macam predikat dalam bahasa inggris

Macam Predikat dalam Bahasa Inggris

Kamu mungkin masih bingung membedakan predikat dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Pada intinya, kedua predikat tersebut mempunyai sejumlah kesamaan, namun secara hakikat, keduanya adalah bahasa yang berbeda.

Dalam Bahasa Inggris, predikat merupakan unsur penyusun untuk memberian tanda aksi subjek pada objek. Perhatikan contoh berikut agar tahu maksud predikat:

Dia makan roti.

Dalam kalimat tersebut, Dia adalah subjek, Maka adalah predikat, dan Roti adalah objek. Jadi, dalam Bahasa Inggris, apa yang dimaksud predikat adalah kata kerja.

Akan tetapi, tidak semua kalimat harus mempunyai subjek, predikat, dan objek. Beberapa contoh kalimat hanya terdiri dari subjek dan predikat, seperti: Dia makan.

Baca Juga:
Macam Kata Ganti Subjek Dalam Bahasa Inggris

Hanya saja, kalimat seperti ini dianggap kurang lengkap, karena tidak memberitahu informasi apa yang dimakan. Itulah mengapa, susunan kalimat yang baik terkadang membutuhkan lebih dari subjek dan predikat.

Jenis Kata Kerja Bahasa Inggris Sebagai Predikat

Dari pembelajaran bersama ICAN English kali ini, maka kamu akan lebih paham tentang predikat dalam bahasa inggris yang dibagi dalam dua bentuk, yaitu kata kerja utama dan kata kerja bantu.

Kata Kerja Utama

Kata kerja utama yaitu kata kerja yang sering digunakan secara umum, seperti:

Read, write, run, study, talk, listen, drive, dan sebagainya. Semua kata kerja utama dapat menjadi predikat bahasa inggris termasuk kata kerja dengan tambahan s/es, ed/d, dan v-ig, seperti contoh berikut:

They learn Chinese everyday.

We read some books.

She knocked the door.

Baca Juga:
Perbedaan Will dan Would

Kata Kerja Bantu

Dalam Bahasa Inggris, kata kerja bantu mempunyai peran membantu dalam membentuk kata kerja utama. Fungsi lainnya adalah berdiri sendiri apabila memang kata kerja utama tidak dibutuhkan pada sebuah kalimat.

Kata kerja bantu dibagi dalam dua jenis yaitu Primary Auxiliary Verb atau to be. Kamu pasti pernah mendengar is, am, are, were, dan was yang merupakan bagian dari Primary Auxiliary Verb. Selain itu, ada juga have, had, had, do, does, did, dan done, sebagaimana contoh berikut:

You are beautiful.

I did my homework.

I was born in Magelang.

They are studying business management.

Jenis kedua adalah Modal Auxiliary Verb yaitu: will, would, shall, should, can, could, have to, must, ought to, might, had better, dan sebagainya. Modal verb dipakai untuk predikat dengan fungsi pembentuk kata kerja utama, sebagaimana contoh berikut:

She can sing very well.

He should go to the bank earlier.

They will go to Magelang.

Baca Juga:
Perbedaan Each and Every dalam Bahasa Inggris

Contoh Penggunaan Predikat Bahasa Inggris dalam Kalimat

Kamu bisa ikut kelas bahasa Inggris di ICAN English untuk menikmati pengalaman kursus online Bahasa Inggris dengan materi yang lebih mudah dipahami.

Setelah memahami predikat dalam bahasa inggris, berikut adalah sejumlah kalimat lainnya yang bisa kamu pelajari dari penggunaan predikat:

Dina looks unhappy Dina tampak tidak senang.

The new teacher teaches in our class Guru baru itu mengajar di kelas kami.

They are professors Mereka adalah profesor

Pelajari Bahasa Inggris lebih mudah dengan cara latihan secara rutin setiap harinya. Cara belajar ini lebih efektif daripada hanya belajar bahasa inggris seharian, dalam seminggu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi