Kursus TOEFL terbaik

Rekomendasi Kursus TOEFL Terbaik

Apr 14, 2022 | TOEFL

Apabila kamu sedang membutuhkan sertifikat TOEFL untuk melamar pekerjaan atau mendaftar kuliah, maka kamu harus daftar kursus TOEFL terbaik. Sertifikat yang kamu peroleh dari lembaga kursus bisa membantu untuk mengurus LPDP, melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan multinasional, melamar di BUMN, dan bahkan untuk seleksi CPNS.

Jika kamu harus mendapatkan skor tinggi ketika ikut tes, kamu membutuhkan berbagai kelas persiapan tes TOEFL. Akan tetapi, dari begitu banyak pilihan tempat kursus, maka kamu tidak boleh salah pilih penyedia kursus sehingga kamu tidak membuang-buang biaya.

Baca Juga: TIPS MEMILIH KURSUS PERSIAPAN IELTS DI JAKARTA

Cara Pilih Tempat Kursus TOFL Terbaik

Supaya lebih jelas tentang tes TOEFL, jenis tes yang tepat dan cara pilih tempat kursus TOEFL, maka ada beberapa tips yang harus kamu lakukan sebagaimana berikut:

1. Pahami Jenis TOEFL

Tujuan tes TOEFL adalah untuk menguji kemahiran berbahasa Inggris supaya kamu bisa menggunakan sertifikat tes tersebut untuk mendaftar ke universitas di luar negeri. Tes TOEFL dibagi dalam beberapa jenis. Tedapat dua tes TOEFL yang paling populer yaitu TOEFL PBT atau Paper Based Test, dan TOEFL IBT yaitu Internet Based Test.

Sebutan lain dari jenis TOEFL PBT yaitu TOEFL ITP atau Institutional Testing Program. Jenis TOEFL tersebut menggunakan multiple choice atau pilihan ganda. Berbeda dengan TOEFL IBT yang memakai format essay untuk menguji kemampuan menulis.

TOEFL ITP atau PBT adalah jenis yang paling sering dipakai perusahaan dan perguruan tinggi Indonesia. Fungsinya untuk memenuhi syarat dokumen ketika kamu ingin mengajukan beasiswa atau melamar pekerjaan. Pada TOEFL ITP terdapat tes yang menguji tiga skill dalam format multiple choice atau pilihan ganda. Harga tes ini lebih terjangkau jika kamu bandingkan dengan jenis TOEFL IBT ataupun tes IELTS. Durasi waktu tes yaitu 2 jam dengan skor TOEFL ITP mulai 310 hingga 677.

Ada juga tes TOEFL IBT, kamu bisa mengikutinya secara online karena memang namanya adalah Internet Based Test. Fungsinya untuk mengurus syarat studi lanjut S2 atau S3 ke luar negeri, seperti di Amerika ataupun di Kanada. Terdapat empat skill yang diujikan dengan durasi tes selama 4 jam. Skor TOEFL IBT mulai dari 0-120.

2. Kualitas Pembelajaran

Cara berikutnya untuk mulai mencari tempat kursus TOEFL terbaik adalah dengan memperhatikan kualitas pembelajaran. Penyedia kursus harus mempunyai pengalaman lebih dari lima tahun. Hal ini penting sebagai tolak ukur apakah tempat tersebut sudah menjadi tempat rekomendasi yang melayani banyak pelajar.

Kualitas pembelajaran juga bisa kamu lihat dengan informasi Google Review. Gunakan Google Maps untuk membaca review dari para pengguna jasa kursus tersebut. Atau, cari tahu metode pembelajaran yang ditawarkan di lembaga pilihan. Misalnya, metode pembelajaran jarak jauh harus benar-benar interaktif menggunakan live ZOOM, bukan video rekaman.

Rekomendasi supaya kamu bisa menemukan tempat kursus TOEFL profesional adalah menggunakan berbagai soal akurat, sudah sesuai standar ETS Amerika.

3. Fasilitas

Cara terakhir untuk mencari tahu apakah lembaga kursus TOEFL pilihan kamu benar-benar terbaik yaitu dari fasilitasnya. Contoh, kamu bisa mencari tahu profil tenaga pengajar di lembaga tersebut, apakah sudah berpengalaman, apakah ramah, dan profesional serta sejauh apa kemampuannya dalam menguasai TOEFL, dibuktikan dengan sertifikat yang mereka miliki.

Fasilitas lainnya yang harus kamu cari tahu yaitu Placement Test, Post Test, Sertifikat TOEFL, E-book Materi, Group WhatsApp, Workbook Soal-Soal, dan juga materi interaktif lainnya seperti video.

Baca Juga: HARGA UNTUK KURSUS PERSIAPAN TOEFL

Estimasi Biaya Tes TOEFL

Sekarang, kamu sudah punya referensi tentang tempat kursus TOEFL terbaik. Berikutnya, kamu wajib tahu berapa estimasi biaya yang harus kamu keluarkan dalam mengikuti tes TOEFL. Terdapat dua jenis sertifikat TOEFL, sertifikat resmi TOEFL ITP langsung dari ETS Amerika dikeluarkan oleh IIEFF Jakarta, juga seritfikat TOEFL-Like atau TOEFL Prediction dari berbagai lembaga kursus yang kamu percaya.

Namun, sebagai persiapan, kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di lembaga kursus berpengalaman agar bisa mendapatkan skor tinggi, mengingat harga TOEFL yang cukup mahal. Jadi, kamu tak perlu mengulangnya lagi.

Biaya mengikuti tes TOEFL ITP resmi sebesar Rp 500.000, hingga Rp 650.000, bergantung pada harga di wilayah penyelenggara. Sedangkan untuk TOEFL Prediction, kisaran biaya yaitu Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Sedangkan untuk jenis IBT, biaya yang harus kamu keluarkan bisa mencapai Rp 3 juta.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH