Cara Belajar IELTS Tanpa Les, Bisakah Maksimal?

Cara Belajar IELTS Tanpa Les, Bisakah Maksimal?

Terdapat cara belajar IELTS tanpa les walaupun kemampuan Bahasa inggris kamu masih pas-pasan. Asal, kamu tidak takut belajar IELTS secara mandiri dan berani mencoba.

Dengan kemauan, ketekunan, niat, dan tekad bulat, kamu pasti dapat memulai belajar IELTS walaupun tanpa kursus di ICAN English. Tes ini sangat penting kalau kamu punya rencana mengurus beasiswa ke luar atau dalam negeri, atau berniat bekerja ke luar negeri.

Tips Belajar IELTS Tanpa Kursus

Berikut adalah beberapa cara belajar IELTS tanpa les yang bisa kamu pertimbangkan:

Baca Juga:
Apa Fungsi Sertifikat IELTS? Cari Tahu Di sini!

Kenali Tes

IELTS adalah tes Bahasa Inggris untuk memenuhi syarat daftar beasiswa atau melamar pekerjaan ke luar negeri. Terdapat dua jenis IELTS dan modulnya yaitu Academic IELTS dan General Training.

Academic adalah tes Bahasa inggris khusus bagi mereka yang melanjutkan studi luar negeri, baik menggunakan jalur beasiswa dan non beasiswa. Sementara General training merupakan tes Bahasa Inggris dikhususkan untuk mereka yang ingin kerja ke luar negeri.

Sistem penilaian IELTS adalah system band score. Sistem penilaian tersebut mulai dari band 0 sampai 9 skala 0.5.

IELTS memakai penilaian band 1 sampai band 7, dan band tersebut mempunyai makan khusus pada tes. Biasanya, standar beasiswa perguruan tinggi yaitu band 6.5.

Susun Jadwal

Cara belajar berikutnya agar kamu bisa menyelesaikan soal-soal IELTS tanpa kursus adalah dengan membuat jadwal target belajar. Dari sebuah studi menunjukkan bahwa kamu butuh waktu 220 jam untuk menaikkan satu skor tes tersebut.

Alokasikan waktu belajar tersebut sesuai kebutuhan studi per hari, yaitu selama 1-2 bulan belajar IELTS sesuai kemampuan awal dan target nilai yang ingin kamu capai. Contoh, pada simulasi awal tes, kamu memperoleh skor total 5,0. Sehingga jika ingin mendapatkan skor 7.0, kamu harus belajar 440 jam lagi, atau 10 jam per hari dalam waktu 1,5 bulan.

Menyusun jadwal belajar adalah dengan materi listening terlebih dahulu, kemudian reading, writing, dan speaking pada minggu pertama sampai keempat. Sedangkan minggu kelima dapat kamu isi untuk latihan IELTS simulation test pada berbagai buku IELTS per hari dan evaluasi hasil belajar.

Baca Juga:
Trik Belajar IELTS Secara Online

Tips Belajar Sebelum Tes IELTS

Cara belajar IELTS tanpa les memungkinkan agar kamu bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan memperoleh sertifikat. Namun, kesempatan untuk mendapatkan skor maksimal akan lebih bersar, jika kamu bergabung dalam kursus persiapan IELTS.

Baca petunjuk yang seringkali muncul pada tes listening dan writing. Kamu harus memperhatikan berapa jumlah kata yang diisyaratkan pada tiap tugasnya. Apabila tidak memenuhi syarat jumlah kata, kamu akan kehilangan nilai.

Buatlah strategi tepat dan efektif dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat melakukan tes. Dengan tes mendengarkan, tandai saja kata kunci yang dapat menolong kamu untuk fokus pada hal-hal penting. Agar kamu dapat menghemat waktu saat tes membaca, kamu bisa langsung lihat daftar pertanyaan. Tiap orang mempunyai strategi berbeda-beda, serta kamu wajib tahu strategi tepat pada diri sendiri.

Walaupun kamu bisa mencoba berbagai cara belajar IELTS tanpa harus ikut les, namun sebaiknya kamu ikut kursus di ICAN English. Biaya ikut tes IELTS resmi cukup mahal, sehingga agar bisa memperoleh skor sesuai harapan, persiapkan secara matang dan serius, salah satunya dengan ikut program kelas IELTS.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi