penjelasan kata keterangan dalam bahasa inggris

Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris

Kata keterangan dalam bahasa Inggris atau disebut juga sebagai adverb merupakan kata yang menjelaskan lebih detail dari verb (kata kerja), adjective (kata sifat), dan bentuk adverb lainnya. Selain itu, terdapat beberapa kata keterangan yang dapat memodifikasi frasa, klausa, hingga memodifikasi keseluruhan kalimat dalam bahasa inggris.

Adverb digunakan ketika kamu hendak menjelaskan suatu informasi dengan lebih detail sesuai dengan tujuan dari suatu kalimat. Adverb tidak selalu muncul di semua kalimat berbahasa inggris, karena secara struktur adverb hanya sebagai tambahan saja. Meskipun demikian, kamu tetap harus mengetahui informasi seputar adverb untuk lebih ahli dalam bahasa inggris.

Kata Keterangan Dalam Bahasa Inggris Dan 8 Jenisnya

Terdapat berbagai jenis kata keterangan dalam bahasa inggris yang memiliki fungsi berbeda-beda. Secara umum, kata keterangan tersebut digolongkan menjadi delapan jenis. Untuk lebih memahami berbagai jenis kata keterangan tersebut, kamu bisa melihat penjelasan di bawah ini.

1. Adverb Of Time

Kata keterangan dalam bahasa inggris pertama yaitu kata keterangan waktu atau adverb of time. Jenis kata keterangan ini merupakan yang paling sering digunakan dalam tenses. Adverb of time  merupakan keterangan waktu yang menjelaskan terkait kapan atau berapa lama suatu tindakan terjadi dalam sebuah kalimat.

Kata keterangan waktu dalam bahasa inggris biasanya menjawab bentuk pertanyaan when dan how long. Selain itu, kata juga bisa disimpan di awal maupun di akhir kalimat bahasa inggris.

2. Adverb Of Manner

Bentuk kata keterangan selanjutnya yaitu, adverb of manner atau kata keterangan yang menjelaskan terkait bagaimana sesuatu dapat terjadi atau merupakan jawaban dari pertanyaan how. Bentuk adverb ini juga cukup mudah untuk dikenali, karena biasanya diakhiri kata selalu disisipkan kata “ly” meskipun tidak semuanya. Misalnya, happily, sadly, slowly, quickly, dan masih banyak lagi.

3. Adverb Of Degree

Adverb of degree merupakan suatu kata keterangan yang dapat digunakan untuk memberi tahu seseorang mengenai suatu tingkatan atau intensitas suatu hal yang terjadi. Intensitas yang dimaksud yakni merujuk pada seberapa banyak atau sejauh mana sesuatu dilakukan.

Secara umum, kamu bisa menyisipkan adverb of degree di pertengahan kalimat, sebelum verb atau adverb bentuk lain. Selain itu, adverb of degree juga disimpan setelah adjective jika yang membutuhkan keterangannya berupa kata sifat.

4. Adverb Of Modality

Kata keterangan dalam bahasa Inggris berikutnya yaitu, adverb of modality yang menjelaskan tentang tingkatan suatu harapan atau keyakinan. Adapun, bentuk adverb ini biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan how do you feel, what do you feel, dan what is your feel atau menanyakan terkait apa yang dirasakan.

Kata keterangan ini biasanya digunakan di awal atau di tengah kalimat. Misalnya, she doesnt come to my party, maybe she was tired of her exam (dia tidak datang ke pestaku, sepertinya dia kelelahan karena ujian).

Baca Juga:
Tambahan Kata S dalam Bahasa Inggris

5. Adverb Of Frequency

Selanjutnya, adverb of frequency merupakan bentuk kata keterangan yang menjelaskan seberapa sering sesuatu dilakukan atau terjadi. Bentuk adverb ini juga digunakan untuk menunjukan kegiatan harian yang dilakukan di masa sekarang atau lampau.

Kata keterangan ini dibagi menjadi dua yakni, definite atau keterangan yang menjelaskan suatu peristiwa dengan lebih spesifik. Kemudian, indefinite yang menjelaskan suatu peristiwa secara lebih sederhana dan tidak spesifik.

6. Adverb Of Place

Seperti namanya, kata keterangan ini digunakan untuk menjelaskan suatu tempat dimana peristiwa terjadi. Adverb of place sangat sering digunakan dalam kalimat bahasa inggris. Adapun, jenis kata keterangan ini digunakan untuk menjawab bentuk pertanyaan where untuk tiga fungsi seperti lokasi (location), arah (direction), atau jarak (distance).

7. Adverb Of Purpose

Berikutnya, ada adverb of purpose yang merupakan kata keterangan untuk menunjukan tujuan atau alasan mengapa suatu peristiwa terjadi atau dilakukan. Bentuk kata keterangan ini juga kerap kali disebut dengan adverb of reason atau kata keterangan alasan. Jenis kata keterangan ini digunakan untuk menjawab pertanyaan bentuk why atau mengapa.

8. Adverb Of Focus

Terakhir, yaitu adverb of focus atau dikenal juga dengan sebutan focusing adverb. Kata keterangan ini digunakan untuk menarik perhatian ke bagian tertentu dari suatu klausa. Dengan kata lain kata keterangan ini digunakan untuk menekankan fokus atau maksud dari suatu kalimat. Jenis adverb ini dibagi lagi menjadi untuk membatasi, menambahkan, atau sebagian membatasi informasi.

Materi yang satu ini perlu kamu pelajari dengan baik karena menjadi salah satu materi penting dalam bahasa Inggris. Materi ini sangat penting untuk membentuk kalimat secara utuh. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English bisa membantu kamu memahami berbagai materi bahasa Inggris secara lengkap.

Baca Juga:
Mengenal Adverb of Manner dalam Bahasa Inggris

Penutup

Itulah jenis-jenis kata keterangan dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Pastikan untuk menggunakan kata keterangan tersebut sesuai dengan maksud dan tujuan dari kalimat yang dituliskan. Meskipun tidak semua kalimat mengandung adverb, tetapi jika kamu hendak menjelaskan secara terperinci sebaiknya

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi