ielts preparation online free - hacks for all students

IELTS Preparation Online Free – Hacks for All Students

Setiap tahunnya, terdapat jutaan pelajar mengambil tes IELTS. Mengetahui cara terbaik agar dapat memperoleh skor yang kamu inginkan dalam mengikuti tes IELTS juga tidaklah mudah diaplikasikan. Kamu perlu belajar IELTS preparation online free untuk semua sesi, termasuk sesi reading, listening, writing, dan speaking.

International English Language Testing System, disingkat IELTS merupakan tes berstandar internasional, menguji kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. Ujian ini berguna untuk non-native speakers, digunakan untuk studi di berbagai universitas. Atau, sertifikatnya berguna untuk bekerja di lembaga profesional hingga mengurus imigrasi di Amerika, Inggris, Kanada, Irlandia.

5 Tips Persiapan Belajar IELTS di Rumah

IELTS preparation online free membantu agar kamu bisa belajar empat modul yang akan diujikan, yaitu reading, writing, listening, dan speaking. Tujuannya untuk mengevaluasi pemahaman berbahasa inggris. Kamu bisa memilih IELTS Academic atau IELTS General Training, bergantung kebutuhan. Berikut adalah beberapa tips persiapan belajar IELTS di rumah yang bisa kamu lakukan sebelum ikut tes resmi:

1. Listening

Untuk melatih kemampuan mendengarkan, kamu bisa mendengarkan TED talks, podcast, atau berbagai lagu. Perhatikan detil kata, intonasi, cara berhenti, dan pengulangan yang digunakan.

Metode lainnya untuk belajar listening adalah dengan mendengarkan skrip teks untuk mempelajari pola dan ritme. Agar kemampuan listening semakin meningkat, cobalah dengan skimming langsung ke pertanyaan sebelum audio diputar dan latihan menulis jawaban sambil mendengarkan audio yang terus berbunyi.

Biasanya, dalam soal listening selalu ada nomor dan tanggal, atau informasi penting lainnya yang muncul dalam audio. Kamu bisa mencatat informasi penting tersebut untuk mempermudah menjawab soal.

2. Reading

Dalam melatih kemampuan reading, kamu bisa membiasakan diri membaca berbagai tulisan berbahasa inggris. Blog, koran, atau berita online bisa kamu baca agar melatih kemampuan memahami ide utama dalam tiap paragraf.

Selanjutnya, pelajari vocabulary, yaitu kosakata baru yang ada pada bacaan dengan cara mencatat. Kamu bisa mencari berbagai artikel IELTS untuk belajar vocabulary.

Baca Juga:
Alasan Ikut Belajar di IELTS Preparation Class

3. Speaking

Dalam bahasa inggris, terdapat empat skill yang harus kamu pelajari. Ketika belajar reading, kamu juga akan belajar tentang vocabulary dan struktur kalimat. Sehingga, akan meningkatkan kemampuan berbicara. Sama halnya ketika belajar grammar, maka kamu akan lebih mudah menjawab berbagai pertanyaan dalam tes IELTS.

Cobalah berkonsentrasi pada fixed expressions ketika belajar vocabulary. Kamu juga dapat mengidentifikasi dan menggunakan lebih banyak kata kompleks. Sehingga, kamu bisa mengungkapkan apapun secara personal dan lebih jelas. Jika butuh meningkatkan kemampuan pronunciation, kamu bisa mendengarkan audio atau nonton channel berita berbahasa inggris.

4. Writing

Mengetahui struktur tiap kriteria penilaian juga sangat penting jika kamu ingin berhasil dalam modul writing. Latihan secara rutin akan membantu meningkatkan pemahaman dalam berbagai tipe esai pada format IELTS. Kamu bisa memulai belajar writing dari menulis peta, proses, dan diagram. Atau, kamu juga dapat berlatih tentang menulis esai untuk mengungkapkan setuju atau tidak setuju, masalah, dan lainnya.

5. Latihan Belajar dibawah Tekanan

Latihan belajar dibawah tekanan waktu juga salah satu faktor yang dapat membantu memperoleh nilai tinggi dalam tes IELTS. Dengan belajar mengerjakan soal berbatas waktu, kamu jadi lebih waspada untuk mengatur waktu secara efektif, sehingga dapat meningkatkan peluang berhasil mengerjakan tes.

Misalnya, ketika mengerjakan IELTS writing, kamu bisa fokus pada task 2 terlebih dahulu, selesaikan dalam waktu 40 menit. Gunakan waktu 20 menit tersisa untuk writing task 1 dengan konsentrasi penuh pada ide kata kunci.

Baca Juga:
Ini Materi IELTS Speaking Practice

Bisakah Belajar IELTS Preparation Online Tanpa Tutor?

IELTS preparation online free tanpa tutor memang bisa kamu coba dengan memanfaatkan internet untuk sumber belajar. Tetapi jika kamu merasa sulit mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan dalam berbahasa inggris, maka kamu sebaiknya menggunakan bantuan tutor profesional, misalnya dengan mengambil kursus IELTS Preparation Class di ICAN English.

Lembaga kursus ini akan membantu agar kamu bisa belajar secara intensif, terarah, dan dengan fokus yang jelas untuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal IELTS. Kamu juga dapat memanfaatkan adanya mock tests, yaitu tes simulasi IELTS agar kamu bisa merasakan seperti apa gambaran tes IELTS resmi.

Sangat penting juga untuk menjawab semua pertanyaan walaupun kamu merasa tidak yakin. Tidak ada skor nilai yang akan dikurangi jika kamu memberikan jawaban yang salah. Agar kamu bisa mengukur kelebihan dan kekurangan dalam memahami bahasa inggris yang diujikan, kamu perlu mempelajari kembali pola dan tipe soal.

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara mempersiapkan diri dalam menghadapi soal IELTS dengan cara belajar online. Lakukan riset terkait empat sesi dalam tes tersebut, pelajari format dan silabus tes agar lebih mudah dalam menyelesaikannya. Ambil kursus ICAN English supaya kamu mendapatkan bantuan tutor profesional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web