penggunaan kata have to, must, dan should

Penggunaan Kata Have To, Must, Dan Should

Penggunaan kata have to, must, should mungkin sudah tidak asing dan sering digunakan untuk mengungkapkan beberapa hal umum. Namun, tahukah kamu bahwa penggunaan kata-kata tersebut memiliki perbedaan dari segi konteks dan fungsinya. Bagi kamu yang ingin belajar lebih bahasa inggris tentu perlu mengetahuinya.

Kata have to, must, dan should jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti yang serupa yakni harus. Selain itu, ketiga kata tersebut juga memiliki beberapa fungsi yang sama. Namun, meskipun begitu ketiga kata tersebut tidak bisa digunakan dalam konteks yang serupa. Ketika belajar bahasa Inggris, materi ini akan terus kamu pelajari karena memiliki peran penting ketika berbicara atau pun menulis.

Penjelasan Serta Contoh Penggunaan Kata Have To, Must, Should

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, kata have to, must dan should meskipun memiliki fungsi yang sama, tetapi dalam penggunaannya memiliki konteks yang cukup berbeda. Di bawah ini merupakan penjelasan serta contoh dari penggunaan kata have to, must, should yang wajib kamu ketahui dan pahami.

Baca Juga:
Mengenal Perbedaan Did dan Do

Untuk Menyatakan Kewajiban (Expressing Obligation)

Penggunaan kata have to, must, should yang pertama yaitu, untuk menyatakan suatu kewajiban atau expressing obligation. Pernyataan jenis ini merupakan salah satu fungsi yang dimiliki oleh kata must dan have to. Dalam penggunaanya kamu harus memperhatikan konteks penggunaanya.

Expression obligation untuk kata must digunakan untuk menyatakan suatu keharusan yang berasal dari si pembicara. Contohnya : I must see the owner of this restaurant (saya harus pergi ke pemilik rumah makan ini). Dalam kontek tersebut, si pembicara harus pergi menemui pemilik rumah makan dan sangat penting untuknya pergi menemui pemilik rumah makan tersebut.

Kemudian, untuk penggunaan kata have to, expressing obligation digunakan untuk menyatakan keharusan yang didasarkan pada situasi yang terjadi. Contohnya : I have to see the owner of this restaurant (saya harus pergi ke pemilik rumah makan ini). konteks tersebut menggambarkan tentang tidak ada orang atau situasi lain yang mengahruskannya pergi, melainkan diri sendiri.

Untuk Menyatakan Kepastian (Talking About Certainity And Probability)

Berikutnya, kata must dan should juga digunakan untuk menyatakan suatu kepastian atau talking about certainity and probability. Kamu bisa menggunakan kata must untuk mengungkapkan sesuatu yang kebenarannya sudah kamu yakini. Kemudian, gunakanlah kata should untuk mengungkapkan susuatu yang mungkin benar, tetapi tidak benar-benar yakin.

Contoh ungkapan yang menyatakan keyakinan menggunakan kata must : he must be very hungry. He hasnt eaten anything since this morning (dia (laki-laki) pasti sangat kelaparan. Dia tidak makan apapun sejak pagi tadi).

Kemudian, contoh ungkapan dengan kata should : they left house two hours ago. They should arrive at office by now (mereka berangkat dari rumah dua jam lalu. Mereka pasti sudah sampai di kantornya sekarang). Untuk menyatakan pernyataan bentuk negative, kamu bisa mengganti kata must dan should dengan kata cant atau couldnt.

Baca Juga:
Mengenal Penggunaan Verb 3 dan Contohnya

Untuk Menyatakan Pendapat (Giving Advice)

Terakhir, kata have to, must, should dapat digunakan untuk mengungkapkan dalam menyatakan pendapat atau giving advice. Dalam mengungkapkannya, ketiga kata ini memiliki perbedaan. Contoh, penggunaan giving advice untuk kata must, have to, should : you must/should/have to try eating seblak (kamu harus coba makan seblak.

Untuk penggunaan kata should pembicara terkesan lebih netral dalam mengungkapkan pendapatnya. Kemudian, untuk penggunaan kata have to dan must pembicara terkesan lebih antusias dalam memberikan saran, hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan oleh pengalaman pribadi si pembicara.

Sehingga, dapat disimpulkan kamu bisa menggunakan kata should untuk merekomendasikan sesuatu. Kemudian, kamu juga bisa menggunakan kata have to dan must untuk menyatakan pendapat yang lebih kuat seakan kamu ingin lawan bicaramu mengikuti saran tersebut.

Baca juga:
Perbedaan Should Dan Must Dalam Bahasa Inggris

Kesimpulan

Penggunaan kata have to, must, should memiliki perannya masing-masing dan cenderung cukup berbeda. Sehingga, penting untuk mengetahui tentang cara penggunaan dari kata-kata tersebut dengan tepat sesuai dengan konteks dan fungsinya.

Selain itu, jangan lupa untuk terus berlatih agar kamu lebih paham terkait konsep penggunaannya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi