Tips dasar belajar bahasa Inggris

Tips Dasar Belajar Bahasa Inggris

Mei 17, 2022 | Bahasa Inggris

Saat belajar apapun, kamu pasti akan memulainya dari tingkat dasar. Ada beberapa tips dasar belajar bahasa inggris untuk memudahkan pembelajaran bentuk kalimat dari yang sederhana sampai yang lebih kompleks.

Tingkatan belajar Bahasa inggris dimulai dengan belajar grammar, dan pada tingkat lebih kompleks yaitu belajar percakapan. Mempelajari dari dasar akan membantu supaya kamu lebih paham dengan materi tingkat selanjutnya.

Baca Juga: REFERENSI BUKU BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK PEMULA

Dasar-dasar Bahasa Inggris Yang Harus Dipelajari

Tidak mudah belajar Bahasa inggris jika pemahaman dasar kurang baik. Berikut adalah apa saja dasar belajar Bahasa inggris yang harus kamu pahami:

1. Tenses

Tenses adalah bagian dasar untuk menguasai Bahasa Inggris. Bentuk kata kerja tersebut berguna saat ingin menunjukkan kondisi waktu terjadi sebuah kejadian atau peristiwa. Tenses adalah elemen penting karena berhubungan dengan masa lalu, masa kini, masa sekarang, dan masa mendatang.

Materi dasar ini biasanya muncul pada bab pertama buku belajar Bahasa Inggris, sehingga jika bisa menguasainya, maka kamu sudah paham sebanyak 60% pelajaran Bahasa inggris. Terdapat 16 tenses yang harus kamu pelajari.

2. Listening

Listening juga menjadi bagian penting sebagai tips dasar belajar bahasa inggris. Skill atau ketrampilan mendengarkan kosakata pada kalimat Bahasa inggris ini modal penting supaya kamu terbiasa mendengar berbagai istilah Bahasa inggris.

Keterampilan mendengarkan juga akan membuat kamu mudah paham ketika ada orang yang berbicara Bahasa inggris. Untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan, maka harus belajar sedikit demi sedikit minimal 10-15 menit setiap hari.

3. Reading

Jika kamu sudah menguasai listening, maka dasar belajar Bahasa inggris berikutnya yaitu reading atau membaca. Bacaan teks atau kalimat Bahasa inggris sangat banyak seperti descriptive text atau procedure text. Kemampuan membaca sangat penting agar kamu bisa memahami struktur kata dalam Bahasa Inggris.

Dari kegiatan reading, kamu juga dapat meningkatkan kemampuan lainnya seperti kosakata baru. Untuk memulainya, cobalah dengan rajin belajar membaca buku cerita anak yang menggunakan kosakata sederhana.

4. Writing

Writing atau menulis adalah apa yang harus kamu pelajari kalau sudah mempunyai peningkatan belajar listening dan reading. Dengan writing, kamu jadi lebih paham seberapa jauh kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki, termasuk dari segi tata Bahasa, kosa kata, menulis kalimat aktif, menulis kalimat pasif, dan lainnya.

Salah satu teknik belajar writing dari dasar dalam Bahasa inggris adalah banyak baca buku grammar dan belajar membuat kalimat Bahasa inggris yang sederhana. Lakukan latihan setiap hari dengan rutin menulis aktivitas harian dalam Bahasa Inggris.

5. Speaking

Dasar belajar Bahasa inggris berikutnya yaitu speaking apabila semua empat skill di atas telah kamu pelajari. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah berbicara sendiri.

Ini merupakan cara paling dasar, atau cobalah dengan mencari partner saat belajar. Selain aktivitas tersebut, kamu bisa nonton dialog Bahasa inggris. Bahkan kamu juga bisa langsung gabung di kelas ICAN English kalau ingin meningkatkan skill speaking.

Baca Juga: TRIK BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK PEMULA

Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri dari Dasar

Sekarang, kamu sudah mencoba belajar Bahasa inggris dari dasar, salah satunya dengan ikut les bahasa Inggris di ICAN English. Ada banyak materi yang bisa kamu pilih sesuai tujuan dan kebutuhan belajar.

Kalau sedang d rumah, ada banyak tips dasar belajar bahasa inggris dari hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan. Contoh, kamu bisa mulai mengubah setting atau pengaturan Bahasa pada ponsel. Ganti dari Bahasa Indonesia menjadi Bahasa inggris. Dengan cara mendasar ini, kamu akan terbiasa membaca kata-kata Bahasa inggris dari barang pribadi tersebut.

Cara lainnya yaitu dengan mengisi waktu luang untuk belajar Bahasa inggris melalui games. Ada banyak games menyenangkan sekaligus bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu. Selain scrabble, kamu juga wajib coba games find words dan Hangman.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH