Grammar yang harus dikuasai

Materi Grammar yang Harus Dikuasai

Jan 19, 2022 | Bahasa Inggris

Grammar yang harus dikuasai pemula merupakan materi penting ketika sedang belajar Bahasa Inggris. Sebagai salah satu bagian dari kemampuan komunikasi, Bahasa Inggris dipandang penting, bahkan ketika perusahaan terkemuka sedang merekrut calon karyawan.

Kemampuan Bahasa Inggris tidak bisa dipisahkan dari kaidah atau aturan susunan bahasa. Itulah mengapa terdapat istilah grammar ketika kamu belajar Bahasa Inggris.

Baca Juga: MATERI BASIC ENGLISH GRAMMAR

Apa Saja Materi Grammar Penting Untuk Pemula?

Grammar adalah sistem juga struktur sebuah bahasa. Beberapa orang menyebutkan belajar grammar bukanlah hal mudah. Akan tetapi, grammar merupakan pelajaran wajib yang tidak bisa dipisahkan jika kamu ingin menguasai Bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa materi dasar grammar Bahasa Inggris yang sangat penting bagi pemula:

1. Subject

Subject dalam Bahasa Indonesia yaitu subjek, pelaku pada kalimat. Selain orang, subject juga bisa berupa hewan, benda, maupun tumbuhan. Contoh subject dalam Bahasa Inggris pada bentuk pronoun yaitu I, you, we, they, he, she, dan it. Ada juga subject kalimat dengan nama orang.

Setiap kalimat pasti punya subject, sebagaimana contoh kalimat berikut:

Amanda and Joanna like strawberry. John likes Blueberry. Tom likes Durian. We like Mango.

Setiap cetak tebal dari contoh di atas merupakan subject kalimat.

2. Predicate

Dalam sebuah kalimat, kamu juga harus belajar predikat sebagai bagian grammar yang harus dikuasai. Predikat adalah bagian untuk memberikan informasi apa yang sedang dilakukan subjek. Predikat adalah kata kerja, kata bantu tobe, atau predikat juga berfungsi penjelas subjek. Berikut adalah contoh predikat dalam Bahasa Inggris:

Amanda and Joanna eat strawberry. John is driving his boat. We are working all the time.

Setiap cetak tebal dari contoh kalimat di atas merupakan predicate.

3. Object

Object adalah korban, atau dalam Bahasa Indonesia merupaka objek, berupa orang atau benda yang terkena tindakan subjek. Tidak semua verb atau kata kerja butuh objek. Akan tetapi, walaupun kalimatnya adalah transitive verb, terkadang memerlukan compliment sebagai penjelas kalimat. Perhatikan contoh berikut:

Joanna loves John. Amanda loves her new bag.

Sekarang, kamu sudah tahu materi apa saja untuk belajar grammar. Kamu juga harus tahu lebih banyak tentang langkah awal dalam mempelajarinya.

Baca Juga: CONTOH GRAMMAR BAHASA INGGRIS

Langkah Awal Belajar Grammar

ICAN ENGLISH merekomendasikan beberapa hal tentang grammar yang harus dikuasai sebagaimana penjelasan sebelumnya. Agar belajar bahasa Inggris, khususnya grammar lebih mudah, sebaiknya cobalah mempelajari pola dasar pada kalimat terlebih dahulu. Misalnya, mencoba belajar mencari subjek, predikat, verb, objek, dan juga lainnya.

Struktur kata dalam Bahasa Inggris berbeda dengan struktur kata dalam Bahasa Indonesia. Pada Bahasa Indonesia, tidak ada aturan struktur yang harus kamu pakai. Sedangkan pada Bahasa Inggris, terdapat penggunaan struktur yang disebut tenses dengan aturan main. Terdapat 16 tenses yang dapat kamu gunakan pemakaian katanya sesuai kondisi waktu.

Selain itu, agar kamu cepat menguasai grammar, cobalah membuat kalimat dalam Bahasa Indonesia. Lanjutkan dengan translate kalimat tersebut dalam bentuk Bahasa Inggris sesuai aturan tenses. Kamu bisa mempraktekkannya dengan mencoba buat pertanyaan lalu menjawabnya.

Cara berikutnya agar kamu semakin mahir grammar adalah dengan perbanyak latihan soal-soal grammar. Mengguasai soal grammar dapat meningkatkan kemampuan. Jadi, tidak ada salahnya beli buku soal latihan grammar kemudian menjawabnya sesuai pengetahuan yang telah kamu peroleh. Kemudian, lakukan review terkait apa saja materi grammar yang sudah kamu pelajari, dan cari dimana kelemahan kamu. Hal ini penting supaya bisa meningkatkan materi yang masih belum kamu kuasai.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH