Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang saat ini banyak dipelajari. Dalam belajar bahasa Inggris, biasanya akan banyak pula aspek-aspek dan sub materi yang wajib diketahui dan dipahami. Misalnya adalah kata penghubung dalam bahasa Inggris. Atau lebih dikenal dengan sebutan konjungsi atau conjunction dalam bahasa Inggris.

Kata penghubung memang penting untuk hadir dalam sebuah kalimat. Tidak hanya dalam bahasa Inggris, tetapi di bahasa lainnya seperti bahasa Indonesia. Penggunaan konjungsi pun harus diperhatikan. Karena penggunaan kata konjungsi yang salah akan memengaruhi makna dari kalimat tersebut.

3 Macam Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, kata penghubung atau konjungsi dibagi menjadi beberapa macam. Setiap macamnya ini memiliki fungsi yang berbeda. Sehingga, apabila ingin menulis kalimat bahasa Inggris yang benar. Maka perlu mengetahui setiap fungsi dari masing-masing konjungsi. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

1. Coordinating Conjunction

Jenis pertama merupakan konjungsi yang paling banyak digunakan dalam sebuah kalimat berbahasa Inggris. Karena konjungsi jenis ini memang banyak muncul di kalimat bahasa Inggris. Konjungsi dari jenis ini diantaranya adalah for, and, nor, but, or, yet, so. Dalam mempelajari bahasa Inggris, biasanya konjungsi ini disingkat menjadi FANBOYS.

Konjungsi yang umum digunakan adalah and, but, dan or. And merupakan konjungsi untuk menghubungkan dua hal setara. But digunakan untuk menghubungkan dua hal yang berlawanan. Or digunakan untuk menunjukkan dua opsi yang salah satunya tidak akan dipilih. Contoh kalimatnya adalah, Rara play music well, but Rara cannot sing a song.

2. Subordinating Conjunction

Jenis kedua adalah konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan antara anak kalimat serta induk kalimat. Seperti yang diketahui, beberapa kalimat biasanya memiliki induk kalimat dan anak kalimat. Dalam jenis kalimat tersebut, diharuskan adanya konjungsi atau kata penghubung. Agar makna atau arti dari kalimat tersebut tidak menjadi rancu.

Konjungsi dalam jenis ini diantaranya before, after, as, how, then, although, whether, until, because, since, while, dan sebagainya. Contoh kalimatnya adalah, I will go to party after finish my job. Contoh lainnya adalah, the party will never be held until the preparation finish.

3. Correlative Conjunction

Jenis terakhir adalah konjungsi yang biasanya digunakan untuk menghubungkan unsur kalimat antara kata dengan kata, klausa dengan klausa, dan frasa dengan frasa. Konjungsi dari jenis ini adalah not only.but also, not.but, either.or, dan neither.nor. Contoh kalimatnya adalah, my father is not only good at Mathematics, but also in Chemistry.

Baca Juga:
Penggunaan Before dan After Dalam Tenses

Cara Menggunakan Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui jenis-jenis dari kata penghubung atau konjungsi. Tentunya bukan hal yang sulit untuk menggunakan kata penghubung tersebut dalam kalimat bahasa Inggris. Berikut adalah cara-cara menggunakan kata penghubung dalam kalimat berbahasa Inggris!

Memahami Kalimat

Cara pertama yang dilakukan adalah dengan memahami kalimat yang akan ditulis. Apakah kalimat yang akan ditulis merupakan pertentangan, sebab akibat, atau sebagainya. Sebaiknya, pahami pula arti dari kalimat tersebut.

Menentukan Konjungsi

Setelah mengetahui konteks kalimat yang akan ditulis. Cara berikutnya adalah menentukan jenis konjungsi apa yang akan digunakan. Cara ini dapat disesuaikan dengan jenis kalimat yang sudah diketahui. Apabila kalimatnya berupa pertentangan, maka dapat menggunakan konjungsi but.

Kata penghubung dalam bahasa Inggris menjadi penting untuk diketahui serta dipahami. Pemahaman tersebut akan membantu kamu dalam menulis bahasa Inggris yang baik dan benar. Karena konjungsi pun akan berpengaruh terhadap makna dan struktur kalimat.

Baca Juga:
Kata Tambahan Dalam Bahasa Inggris

Kata Penghubung Penting dalam Bahasa Inggris

Jadi kata penghubung dalam bahasa Inggris memiliki fungsi untuk menghubungkan suatu frasa dengan frasa lain, satu Klausa dengan Klausa lainnya. Fungsinya sangat penting untuk membuat sebuah kalimat padu padan, kamu perlu mengetahui beberapa jenis kata dari kata penghubung yang sering digunakan dan cukup penting seperti berikut;

And

Salah satu kata penghubung yang banyak digunakan dan sudah umum adalah and. Kata penghubung yang satu ini memiliki makna dan. Ada beberapa contoh penggunaan kata penghubung and, seperti berikut;

  • My friend and I went to New York Last year to celebrate My Birthday 
  • I bought new furniture for the house, two tables, three chairs, and a dining table
  • My Sister  taught  me how to read and write since I was little.

Jadi penggunaan kata dan ini bisa menjadi penghubung yang akan membantu kalimat menjadi lebih jelas maknanya.

But

Kata penghubung berikutnya yang banyak juga digunakan dalam bahasa Inggris adalah but dengan arti tapi. Berikut ini beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris;

  • Linda wont come on time to my birthday party, but Bella will 
  • It’s not because he smelled bad,  but he had a very bad attitude 
  • I were Tonys shoes, but I didn’t realize it Until I got home 

So

Kata penghubung lainnya adalah So yang memiliki arti jadi. Nah, di dalam bahasa Inggris berikut ini contoh penggunaannya;

  • I didn’t see you there, so I decided to go home
  • The shoes was expensive, so I cant buy it
  • I saw a mysterious person there, so I went home running.

Or

Kamu pasti sudah sering mendengar kata penghubung or yang memiliki arti atau. Kata penghubung tersebut sudah sering digunakan dalam bahasa Inggris, seperti berikut beberapa contohnya;

  • I think I want to by the red or the blue one
  • He didn’t tell me whether he would come or not
  • Congratulations! Is it a boy or girl?

Yet

Mungkin kata penghubung yang satu ini jarang ditemui dan tidak semua orang familiar. Kata penghubung selanjutnya adala ye yang mungkin tidak memiliki arti tepat dalam bahasa Indonesia. Tetapi, banyak yang mengatakan bahwa kata ini cukup dekat maknanya dengan namun loh. Nah, berikut ini contohnya;

  • I dont know yet about what happened today 
  • Please Don’t Go Yet, I havent  ready 
  • You havent  decided yet What action to take 

Masih banyak kata penghubung bahasa Inggris yang bisa dipelajari. Masing-masing kata penghubung pasti memiliki fungsinya dan membantu untuk menyempurnakan kalimat di dalam bahasa Inggris. Nah, kamu bisa mempelajari kata penghubung bahasa Inggris dengan perlahan-lahan ya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web