cara ngobrol bahasa inggris

Cara Ngobrol Bahasa Inggris

Cara ngobrol bahasa inggris bagi sekelompok orang mungkin adalah hal mudah dan biasa. Akan tetapi, tidak semua merasakan hal sama. Ada yang tidak terbiasa dalam berkomunikasi Bahasa Inggris karena bukan sebagai bahasa sehari-hari.

Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi internasional, sudah diakui dunia sekaligus bahasa mutlak yang sangat berguna untuk membangun hubungan dengan oranglain yang tidak menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Ibu. Jadi, sudah saatnya mempelajari Bahasa Inggris untuk memulai ngobrol dengan oranglain.

Bagaimana Cara Memulai Percakapan Bahasa Inggris?

Kalau kamu bingung harus mulai darimana, ada beberapa hal yang bisa kamu pelajari pada bagian ini. Ada beberapa kalimat untuk belajar cara ngobrol bahasa inggris menurut ICAN English, sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Aplikasi untuk Ngobrol Bahasa Inggris

Hello, Its Nice To Meet You

Frasa ini merupakan frasa tepat apabila kamu ingin memulai ngobrol Bahasa Inggris, karena pertama kali bertemu dengan orang asing. Gunakan kata tersebut kalau ini adalah pertemuan pertama, jadi bukan untuk pertemuan kedua atau ketiga. Kalau kamu mengucapkan frasa ini padahal sudah sering ketemu orangnya, maka justru membuat suasana terasa kaku, karena orang tersebut menyangka kamu justru lupa dengan dirinya. Ucapkan frasa tersebut dengan cara bersalaman dan melempar senyum ramah.

My Name Is

Berikutnya adalah dengan memperkenalkan diri. Caranya ucapkan My name is. Frasa ini bisa kamu gunakan untuk berkenalan dengan orang yang ternyata benar-benar baru berkenalan.

I am From

Setelah kamu mengajak berkenalan dengan menyebutkan nama, lebih cenderung diikuti dengan perkenalan asal usul. Biasnya kata-kata yang digunakan adalah I am from disertai asal-usul negara maupun kota. Jadi, bukan hal yang tidak mungkin untuk perkenalan tersebut berlanjut pada percakapan selanjutnya tentang asal-usul atau apabila tidak ada kesamaan asal-usul orang yang merupakan lawan bicara kamu.

I Live In

Kalimat ini juga penting karena menunjukkan domisili darimana kamu berasal. Mengucapkan kalimat tersebut harus disertai informasi tempat tinggal saat ini, bukan kampung halaman. Kamu boleh menyebutkan nama kota, nama daerah, atau nama tempat secara spesifik seperti alamat tempat tinggal.

I am a

Kalimat ini mengungkapkan hal-hal terkait pekerjaan, profesi, atau status. Biasanya, kalimat ini digunakan untuk menjawab pertanyaan yang diawali dengan What do you do? sebagai pengganti pertanyaan What is your job? karena pertanyaan ini justru sangat jarang.

Baca Juga:
Dialog Speaking Bahasa Inggris Sehari Hari

3 Strategi Membuat Ngobrol Bahasa Inggris Lebih Menarik

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya percakapan Bahasa Inggris lebih menarik, terutama kalau kamu berbicara bersama native. Agar percakapan tidak membosankan, berikut adalah strategi yang harus kamu lakukan.

1. Hindari I am Fine Thank You, and You?

Jawaban ini menunjukkan bahwa kamu bukanlah seorang native. Orang juga akan merasa kamu punya Bahasa Inggris yang masih level pemula. Sehingga, akan lebih menarik kalau kamu memberikan jawaban Fine, atau mungkin I am good untuk mengesankan lawan bicara dan percakapan bisa berlanjut.

2. Utarakan Pertanyaan

Hindari hanya menunggu pertanyaan dan menjawab saja, kamu perlu bertanya balik. Variasi pertanyaan perlu kamu gunakan seperti misalnya: Anyway, up to anything fun this week?, ajak native atau orang asing tersebut dalam percakapan yang lebih menarik.

Baca Juga:
Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris

3. Open-Ended Questions

Buatlah pertanyaan yang jawabannya bukan sekedar Yes atau No. Cobalah memakai pertanyaan dalam, seperti menanyakan pendapat What do you think about? atau Did you hear about.

Itulah informasi lengkap tentang cara ngobrol bahasa inggris. Dengan cara ini, maka kamu jadi lebih mudah ngobrol dalam Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web