materi grammar yang harus dikuasai

Materi Grammar yang Harus Dikuasai

Grammar yang harus dikuasai pemula merupakan materi penting ketika sedang belajar Bahasa Inggris. Sebagai salah satu bagian dari kemampuan komunikasi, Bahasa Inggris dipandang penting, bahkan ketika perusahaan terkemuka sedang merekrut calon karyawan.

Kemampuan Bahasa Inggris tidak bisa dipisahkan dari kaidah atau aturan susunan bahasa. Itulah mengapa terdapat istilah grammar ketika kamu belajar Bahasa Inggris.

Apa Saja Materi Grammar Penting Untuk Pemula?

Grammar adalah sistem juga struktur sebuah bahasa. Beberapa orang menyebutkan belajar grammar bukanlah hal mudah. Akan tetapi, grammar merupakan pelajaran wajib yang tidak bisa dipisahkan jika kamu ingin menguasai Bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa materi dasar grammar Bahasa Inggris yang sangat penting bagi pemula:

Subject

Subject dalam Bahasa Indonesia yaitu subjek, pelaku pada kalimat. Selain orang, subject juga bisa berupa hewan, benda, maupun tumbuhan. Contoh subject dalam Bahasa Inggris pada bentuk pronoun yaitu I, you, we, they, he, she, dan it. Ada juga subject kalimat dengan nama orang.

Setiap kalimat pasti punya subject, sebagaimana contoh kalimat berikut:

Amanda and Joanna like strawberry. John likes Blueberry. Tom likes Durian. We like Mango.

Setiap cetak tebal dari contoh di atas merupakan subject kalimat.

Baca Juga:
Materi Basic English Grammar

Predicate

Dalam sebuah kalimat, kamu juga harus belajar predikat sebagai bagian grammar yang harus dikuasai. Predikat adalah bagian untuk memberikan informasi apa yang sedang dilakukan subjek. Predikat adalah kata kerja, kata bantu tobe, atau predikat juga berfungsi penjelas subjek. Berikut adalah contoh predikat dalam Bahasa Inggris:

Amanda and Joanna eat strawberry. John is driving his boat. We are working all the time.

Setiap cetak tebal dari contoh kalimat di atas merupakan predicate.

Object

Object adalah korban, atau dalam Bahasa Indonesia merupaka objek, berupa orang atau benda yang terkena tindakan subjek. Tidak semua verb atau kata kerja butuh objek. Akan tetapi, walaupun kalimatnya adalah transitive verb, terkadang memerlukan compliment sebagai penjelas kalimat. Perhatikan contoh berikut:

Joanna loves John. Amanda loves her new bag.

Sekarang, kamu sudah tahu materi apa saja untuk belajar grammar. Kamu juga harus tahu lebih banyak tentang langkah awal dalam mempelajarinya.

Langkah Awal Belajar Grammar

ICAN English merekomendasikan beberapa hal tentang grammar yang harus dikuasai sebagaimana penjelasan sebelumnya. Agar belajar bahasa Inggris, khususnya grammar lebih mudah, sebaiknya cobalah mempelajari pola dasar pada kalimat terlebih dahulu. Misalnya, mencoba belajar mencari subjek, predikat, verb, objek, dan juga lainnya.

Struktur kata dalam Bahasa Inggris berbeda dengan struktur kata dalam Bahasa Indonesia. Pada Bahasa Indonesia, tidak ada aturan struktur yang harus kamu pakai. Sedangkan pada Bahasa Inggris, terdapat penggunaan struktur yang disebut tenses dengan aturan main. Terdapat 16 tenses yang dapat kamu gunakan pemakaian katanya sesuai kondisi waktu.

Baca Juga:
Contoh Grammar Bahasa Inggris

Selain itu, agar kamu cepat menguasai grammar, cobalah membuat kalimat dalam Bahasa Indonesia. Lanjutkan dengan translate kalimat tersebut dalam bentuk Bahasa Inggris sesuai aturan tenses. Kamu bisa mempraktekkannya dengan mencoba buat pertanyaan lalu menjawabnya.

Cara berikutnya agar kamu semakin mahir grammar adalah dengan perbanyak latihan soal-soal grammar. Mengguasai soal grammar dapat meningkatkan kemampuan. Jadi, tidak ada salahnya beli buku soal latihan grammar kemudian menjawabnya sesuai pengetahuan yang telah kamu peroleh. Kemudian, lakukan review terkait apa saja materi grammar yang sudah kamu pelajari, dan cari dimana kelemahan kamu. Hal ini penting supaya bisa meningkatkan materi yang masih belum kamu kuasai.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi