contoh percakapan formal dalam bahasa inggris

Contoh Percakapan Formal dalam Bahasa Inggris

Percakapan formal dalam bahasa Inggris penting untuk diketahui oleh setiap orang. Adapun, percakapan formal tersebut sering kali digunakan untuk berbagai situasi resmi diantaranya untuk kepentingan pekerjaan, perkenalan dengan orang baru, dan sebagainya. Sehingga, penting untuk mempelajarinya.

Dalam percakapan formal, biasanya kalimat yang diungkapkan akan lebih panjang jika dibandingkan ketika berbicara secara informal. Hal tersebut dikarenakan saat berbicara formal kerap kali menyebutkan detail terhadap sesuatu. Untuk berbicara formal juga terdapat berbagai aturan yang harus senantiasa diperhatikan.

Percakapan Formal Bahasa Inggris Penjelasan Serta Contohnya

Bahasa formal dalam bahasa inggris biasanya lebih sering digunakan dalam bentuk tulisan seperti menulis email perusahaan, menulis essay, jurnal, dan sebagainya. Namun, tak jarang juga bahasa tersebut digunakan jika menghadiri suatu pertemuan yang resmi. Berikut merupakan penjelasan mengenai percakapan formal dalam bahasa Inggris beserta contoh dialognya.

Baca Juga:
Kalimat Penutup Email Bahasa Inggris

Salam Pembuka Dan Penutup Dalam Percakapan Formal

Ketika hendak berkomunikasi dengan seseorang dalam situasi yang resmi atau formal, maka hal pertama yang harus dilakukan yakni dengan memberikan salam pembuka. Adapun, salam pembuka tersebut juga tidak bisa sembarangan dan ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. Pertama, hindari menggunakan salam pembuka hi atau hello.

Adapun, beberapa salam pembuka yang bisa kamu pilih diantaranya good morning untuk pagi hari, good day untuk siang hari, good afternoon untuk sore hari, dan good evening untuk malam hari.kamu bisa memilih sapaan mana yang sesuai dengan waktu pertemuan dan percakapan tersebut dilakukan.

Kemudian, selain salam pembuka di akhir percakapan sebaiknya kamu juga memberikan salam penutup. Adapun, beberapa contoh salam penutup tersebut diantaranya thank you untuk ucapan terima kasih, nice to meet you (senang bertemu dengan anda), good night digunakan untuk salam penutup atau ucapan selamat tinggal di malam hari, dan berbagai salam penutup lainnya.

Baca Juga:
Alasan Belajar Bahasa Inggris Private

Hindari Penggunaan Kata-Kata Gaul Atau Singkatan

Selanjutnya, ketika sedang melakukan percakapan formal dalam bahasa inggris sebaiknya kamu menghindari penggunaan kata-kata gaul atau kata singkatan. Terdapat berbagai contoh kata singkatan yang harus dihindari ketika berbicara formal. Misalnya, wanna yang merupakan singkatan dari want to, lalu gotta atau got to, dan sebagainya.

Daripada menyebutkan kata tersebut secara singkat, akan lebih baik jika kamu menyebutkannya dengan baik dan benar. Selain itu, penggunaan kata gaul atau kata-kata singkatan bahasa inggris pada saat situasi formal juga dianggap sangat tidak sopan.

Gunakan Kalimat Dengan Penuh Hormat Dan Sopan

Selanjutnya, ketika dalam situasi resmi sebaiknya kamu menggunakan berbagai macam kalimat yang penuh hormat dan sopan. Ketika kamu membutuhkan sesuatu terhadap pelayan yang bertugas, maka jangan lupa untuk menyisipkan kata please dan thank you. Misalnya, saat butuh minuman would like to drink tea, please!.

Setelah permintaan kamu diberikan, maka jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Terdapat beberapa kata yang bisa kamu gunakan dalam situasi formal diantaranya; could, would, may, dan lainnya. kata-kata tersebut berasal dari kata can, may, will.

Baca Juga:
Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

Contoh Percakapan Formal

Berikut, merupakan contoh percakapan formal bahasa inggris saat di bank!

Teller: good morning, what could I help you, miss? (selamat pagi, ada yang bisa saya bantu untuk anda, nyonya?)

Miss. Siska  : good morning, I would like to save money (selamat pagi, saya ingin menabung uang)

Teller: alright, how much you would save, miss? (tentu, berapa banyak yang ingin anda tabung, nyonya?)

Miss. Sisca: ten million, please. And this is my card! (sepuluh juta. Dan berikut kartu saya)

Teller: alright, please wait for moment, miss (baiklah, mohon tunggu beberapa saat, nyonya)

Miss. Sisca: sure, thank you (tentu, terima kasih)

Teller: youre welcome (sama-sama)

Itulah beberapa aturan serta contoh percakapan formal dalam Bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Dengan memahami konsep dasar percakapan formal, maka akan memberikan kesan pertama yang baik ketika kamu bertemu dengan seseorang. 

Ketika belajar bahasa Inggris, percakapan memang menjadi hal penting. Kamu bisa mempelajari berbagai percakapan dalam bahasa Inggris dengan bergabung di kursus bahasa Inggris profesional, salah satunya ICAN English.

Kami memiliki tim pengajar berpengalaman dan profesional di mana kamu akan belajar dari para ahlinya. Proses belajar juga akan lebih mudah dan menyenangkan karena kamu akan dibimbing secara langsung. Kelas online dan offline tersedia, sehingga memudahkan kamu untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web