Verb untuk masa depan

Macam Verb untuk Masa Depan

Feb 16, 2022 | Bahasa Inggris

Verb untuk masa depan adalah pembahasan terkait future tense. Untuk menyatakan dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan berbagai cara berbeda. Future tense tidak dapat kamu gunakan untuk menyatakan hal-hal setelah saat ini tetapi juga bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan sikap yang akan kamu lakukan di masa depan.

Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kamu membuat janji dengan seseorang. Misalnya, kamu akan menemui seorang teman besok pada pukul 10 pagi. Dalam bahasa Inggris, hal seperti ini sudah termasuk dalam penggunaan verb untuk masa depan. Sehingga bisa dibuat kalimat future tense sebagai berikut:

  • I will meet my friend tomorrow morning at 10 o’clock – Saya akan bertemu teman saya besok pagi jam 10.

Apabila kamu ingin mengungkapkan suatu hal dalam bahasa Inggris yang ditujukan untuk hal-hal di masa depan, maka kamu harus memperhatikan pola kalimat dan juga penggunaan kata kerja atau verb. Berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu simak terkait penggunaan verb di masa depan dalam kalimat bahasa Inggris:

Baca Juga: MACAM VERB UNTUK MASA LAMPAU

Penggunaan Simple Future Tense

Simple future tense dapat kamu gunakan untuk semua hal terkait peristiwa atau fakta maupun Kepastian yang terjadi setelah sekarang. Gunakan simple future tense tanpa adanya sikap sebagaimana contoh berikut:

  • Joanna will pay for our launch tomorrow – Joanna akan membayar makan siang kita besok (Keputusan spontan)
  • Tom will come here to guide you – Tom akan datang kesini untuk memandumu (Kerelaan)
  • John won’t leave until he have seen you! – John tidak mau pergi sebelum melihat kamu (Ketidakrelaan)
  • Will you join us? – Maukah kamu bergabung bersama kami? (Mengundang)

Dari semua contoh kalimat di atas, adalah untuk kejadian setelah saat ini atau di masa depan. Sebagaimana yang kamu pelajari, semua verb yang digunakan dalam kalimat di atas adalah verb 1. Ketika belajar bahasa Inggris, hal ini perlu kamu perhatikan mengingat tenses adalah materi dasar bahasa Inggris.

Baca Juga: CONTOH IRREGULAR VERB BAHASA INGGRIS

Penggunaan Future Continuous Tense

Kamu suka membayangkan sesuatu yang akan terjadi di masa depan? Cobalah untuk membuat kalimat Bagaimana kamu membayangkan dirimu sendiri di masa depan dengan menggunakan verb 1 pada pola future continuous tense sebagaimana contoh berikut:

  • This time next year, I will be studying in the University of Oxford – Pada waktu ini, tahun depan, aku pasti sedang belajar di Universitas Oxford.
  • Just think, next Sunday, we will be working in the multinational company – Cuman lagi berpikir, besok Senin kita akan bekerja di sebuah perusahaan multinasional.

Atau kamu juga bisa menggunakan pola kalimat future continuous tense untuk menduga suatu hal yang akan terjadi di masa depan sebagaimana contoh berikut:

  • He will be driving to our home, I expect – Dia akan berkendara menuju ke rumah kita, aku berharap demikian.
  • I guess you’ll be working harder after spending your weekend – Aku tebak kamu akan bekerja lebih keras stelah menghabiskan waktu akhir pekanmu.

Atau kamu juga bisa menggunakan future continuous untuk bertanya berbagai macam informasi tentang masa depan secara sopan sebagaimana contoh berikut:

  • Will Joanna be coming to our party tonight? – Akankah Joanna datang ke pesta kita malam ini?
  • Will you be sleeping in my room? – Apakah kamu akan tidur di kamarku?
  • Will you be coming with your brother to join the community tomorrow? – Akankah kamu datang bersama saudara kamu untuk bergabung bersama komunitas besok?

Itulah beberapa cara menggunakan future continuous tense untuk masa depan. Sebagaimana contoh di atas, verb untuk masa depan yang digunakan adalah verb satu. Kamu bisa mencoba membuat berbagai macam pola kalimat menggunakan verb satu untuk masa depan baik dalam bentuk simple future tense atau future continuous tense.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH