunakan dalam percakapan dan tulisan.

Setiap bahasa memiliki koleksi ucapan dan frasa yang unik. Ungkapan-ungkapan ini seringkali mengandung arti yang mungkin tidak jelas hanya dengan melihat kata-kata individual yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: CARA MUDAH BELAJAR IDIOM BAHASA INGGRIS

Bagaimana Idiom Digunakan?

Seperti semua jenis bahasa kiasan, idiom dapat menjadi kalimat yang bagus bila digunakan dengan benar. Idiom adalah cara mudah untuk membuat tulisan kamu menjadi lebih baik. Jika kamu kesulitan membuat posting blog atau email terdengar kurang teknis dan kaku, berikan satu atau dua idiom.

Kata idiom juga dapat membantu menambahkan penekanan pada poin-poin penting. Bagi penulis fiksi, idiom dapat menambah kepribadian pada suara karakter. Idiom dapat bervariasi secara geografis dan generasi, jadi menggunakan idiom yang tepat dapat membuat karakter kamu menjadi lebih otentik.

Sebaiknya hindari idiom dalam penulisan teknis atau formal. Idiom bisa menjadi kesalahpahaman dan bisa juga berada di posisi yang tidak tepat jika digunakan dalam penulisan formal.

Idiom juga bisa menjadi klise ketika digunakan secara berlebihan dalam situasi tertentu. Jadi, gunakan idiom dengan jumlah yang tepat dan efisien dalam tulisan kamu.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH