Has Been dan Have Been: Aturan Penggunaannya

Has Been dan Have Been: Aturan Penggunaannya

Jika bertanya-tanya apakah tata bahasa kamu sudah benar dalam tentang has been dan have been, kamu dapat menggunakan penjelasan berikut untuk  menguraikan perbedaan antara kedua frasa kata kerja tersebut dan aturan penggunaannya.

Penjelasan tentang Has Been dan Have Been

Kata “Been” adalah past participle dari kata kerja tak beraturan “be”. Kata kerja biasanya dianggap sebagai kata kerja tidak beraturan jika bentuk lampau dan/atau past participlenya tidak dibentuk dengan menambahkan -ed atau -d di akhir bentuk akarnya. Hal ini berlaku pada “be”, karena bentuk past tense-nya adalah was/were dan past participle-nya adalah “Been”.

Baca Juga:
Penggunaan Kata Have To, Must, Dan Should

Bentuk Been dari Be

“Be” adalah salah satu contoh kata kerja tidak beraturan yang banyak berubah ketika dikonjugasikan ke dalam bentuk berbeda. Kata kerja be dikonjugasikan sebagai berikut:

  1. Be sebagai root/infinitive, contoh: They would like to be helpful.
  2. Am sebagai orang pertama, present tense, singular. Contoh: I am helpful.
  3. Is sebagai orang ketiga, singular, dan present tense. Contoh: Mr. Budi is helpful, and Mr. Sam is, too.
  4. Are sebagai orang kedua, singular, untuk semua present tense jamak. Contoh: Mr. Sam and Mr. Budi are both helpful.
  5. Was sebagai orang pertama dan ketiga, singular, untuk past tense. Contoh: Mr. Sam was helpful last week.
  6. Were sebagai orang kedua, singular, semua plural, bentuk past tense. Contoh: Mr. Sam and Mr. Budi were both helpful last week.
  7. Been, untuk bentuk participle. Contoh: Mr. Sam has been helpful.
  8. Being untuk present participle and gerund Contoh: Mr. Sam and Mr. Budi are being helpful. (present participle)

Sebagai past participle, “been” adalah bentuk yang digunakan dalam present perfect tense. Present perfect tense digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu tindakan telah terjadi di masa lalu dan berlanjut hingga saat ini.

Aturan Penggunaan Have Been dan Has Been

Present perfect tense menggabungkan past participle, yaitu “been” dengan have atau has bergantung pada apakah subjeknya adalah orang ketiga tunggal atau bukan. “Been” digunakan dengan subjek orang ketiga tunggal (termasuk they) dan “have been” digunakan dengan subjek lainnya.

Saat memutuskan antara has been dan have been, penting untuk menentukan subjek kalimat agar dapat mematuhi kesepakatan subjek-kata kerja. Berhati-hatilah terhadap hal-hal rumit seperti frasa preposisi dan subjek majemuk. Misalnya:

  • The box of books has been in your bedroom this whole time. Subjek dalam kalimat adalah box, sehingga sifatnya tunggal dan dipasangkan dengan has been.
  • Four books, three pens, and an erraser have been part of my journey for years. Dalam kalimat tersebut, terdapat sekumpulan subjek yaitu buku, pen, dan sebuah penggaris. Seluruh subjek tersebut sifatnya jamak, sehingga dipasangkan dengan have been.

Frase kata kerja has been berbeda dengan kata benda has-been, yang merupakan istilah informal untuk seseorang yang dianggap tidak lagi sebaik atau seefektif dulu.

Baca Juga:
Cara Belajar 16 Tenses dengan Mudah

Has been dan have been digunakan untuk fungsi tata bahasa penting lainnya. Keduanya dapat digabungkan dengan kata kerja present participle untuk membentuk present perfect continuous tense dari kata kerja tersebut, seperti contoh berikut:

  • Mr. Joko has been studying for hours.
  • Lisa and Jennie have been driving since this morning.

Cara Belajar Cepat Penggunaan Has Been dan Have Been

Dengan penjelasan di atas, kamu bisa membedakan kapan harus menggunakan has been dan have been. Agar lebih mudah dan cepat belajar penggunaan kedua kata kerja tersebut, sebaiknya buatlah kalimat sendiri sesuai kegiatan sehari-hari.

Baca Juga:
Penggunaan To Be dalam Bahasa Inggris

Jika ingin lebih mahir berbahasa Inggris, termasuk penggunaan has been ataupun have been, belajar di ICAN English. Ada banyak program tersedia untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dengan lebih efektif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web