contoh modal auxiliary verb bahasa inggris

Contoh Modal Auxiliary Verb Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu akan menemukan banyak perubahan unsur kalimat dalam bahasa inggris. misalnya, kamu bisa menambahkan auxiliary, keterangan waktu, keterangan tempat, dan unsur lainnya. pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai contoh modal auxiliary verb beserta jenis-jenisnya.

Penjelasan Dan Contoh Modal Auxiliary Verb

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang bisa digunakan di hampir seluruh negara di dunia, sehingga penting untuk mempelajarinya. Salah satu materi dalam bahasa inggris yang perlu kamu ketahui yakni mengenai modal auxiliary verb. Berikut merupakan penjelasan, rumus, serta contoh modal auxiliary verb yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Possibility Bahasa Inggris

Pengertian Modal Auxiliary Verb

Secara sederhana, modal auxiliary verb dapat didefinisikan sebagai kata kerja bantu yang berfungsi sebagai penambah arti khusus pada main verb (kata kerja utama). Modal auxiliary verb digunakan digunakan untuk menunjukan hal yang akan terjadi (futurity), perizinan (permission), kemampuan (ability), kemungkinan (possibility), dan sebagainya.

Terdapat beberapa jenis modal auxiliary verb yang perlu kamu ketahui. Namun, sebagai gambaran terkait contoh modal auxiliary verb, bisa kamu lihat dalam kalimat berikut; she will come back home soon (dia akan segera pulang ke rumah).

Rumus Modal Auxiliary Verb

Selanjutnya mengenai rumus yang digunakan dalam pembentukan kalimat modal auxiliary verb, berbeda-beda sesuai dengan bentuk kalimatnya. Untuk bentuk kalimat positif menggunakan rumus; subjek + modal + verb 1 + objek, untuk kalimat negative; subjek + modal + not +verb 1 + objek, untuk kalimat interrogative; modal +subjek + verb 1 + objek + (?)

5 Jenis Modal Auxiliary Verb

Setelah mengetahui terkait penjelasan, rumus, serta contoh modal auxiliary verb, selanjutnya mengenai jenis-jenis. Terdapat beberapa jenis modal auxiliary verb yang perlu kamu ketahui. Berikut, merupakan penjelasannya.

1. Will dan Would

Jenis yang pertama yaitu will dan would. Kata will digunakan untuk menjelaskan sesuatu di masa depan. Kemudian, kata would juga memiliki makna yang sama, hanya saja kata would digunakan untuk situasi formal atau resmi. Contohnya, I will go to school earlier tomorrow (saya akan pergi ke sekolah lebih awal besok).

Baca Juga:
Cara Praktis Belajar Bahasa Inggris

2. Can dan Could

Jenis modal auxiliary verb berikutnya yakni, cana dan could.  Kata cana digunakan untuk menunjukan kemungkinan seseorang atau sesuatu memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu. Sedangkan, kata could merupakan bentuk modal auxiliary yang utama dan memiliki fungsi yang sama dengan cana. Namun, digunakan untuk situasi formal atau bentuk lampau dari cana.

Agar kamu lebih paham mengenai modal auxiliary verb bentuk ini, sebaiknya kamu memperhatikan contoh penggunaanya. Misal, You can see the lake from your bedroom window (kamu bisa melihat danau dari jendela kamarmu), I could bring this for you (aku bisa membawakan ini untuk kamu).

3. May dan Might

Kata may digunakan untuk meminta izin, menyatakan kemungkinan, dan memohon sesuatu. Selain itu, kata may juga bisa digunakan untuk membuat perkiraan terhadap sesuatu yang akan terjadi. Sedangkan kata might memiliki fungsi yang hampir sama dengan may, tetapi tidak bisa digunakan untuk meminta atau memberi izin, biasanya digunakan dalam bentuk lampau.

Untuk lebih memahami terkait konsep penggunaanya, kamu bisa melihat contoh berikut. Misalnya, may I eat your egg? (bolehkah aku makan telur milikmu?). Lalu, contoh berikutnya untuk kata might I might come to your house at 10. 30 (aku mungkin datang ke rumahmu pada pukul 10.30).

4. Must

Jenis modal auxiliary verb selanjutnya yakni, kata must. Kata must digunakan untuk menyatakan suatu keharusan. Selain itu, kata must juga digunakan untuk menunjukan suatu keyakinan terhadap suatu pendapat. Kemudian, kata must terkadang ditujukan untuk menunjukan sebuah kesimpulan.

Untuk lebih memahami konsep penggunaan modal auxiliary verb kata must sebaiknya kamu menyimak contoh kalimatnya. Misal, he is a smart and good person, you must meet him soon (dia merupakan seseorang yang pintar dan baik, kamu harus segera menemuinya).

Baca Juga:
Contoh Modal Verb dan Penggunaannya

5. Shall Dan Should

Bentuk auxiliary verb terakhir yaitu, kata shall dan should. Kata shall digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang akan dilakukan di masa depan. Kemudian, kata should memadukan arti will dan must. Terkadang should juga digunakan untuk menyatakan perintah atau saran.

Untuk lebih memahami konsepnya, kamu bisa simak contoh berikut. I shall go to work tomorrow (aku harus pergi kerja besok), you should try again next time (kamu harus mencoba lagi lain waktu).

Modal auxiliary verb merupakan salah satu materi yang pastinya akan kamu temukan ketika mempelajari bahasa inggris. penjelasan mengenai contoh modal auxiliary verb di atas bisa kamu jadikan sebagai gambaran. Untuk yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut anda bisa hubungi langsung ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi