Latihan tes IELTS

Kesalahan Saat Latihan Tes IELTS, Wajib Dihindari!

Jun 23, 2022 | IELTS

International English Language Testing System atau IELTS adalah tes bahasa Inggris menggunakan standar internasional dan sudah ada sejak 1989. IELTS dibagi menjadi 3 versi, seperti IELTS Academic, di mana tes tersebut digunakan untuk melanjutkan pendidikan universitas yang berbahasa Inggris. Latihan tes IELTS bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan diri menghadapi tes ini.

IELTS General, tes digunakan untuk mencari pekerjaaan di negara yang menggunakan bahasa Inggris, dan IELTS for UKVI dalam daftar Secure English Language Test dan digunakan untuk mengurus visa serta imigrasi. Jadi masing- masing tujuan IELTS ini berbeda-beda ya.

Baca Juga: TIPS UNTUK LATIHAN TES IELTS ONLINE

Untuk bisa menghadapi tes IELTS, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik dan mempertimbangkan apakah teks tersebut menggunakan basis komputer atau tertulis. Hati-hati dalam mempersiapkan diri sebab ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta ketika latihan tes IELTS.

Kesalahan Ketika Latihan Tes IELTS

Ada banyak kesalahan yang tidak disadari oleh para peserta ketika mereka sedang latihan tes IELTS. Kesalahan tersebut bisa membuat kamu kamu tidak bisa mendapatkan yang sesuai loh. Misalnya seperti berikut ini;

Fokus dengan Soal Tes Tanpa Peduli Kemampuan Bahasa

Biasanya para siswa lebih fokus mengerjakan berbagai macam soal-soal latihan IELTS  dibandingkan meningkatkan kemampuan berbahasa. Padahal fungsi tes ini adalah mengukur kemampuan kamu menggunakan bahasa Inggris. Jadi meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah hal utama.

Ketika kamu sedang menghadapi tes IELTS, konten yang akan dihadapi ini tidak bisa diprediksi. Kamu diharapkan mampu menguasai topik yang bervariasi, sehingga kesempatan untuk bereksplorasi lebih besar. Pengetahuan kosakata luas dan kemampuan untuk menggunakan struktur kalimat yang kompleks serta fleksibel menjadi bagian penting dalam tes IELTS. 

Jadi lebih disarankan untuk menggunakan institusi yang bisa membantu dalam perkembangan bahasa Inggris serta menyusun strategi lolos tes IELTS. Kamu bisa bergabung dengan ICAN English yang membantu mempersiapkan diri menghadapi IELTS tanpa ada kesalahan. Dengan mengikuti kursus persiapan IELTS, kamu bisa mendapatkan nilai IELTS yang diinginkan.

Tidak Mencari Informasi Format Tes dan Batasan Waktu

Ketika sedang latihan untuk menghadapi tes IELTS pastikan bahwa kamu sudah mencari informasi dan memahami format tes serta batasan waktu. Hal ini adalah bagian penting yang harus diketahui dan dipersiapkan sejak awal sebab bisa membantu mengidentifikasi keunggulan serta kelemahan kamu.

Sebelum berlatih, memahami format tes dengan cara membiasakan diri meninjau konten tes serta pertanyaan dan jenis pada tiap bagian. Lakukan persiapan dengan menerapkan batasan waktu, sehingga kamu terbiasa dengan ritme tes. 

Tidak Meningkatkan Kemampuan Kosakata

Kosakata adalah kunci sukses dalam kemahiran berbahasa. Jika kamu membaca maupun mendengar percakapan dalam bahasa Inggris, cobalah untuk membuat daftar kosakata yang belum diketahui atau dipahami.

Kamu bisa mencari kosakata tersebut dari internet atau kamu sehingga bisa memastikan menulis ejaan dengan benar dan maknanya tepat. Kamu juga bisa mencatat sinonim atau mendefinisikan singkat dari kata-kata tersebut. 

Gunakan kata-kata tersebut dalam tulisan maupun komunikasi sehari-hari agar lebih terbiasa. Kemampuan kosakata akan membantu kamu lebih mudah mengerjakan dan memahami soal-soal tes IELTS. 

Tidak Mengambil Kursus 

Sebagian orang merasa percaya diri mampu menyelesaikan tes IELTS tanpa mengikuti kursus. Dengan belajar otodidak, kesempatan untuk lulus tes ielts dengan skor yang diinginkan memang mungkin terjadi. Namun agar latihan lebih sempurna, disarankan kamu mengikuti kursus untuk menghadapi  tes IELTS.

Saat ini banyak tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan pilihan belajar untuk membuat kamu siap menghadapi tes IELTS dengan baik. Nah, ICAN English bisa jadi pilihan tepat untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum menghadapi tes IELTS ya.

Baca Juga: WEBSITE UNTUK LATIHAN TES IELTS

Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Tes IELTS

Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi dan umum dilakukan oleh peserta tes IELTS. Sehingga membuat mereka tidak bisa lulus dengan skor yang diinginkan. Nah, berikut ini kesalahan yang sering terjadi ketika tes IELTS seperti berikut ini;

Tidak Memahami Instruksi dengan Jelas

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh para peserta tes IELTS adalah tidak memahami instruksi dengan jelas. Tes ini memiliki pertanyaan dan instruksi masing-masing sehingga banyak peserta yang kadang melompat untuk menjawab pertanyaan tersebut tanpa membaca dengan jelas instruksi yang diberikan.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh para peserta ujian yang mengejar waktu agar bisa menyelesaikan tes tersebut, namun nyatanya sikap mereka yang terburu-buru justru mendorong jatuh dalam kegagalan. 

Tidak Percaya Diri dengan Aksen

Kesalahan lain yang sering dilakukan ketika menghadapi tes bahasa Inggris yang satu ini adalah kurang percaya diri dengan aksen. Karena banyak peserta yang kurang percaya diri terhadap logat kental bahasa daerah mereka, sehingga mereka berpikir bahwa percakapan bahasa Inggris terdengar aneh dan tidak sebagus yang ada di film. 

Mereka kurang percaya diri dan biasanya mencoba lebih keras dan terlalu berlebihan, justru hal tersebut membuat pengucapan bahasa Inggris menjadi lebih aneh. Sebenarnya IELTS tidak melihat logat kamu, sebab tes ini fokus pada 4 Speaking Rubrics, yaitu Pronunciation, Fluency, Vocabulary, dan Accuracy. 

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika latihan tes IELTS. Jangan sampai mendapatkan kesalahan kemudian gagal pada tes. Untuk mendapatkan kesempatan latihan tes tersebut dengan sempurna, kamu bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris berkualitas seperti ICAN English.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus IELTS di Bekasi

Pilihan Kursus IELTS di Bekasi

IELTS merupakan tes ujian berbasis bahasa Inggris untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui secara global. Pasalnya, ujian ini memiliki tingkatan yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan tes lainnya. Sehingga diperlukan belajar yang ekstra seperti kursus. Salah...

Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara belajar IELTS dalam 3 bulan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti latihan percakapan, menulis, dan mendengarkan berbagai kosa kata dalam berbagai aksen bahasa Inggris. Terdapat pula berbagai metode yang bisa kamu lakukan dalam mempelajari IELTS dalam...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH