Tips Belajar TOEFL untuk Beasiswa Luar Negeri

Tips Belajar TOEFL untuk Beasiswa Luar Negeri

Salah satu sertifikasi kecakapan Bahasa Inggris adalah Test of English as a Foreign Language (TOEFL). TOEFL memiliki tiga jenis ujian, yaitu PBT (Paper-based Test), CBT (Computer-based Test), dan IBT (Internet-based Test). Dari ketiga jenis ujian ini, PBT dan IBT sering digunakan sebagai tes TOEFL untuk beasiswa luar negeri.

Bagi yang berencana melanjutkan pendidikan luar negeri, meraih skor TOEFL yang baik adalah prioritas utama. Untuk mencapai tujuan tersebut, persiapan TOEFL yang matang sangatlah penting.

5 Cara Belajar TOEFL Untuk Beasiswa di Luar Negeri

Berikut adalah lima hal penting dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti TOEFL.

Baca Juga:
Persiapan Penting Sebelum Tes TOEFL

1. Dedikasikan 2 Jam Setiap Hari

Meluangkan waktu minimal 2 jam setiap hari belajar TOEFL untuk beasiswa luar negeri adalah langkah penting. Jika kamu memiliki pekerjaan atau kegiatan sekolah, aturlah jadwal belajar sesuai dengan waktu paling efektif, di pagi, siang, atau malam hari.

Selama seminggu, alokasikan waktu setiap 2 hari untuk fokus pada keterampilan mendengarkan (listening), membaca (reading), dan struktur tata bahasa (grammar). Pada hari ketujuh, lakukan evaluasi diri untuk melihat kemajuan yang telah dicapai.

2. Manfaatkan Latihan Soal

Jika kamu belum terlibat kelas persiapan TOEFL, jangan khawatir. Ada banyak sumber belajar yang dapat kamu pilih sesuai preferensi. Kamu dapat menggunakan buku latihan soal TOEFL yang bisa dipinjam atau dibeli.

Selain itu, ada pula situs daring yang menyediakan soal latihan secara gratis. Semakin sering berlatih, semakin terampil kamu dalam mengerjakan soal TOEFL.

3. Perluas Kosakata

Seringkali, pertanyaan yang muncul adalah, “Dari mana sebaiknya memulai untuk memperkaya kosakata?” Kamu bisa memulainya dengan contoh soal reading TOEFL.

Berlatih menerjemahkan beberapa bagian dari suatu bacaan (passages) dapat membantu memperluas kosakata sambil memahami artinya. Jadi, tujuannya bukan hanya menghafal, tapi memahami penggunaan kosakata tersebut.

4. Pahami Kelas Kata Dasar

Selanjutnya, pelajari kelas kata (part of speech) dalam bahasa Inggris, seperti kata kerja (verb), kata keterangan (adverb), hingga kata benda (noun). Materi ini membantu meningkatkan kelancaran saat mengerjakan soal struktur atau tata bahasa.

Saat ini, informasi mengenai struktur atau tata bahasa dapat dicari melalui mesin pencari seperti Google. Ada banyak materi pembelajaran parh of speech yang dapat kamu manfaatkan.

5. Latihan Listening dari Film dan Lagu

Belajar mendengarkan bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan dengan cara menonton film atau mendengarkan lagu. Kegiatan santai ini tidak hanya menghibur, tetapi juga membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris. Kamu dapat memperhatikan percakapan dalam film berbahasa Inggris untuk keterampilan mendengarkan.

Jika daya konsentrasi kamu cukup baik, cobalah mencatat lirik lagu berbahasa Inggris saat sedang diputar atau mendengarkan e-book. Cara ini membantu melatih konsentrasi dan memperkuat pemahaman bahasa Inggris.

Baca Juga:
Mengenal Sistem Scoring TOEFL

Cara Meningkatkan Kemampuan TOEFL untuk Beasiswa Luar Negeri

Kunci keberhasilan menghadapi tes TOEFL untuk beasiswa luar negeri adalah dengan memiliki disiplin terhadap diri sendiri. Selain itu, mengikuti kelas persiapan TOEFL di berbagai lembaga kursus memberikan pengalaman tambahan dan kesempatan bertemu teman baru.

Seringkali, peserta tes terlalu percaya diri dan tidak melakukan persiapan memadai sebelum mengikuti tes. Padahal tes TOEFL berbeda dengan tes berbasis kertas atau tes online. Tes ini memiliki format dan antarmuka yang khusus.

Jika tidak melakukan “check readiness” atau mempersiapkan diri dengan format tes TOEFL, peserta mungkin menghadapi kesulitan menjawab soal karena tidak beradaptasi. Luangkan waktu mengakses tes simulasi online, membaca petunjuk dengan seksama, dan familiar dengan antarmuka sebelum tes.

Baca Juga:
Jenis TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri

Buat kesempatan ikut tes TOEFL untuk beasiswa luar negeri jadi lebih mudah tercapai dengan ikut TOEFL Preparation ICAN English. Kamu akan mendapatkan pengalaman belajar intensif. Selama belajar, terdapat tutor yang akan mendampingi supaya kamu bisa meningkatkan kemampuan mengerjakan tes TOEFL dengan tepat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web