ini informasi ielts exam score secara umum

Ini Informasi IELTS Exam Score Secara Umum

Apakah kamu perlu membuktikan kemampuan bahasa Inggris melalui ujian IELTS? Jadi tes IELTS  biasanya dibutuhkan untuk memperlancar proses studi ke negara yang menggunakan bahasa Inggris. Tes ini merupakan alat untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris kamu secara keseluruhan dan mengukur berbagai macam aspek dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Ada beberapa tes yang akan kamu dapatkan dari IELTS, mulai dari speaking, listening, reading, dan writing. Tes ini akan dilakukan dengan menggunakan beberapa aksen yang berbeda dalam bahasa Inggris, sehingga disarankan kamu benar-benar menguasai semua aksen dengan baik.

Jika tidak bisa menyelesaikan semua soal IELTS,  apakah akan gagal? Tentu saja tidak, sebab sistem penilaian dalam tes IELTS  tidak ada kata lulus atau gagal,  sebab semuanya menggunakan sistem skor. Semua akan dikembalikan sesuai dengan kebutuhan kamu, berapa skor yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri.

Ketahui Jenis Skor di Dalam Tes IELTS

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa dalam tes IELTS, tidak ada istilah lulus maupun gagal. Biasanya setiap perguruan tinggi di luar negeri telah menetapkan skor minimum untuk persyaratan pelajar internasional mendaftar. 

Nanti hasil untuk tes IELTS ini dibagi  menjadi 4 bagian, mulai dari writing, rading, listening, dan speaking. Sebagian besar perguruan tinggi meminta syarat dengan nilai sekitar 6.5 skor band, tetapi ada juga yang meminta dengan nilai 7. 

Baca Juga:
Pelajari Materi Ini Untuk IELTS Exam Practice

Masing-masing skor tersebut memiliki penilaiannya sendiri-sendiri, seperti berikut;

  • Skor band 9 (pengguna adalah ahli) – Memiliki perintah operasional penuh pada bahasa, dengan sesuai, akurat,  fasih,  dan memiliki pemahaman yang lengkap.
  • Skor band 8 (pengguna adalah sangat baik) – Memiliki perintah operasional penuh dengan bahasa, hanya  ketidakakuratan serta ketidaksesuaian yang kurang sistematis. Kesalahpahaman bisa menjadi situasi yang tidak dikenal, selain itu mampu menangani argumentasi rumit secara terperinci  dengan baik.
  • Skor band 7 (pengguna adalah baik) – Pengguna memiliki perintah operasional bahasa, sekalipun dengan ketidakakuratan, ketidaksesuaian dan kesalahpahaman yang sesekali dilakukan pada beberapa situasi. Secara umum pengguna bisa menangani bahasa yang rumit dengan baik dan memahami alasan dengan terperinci.
  • Skor band 6 (pengguna adalah kompeten) – Secara umum pengguna adalah seseorang yang memiliki penguasaan bahasa yang efektif, sekalipun  ada beberapa ketidakakuratan,  ketidaktepatan,  dan kesalahpahaman. Pengguna juga bisa menggunakan serta memahami bahasa yang cukup rumit, terutama dalam situasi yang biasa.
  • Skor band 5 (pengguna adalah sederhana) – Skor ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa sangat sederhana, memiliki sebagian perintah bahasa, mampu mengatasi makna secara keseluruhan dan sebagian besar situasi, sekalipun cenderung membuat banyak kesalahan. Pengguna juga bisa menangani  komunikasi dasar sesuai dengan bidangnya.
  • Skor band 4 (pengguna terbatas) – Pengguna  terbatas dalam menggunakan bahasa Inggris, biasanya kompetensi dasar bisa diatasi sesuai dengan situasi yang telah dikenal. Dalam skor ini pengguna juga memiliki masalah yang sering terjadi pada pemahaman serta ekspresi. Tidak bisa menggunakan bahasa yang rumit.
  • Skor band 3 (pengguna sangat terbatas) – Pengguna sangat terbatas untuk menyampaikan dan memahami,  mampu pada makna umum dalam situasi yang sangat akrab. Pengguna sering mengalami gangguan komunikasi.
  • Skor band 2 (pengguna terputus-putus) – Tidak ada komunikasi nyata yang dimungkinkan, kecuali untuk informasi paling dasar menggunakan kata-kata pendek dalam situasi yang akrab dan memenuhi keputusan mendesak. Pengguna memiliki kesulitan besar untuk memahami bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan.
  • Skor band 1 (bukan pengguna bahasa Inggris) – Pada dasarnya tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris.

Beberapa jenis skor tersebut harus kamu ketahui dengan baik, sehingga  bisa menargetkan ingin mendapatkan skor berapa dalam tes IELTS. Biasanya pihak kampus telah menentukan minimal skor yang harus didapatkan oleh pelajar internasional, sehingga kamu harus mendapatkan skor tersebut dengan persiapan yang matang.

Baca Juga:
Minimum IELTS Score for Singapore dan Cara Melampauinya

Bagaimana Skor akan Dihitung dalam IELTS?

Mungkin banyak juga yang penasaran bagaimana skor bisa dihitung dalam tes IELTS? Jadi skor  untuk tes IELTS academic maupun general training  akan dinilai dengan skala yang sama. Skor secara keseluruhan akan dihitung dengan mengambil skor rata-rata dari 4 materi tes,  yaitu  listening,  reading,  writing, dan  speaking. 

Nilai untuk setiap komponen sama-sama berbobot, sehingga skor keseluruhan akan dibulatkan atau mendekati  setengah band  terdekat.

Misalnya;

Apabila kamu berhasil mencapai nilai 6,5  untuk program writing, kemudian 6.5 untuk reading, untuk listening 7,0 dan speaking 5. 0. Maka bisa diketahui bahwa skor band keseluruhan anda 6.5 (caranya, jumlah semua skor, sehingga mendapatkan 25/4 maka hasilnya skor band 6.5)

Dengan begitu kamu sudah bisa mengetahui Bagaimana penilaian dalam tes IELTS dilakukan. Jika sudah memahami Penilaian dalam IELTS  dilakukan,  kamu bisa memberikan target untuk mendapatkan skor yang diinginkan.

Di dalam IELTS exam score tidak ada istilah gagal ataupun lulus. Apapun hasil dari ujian kamu, tetap saja mendapatkan nilai tetapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan persyaratan mendaftar di kuliah di luar negeri. Skor paling tinggi bisa didapatkan di band 9, sedangkan paling rendah band 1. Jadi kamu harus menyesuaikan, misalnya harus mendapatkan skor 7  untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Skor IELTS yang kamu dapatkan akan berlaku selama dua tahun, tanpa batasan berapa kali kamu dapat menggunakannya untuk belajar, bekerja, atau migrasi.

Baca Juga:
Cara Belajar IELTS Tanpa Les, Bisakah Maksimal?

Agar mendapatkan skor yang sesuai,  persiapan adalah bagian  paling penting. Kamu bisa mencoba mempersiapkan diri dengan program persiapan IELTS  yang ditawarkan oleh kursus bahasa Inggris terbaik dan profesional seperti ICAN English, di mana bisa memberikan metode pembelajaran yang berkualitas sehingga mempermudah kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web