contoh kalimat be able to

Contoh Kalimat Be Able To

Ketika kamu ingin memberi tahu bahwa kamu bisa melakukan sesuatu, maka seringnya menggunakan kata can, tetapi kamu juga bisa mempelajari contoh kalimat be able to, walaupun keduanya punya beberapa perbedaan.

Can dan be able to, sama sama dapat kamu gunakan untuk menjelaskan kemampuan. Can juga bisa kamu gunakan untuk menyatakan kemungkinan. Selain itu, can termasuk modal auxiliary verb, bisa kamu gunakan pada masa kini atau present dan pada masa depan atau future, mempunyai bentuk past yang disebut.

Sedangkan untuk be (am/is/are) able to phrasal modal mempunyai bentuk future will be able to juga bentuk past yaitu was/were able to. Keduanya disertai main verb atau kata kerja utama, yaitu bare infinitive atau kata kerja tanpa adanya tambahan s/-es supaya bisa membentuk verb phrase.

Contoh Kalimat Can/Be Able to

Supaya belajar lebih mudah  bersama ICAN English, kali ini kamu bisa membaca dan mengamati apa saja contoh can/be able to sesuai penggunaannya:

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Past Future Tense

Ability

  • Joanna can sing well – Joanna bisa bernyanyi dengan baik.
  • Amanda can write name of days – Amanda bisa menulis nama-nama hari.
  • Anna can dance beautifully – Anna bisa menari dengan indah.
  • You can solve this problem – Kamu bisa menyelesaikan masalah ini.
  • I am able to drive alone – Aku bisa menyetir sendiri.
  • Joanna is able to English very well – Joanna bisa Bahasa Inggris dengan sangat baik.
  • Amanda is able to read fast – Amanda bisa membaca dengan cepat.
  • Anna is able to speak politely – Anne bisa berbicara dengan sopan.
  • They are able to write nice songs – Mereka bisa membuat lagu-lagu yang enak didengar.

Possibility

  • You can laugh when you heard the story – Kamu bisa tertawa ketika mendengar ceritanya.
  • I can let you go if you keep doing the same mistake – Aku bisa tinggalin kamu kalau kamu terus-terusan melakukan kesalahan yang sama.
  • Joanna can be angry with me if my test score is bad – Joanna bisa marah padaku kalau skor tes ku tidak bagus.
  • You can be late since it is rainy – Kamu bisa telat karena ini hujan.
  • Anna can do everything if you leave her now – Anna bisa melakukan semuanya kalau kamu meninggalkannya sekarang.
  • Tom and Sam are able to help the people to get free education – Tom dan Sam bisa membantu orang-orang untuk memperoleh pendidikan gratis.

Dari semua contoh tersebut, mungkin kamu merasa bingung membedakan kapan harus menggunakan can dan kapan harus menggunakan be able to. Untuk itu, sangat penting mempelajari apa saja perbedaan keduanya.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Interjection

Pembahasan Be Able To dan Can

Setelah mempelajari contoh kalimat be able to dan can, kamu bisa menggunakan keduanya dalam bentuk present tense ketika ingin menyatakan kemampuan dalam melakukan sebuah hal. Hanya saja, perbedaannya adalah can lebih sering digunakan, sedangkan be able to terdengar terlalu formal, sehingga jarang dipakai.

Kamu juga bisa menggunakan be able to dan can untuk melakukan suatu hal di masa depan. Kamu bisa melihat perbedaan menggunakan be able to dan can untuk kalimat di masa depan, sebagaimana contoh berikut:

I can seeyou tomorrow morning at my office.

I am able to see you tomorrow morning at my office.

After doing my homework, we can play football.

After doing my homework, we are able to play football.

Sedangkan jika ingin menyatakan sesuatu di masa lampau, maka gunakan dalam bentuk past yaitu was/were able to. Sedangkan bentuk past adalah could, sebagaimana contoh berikut:

Joanna was able to work yesterday.

Joanna could work yesterday.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Possibility Bahasa Inggris

Sekarang, kamu jadi lebih tau tentang kalimat can atau be able to, serta contoh kalimat dalam penulisannya. Setelah mempelajari materi ini, sebaiknya kamu berlatih di rumah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web