Cara Membuat Kalimat Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

Cara Membuat Kalimat Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

Membuat kalimat kata sifat dalam Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan cara sederhana. Kata sifat atau adjective mampu mengubah makna kalimat, bahkan secara signifikan. Misalnya, dalam kalimat my cat is running, maka nuansanya akan berubah jika kamu menambahkan kata sifat seperti my funny cat is running. Bahkan, maknanya juga akan terus berubah ketika diganti dengan kata sifat lainnya, seperti my grumpy cat is running.

Kata sifat adalah kata yang memodifikasi kata benda. Penambahan kata sifat memberi pembaca informasi yang lebih spesifik tentang warna, ukuran, bentuk, bahan suatu benda, dan banyak lagi.

5 Cara Membuat Kalimat Kata Sifat Bahasa Inggris

Dengan beragam jenis, bentuk, dan aturan penggunaannya, belajar kalimat kata sifat dalam Bahasa Inggris bisa menjadi elemen bahasa yang sulit dikuasai. Berikut adalah beberapa tips agar kamu bisa menguasai penggunaan kata sifat untuk membuat kalimat sendiri:

1. Noun + is + Adjective

Bahasa Inggris memiliki konstruksi kalimat kata sifat yang mudah dipahami. Untuk memulainya, kamu bisa menggunakan noun + is + adjective, seperti contoh berikut:

  • Joko is tall.
  • The restaurant is crowded.
  • Jatim Park is fun.
  • The leaves are brown.
  • Layla is small.

Jadi, sebelum kamu sibuk mempelajari kata sifat dalam segala bentuk, pelajari kata sifat tersebut dengan cara paling dasar. Mengetahui kata dalam bentuk yang paling sederhana akan mengurangi beban kognitif saat kamu mencoba mempelajarinya dalam segala bentuknya.

2. Gunakan dalam Kehidupan Nyata

Kata sifat memiliki banyak semangat. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat kalimat pujian seperti “You’re a good dog”, atau kalimat kritikan seperti “Naughty dog!”

Kata sifat pada dasarnya, digunakan untuk mendeskripsikan orang dan benda. Saat mengucapkan kata sifat, kamu akan menyampaikan penilaian terhadap sesuatu, seperti contoh berikut:

  • “I was talking with a beautiful strong woman.”
  • “The sky is blue.”
  • “Which girl were you talking to earlier?” “The short one from the office.”

Kamu bisa berlatih membuat kalimat dengan kata sifat dalam Bahasa Inggris dari hal-hal penting, seperti diri sendiri, keluarga, hewan peliharaan, pekerjaan, dan rumah pribadi. Dengan belajar kata sifat dari hubungan emosional membantu kamu mempelajari kata-kata sifat dengan lebih baik.

3. “I am not _____. I am _____.”

Kamu bisa menggunakan latihan ini untuk mempelajari kata sifat secara efektif, seperti contoh:

  • I am not rich. I am poor.
  • I am not Filipino. I am American.

Cara ini juga berguna untuk belajar adjective dan antonimnya. Hal ini juga akan membantu otak memberikan konteks linguistik pada kata-kata tersebut.

4. “This Is [Noun]. It Is [Adjective].”

Cara berikutnya untuk latihan kata sifat dalam Bahasa Inggris adalah dengan menunjuk pada sesuatu dan mengatakan apa itu. Kemudian, berikan deskripsi satu kata, seperti contoh berikut:

  • This is a television. It is old.
  • This is a dog. It is skinny.

Metode ini merupakan latihan pemula yang bagus. Kamu akan mengetahui apakah kamu sudah mengetahui kata benda tersebut dan apakah kamu dapat mengatakan sesuatu tentang benda tersebut.

5. Belajar Rutin

Ada beberapa kursus atau buku teks yang menyuguhkan materi kata sifat sekaligus. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menghafal daftar kata sifat sangat banyak.

Kata sifat adalah kata-kata yang kuat. Batasi beban kamu saat belajar, misalnya dengan sekitar 5 hingga 10 kali sehari. Pelajari beberapa, beri waktu untuk memahami, dan ulangi.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris
Fungsi Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Tips Meletakkan Kata Sifat dalam Kalimat Bahasa Inggris

Kamu telah belajar tentang membuat kalimat kata sifat dalam Bahasa Inggris. Sekarang, kamu bisa belajar letak atau posisinya dalam sebuah kalimat. Biasanya, kata yang mendeskripsikan  muncul sebelum kata benda, kata ganti, atau frasa kata benda yang ingin diubah, seperti contoh berikut:

A sunny day

Namun, dalam konteks kata ganti tak tentu (seseorang, sesuatu, siapa pun), deskriptornya muncul setelahnya, seperti contoh berikut:

  • Something magical
  • Something black

Terdapat predicative yang muncul setelah kata benda, fungsinya memodifikasi atau mengikuti kata kerja penghubung, seperti contoh berikut:

Susan looked pale.

Dengan mempelajari materi ini, sekarang kamu bisa mencoba berlatih membuat kalimat kata sifat dalam Bahasa Inggris lebih baik. Jika dalam waktu dekat kamu ingin lebih mahir berbahasa Inggris, ICAN English bisa menjadi tempat untuk mengikuti program kursus Bahasa Inggris yang efektif. Setiap kelas dirancang dengan mentor profesional, dengan kurikulum yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan belajar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.