Dialog bahasa Inggris meminta maaf

Dialog Bahasa Inggris Meminta Maaf

Feb 14, 2022 | Bahasa Inggris

Dialog bahasa Inggris meminta maaf bisa kamu praktekkan ketika sedang bercakap-cakap dengan orang asing namun justru percakapan tersebut berujung pada kesalahan yang tidak sengaja sehingga menyinggung perasaannya. Apabila kamu juga bekerja pada lingkungan dimana Bahasa Inggris digunakan, maka belajar percakapan permintaan maaf akan sangat membantu supaya hubungan dalam pekerjaan supaya tetap berjalan lancar.

Kali ini, ICAN English akan membahas secara mendalam tentang materi asking and giving apology yaitu permintaan maaf dan bagaimana cara memaafkan dalam Bahasa Inggris. Dengan materi tersebut diharapkan kamu bisa mempraktekkan percakapan atau penggunaan kalimat maaf untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Baca Juga: CONTOH DIALOG BAHASA INGGRIS

Asking And Giving Apology Dan Contoh Pola Kalimat

Melakukan kesalahan adalah hal manusiawi dan kesalahan dapat terjadi saat kamu bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris untuk kegiatan sehari-hari. Kosakata menggunakan sinonim seperti maaf, apology, regret, sorry tidak cukup karena kamu juga harus tahu bagaimana ekspresi dalam meminta maaf secara tepat sesuai konteks baik itu formal atau nonformal.

1. Non Formal

Kamu bisa melihat beberapa contoh pola kalimat dalam ekspresi meminta maaf dalam bahasa Inggris pada kondisi non formal, sebagaimana berikut:

Ops! I didn’t mean to do that.

Sorry about that.

My apology.

It’s all my fault.

It’s my bad.

Kamu bisa menggunakan contoh kalimat tersebut untuk kemudian kamu sisipkan pada dialog bahasa Inggris meminta maaf. Biasanya dalam dialog, lawan bicara akan berkomentar atau menunjukkan responnya sehingga kamu harus benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan oleh lawan bicara.

Dalam meminta maaf biasanya terdapat respon yang negatif maupun positif. Kamu bisa mengantisipasi jawaban pada dialog tersebut untuk menghasilkan percakapan lancar sehingga dialog bisa berlangsung lama. Dalam meminta maaf, respon positif bisa ditunjukkan sebagaimana dalam beberapa contoh kalimat berikut:

It’s okay, don’t worry.

No problem.

Don’t mention it.

I know you didn’t mean to.

Sedangkan contoh pola kalimat yang memberikan reaksi negatif dalam permintaan maaf yaitu:

I can’t believe it was an accident.

It’s clear, I am not sure you are sorry.

There is no misunderstanding.

It was awful.

2. Permintaan Maaf Formal

Permintaan maaf dalam kondisi formal dapat kamu gunakan apabila berdialog dengan orang yang lebih senior, orang yang punya usia terpaut jauh, berbicara dengan orang tua, atau berbicara di lingkungan kerja dengan orang yang tidak begitu akrab. Berikut adalah beberapa contoh pola kalimat permintaan maaf secara formal:

I apologize for what have just happened.

I am really sorry for the inconvenience.

I really regret how I reacted.

Sedangkan untuk memberikan komentar positif terkait permintaan maaf dapat menggunakan beberapa contoh kalimat berikut:

I understand

These things happen

Please don’t do the same mistake

Make sure that it doesn’t happen again

Sedangkan apabila permintaan maaf mendapatkan respon yang negatif, maka biasanya ada beberapa kalimat yang digunakan sebagaimana berikut:

I can’t believe you would do that.

I’m very disappointed.

It was a very big mistake.

Sekarang kamu sudah mempelajari seluruh pola kalimat yang dapat digunakan ketika ingin meminta maaf atau memberikan respon positif maupun respon negatif saat mendengarkan kata maaf.

Baca Juga: DIALOG SPEAKING BAHASA INGGRIS SEHARI HARI

Contoh Dialog Bahasa Inggris Meminta Maaf

Agar kamu bisa menguasai materi tentang dialog bahasa Inggris meminta maaf, maka kamu bisa menerapkan seluruh pola kalimat dalam meminta atau memberi maaf pada bentuk dialog atau percakapan dengan orang lain sebagaimana berikut:

John: Did you bring my book, Tom?

Tom: Oh I am sorry; I forget to bring it. 

John: Tom, are you serious? You promised me that you would bring it today.

Tom: It’s my bad, John. I didn’t prepare the book last night.

John: It’s okay. Please don’t make the same mistake. The book is very important to me, so please bring it tomorrow or I will never lend you any books at all.

Tom: Sure! I will bring that book tomorrow.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana cara mempelajari bahasa Inggris dalam hal meminta maaf dan memberikan respon ucapan maaf seseorang secara positif atau negatif dalam kondisi formal ataupun non formal. Dengan melihat contoh dialog tersebut, maka kamu bisa latihan bersama teman atau keluarga di rumah atau bisa membuat dialog sendiri untuk kamu coba sehari-hari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH