contoh modal verb dan penggunaannya

Contoh Modal Verb dan Penggunaannya

Modal verb adalah salah satu pelajaran Bahasa Inggris yang merupakan unsur kata yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari. Adalah salah jika kamu beranggapan Bahasa inggris hanya sebatas materi kosa kata dan belajar grammar saja.

Beberapa orang telah belajar Bahasa inggris namun tidak semuanya bisa menguasai materi modal verb. Penguasaan materi ini sangat penting karena berguna untuk Bahasa inggris lisan ataupun tulisan.

Keutamaan Belajar Modal Verbs

Moda verb digunakan untuk pelengkap kalimat dan paragraf, menjelaskan apa yang hendak dikerjakan serta waktu pengerjaannya. Dapat dikatakan jika peran subjek lebih diperjelas. Sehingga, kata selanjutnya mudah untuk menentukannya. Kali ini, ICAN English akan membagikan materi dua keutamaan dalam mempelajari Bahasa inggris.

Baca Juga:
Pengertian Auxiliary Verb dalam Bahasa Inggris

Kapan Waktu Penggunaannya

Modal verb mempunyai 10 jenis yang dapat digunakan berdasarkan keadaan. Sehingga, kamu harus memperhatikan waktu yang tepat yang digunakan oleh subjeknya.

Sama saja seperti to be, akan tetapi modal lebih tinggi tingkatnya. Sehingga, membutuhkan banyak perhatian. Misalnya, kamu bisa menggunakan will digunakan untuk menunjukkan kondisi saat ini atau simple present.

Sementara untuk would, merupakan bentuk lampau atau past, yang digunakan saat subjek menjelaskan semua hal yang berhubungan dengan waktu-waktu lalu, termasuk yesterday atau a years a go.

Fungsi Tiap-Tiap Modal Verb

Ketika mempelajari modal verb, tidak ada rumus, tetapi tiap jenisnya berfungsi secara berbeda, bergantung bagaimana cara penggunaannya. Itulah mengapa, kamu harus memahami tiap fungsi sehingga tidak salah ketika menerapkan sebuah kalimat.

Setiap jenisnya mempunyai arti masing-masing dan dapat digunakan ketika listening, writing, dan speaking. Apabila kamu tidak mempelajari fungsinya dengan baik, termasuk penerapannya, maka akan sulit menggunakannya.

Baca Juga:
Acara Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Tonton

Contoh Penggunaan Modal Verb

Modal verb yaitu kata kerja bantu atau disebut sebagai modal auxiliary verb, digunakan menggunakan kata kerja utama. Fungsi verb auxiliary yaitu menyampaikan keharusan, kemampuan, kemungkinan, saran, dan sebagainya. Agar lebih jelas mempelajari materi modal verb, kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris di ICAN English agar dapat dibimbing oleh tutor berpengalaman.

Berikut adalah contoh-contoh kalimat penggunaan verb auxiliary Will:

  • Joanna will go to Surabaya tomorrow. Joanna akan pergi ke Surabaya besok.
  • Joanna will not go to Surabaya tomorrow. Joanna tidak akan pergi ke Surabaya besok
  • Will Joanna go to Surabaya tomorrow? Akankah Joanna pergi ke Surabaya besok?

Will dan Would mempunyai arti yang sama. Hanya saja, would adalah modal past, sehingga hanya digunakan pada kalimat lebih formal, sebagaimana contoh berikut:

  • If you had called me, I would visit you last night. (conditional sentence type 3) Apabila kamu menelponku, aku akan mengunjungimu tadi malam). Contoh auxiliary verb tersebut adalah untuk menyatakan niat.
  • I believe that our school would become the top choice Saya percaya bahwa sekolah saya akan menjadi pilihan terbaik). Contoh auxiliary verb tersebut adalah untuk membuat prediksi.

Selain semua contoh tersebut, kamu juga dapat menggunakan can, could, may, might, must, ought to, shall, dan should untuk menggunakan auxiliary verb.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi