Ketahui Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Masa Depan

Ketahui Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Masa Depan

Pentingnya belajar bahasa Inggris terkadang tidak disadari oleh banyak orang. Padahal belajar bahasa Inggris sangat penting untuk bisa menunjang kesuksesan di masa depan. Dalam era globalisasi seperti sekarang, kemahiran yang tak dapat diabaikan adalah kemampuan berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris telah diakui secara luas sebagai bahasa universal karena prevalensinya yang meluas. Bahkan, di Indonesia, bahasa Inggris dinyatakan sebagai mata pelajaran wajib kedua. Namun, manfaat belajar bahasa Inggris tidak berhenti di situ.

Selain untuk keperluan pendidikan, keterampilan ini sangat diperlukan dalam mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dunia kerja, dan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Nah, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari. Berikut ini berbagai macam manfaat yang dapat dirasakan jika belajar bahasa Inggris.

Peluang Kerja Terbuka Lebar

Pentingnya belajar bahasa Inggris dapat dilihat dari manfaatnya, yaitu peluang kerja semakin terbuka untuk kamu. Kemampuan berbahasa Inggris dapat membuka lebih banyak peluang karir untukmu.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu akan menjadi calon yang diutamakan oleh perusahaan. Terutama jika kamu melamar di perusahaan multinasional, kemahiran berbahasa Inggris menjadi kunci penting.

Dalam konteks pekerjaan, keahlian berbahasa Inggris dibutuhkan dalam berbagai situasi, mulai dari menyajikan laporan, mengikuti rapat, hingga bernegosiasi dengan klien internasional.

Lebih Percaya Diri Ketika Keliling Dunia

Mungkin saja nantinya kamu memiliki kesempatan untuk keliling dunia, maka kemampuan bahasa Inggris menjadi satu hal yang penting untuk dimiliki. Jadi, manfaat lain dari mempelajari bahasa Inggris adalah meningkatkan rasa percaya diri saat menjelajahi dunia.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia, sehingga berhasil menjadi bahasa wajib dalam kurikulum sekolah di berbagai negara. Dengan demikian, ketika kamu menguasai bahasa Inggris, kamu akan merasa lebih percaya diri dalam berkomunikasi dimanapun kamu berada.

Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kenapa bahasa Inggris menjadi salah satu soft skill yang wajib dimiliki? Karena menguasai bahasa Inggris ternyata juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Ternyata, mempelajari bahasa Inggris adalah salah satu cara efektif untuk merangsang dan menjaga keaktifan otakmu.

Ada sebuah penelitian telah membuktikan bahwa belajar bahasa lain dapat mengubah struktur dan ukuran otak. Tidak peduli berapa usiamu, belajar bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Bahkan, telah terbukti bahwa orang yang fasih dalam lebih dari satu bahasa memiliki daya ingat yang lebih baik.

Baca Juga: Tahap Awal Belajar Bahasa Inggris Dasar

Dapat Menambah Koneksi Global

Pentingnya belajar bahasa Inggris juga bisa dilihat karena membantu kamu untuk mendapatkan koneksi secara global. Jika kamu mampu menguasai lebih dari satu bahasa, kesempatan untuk berkomunikasi dengan beragam orang pun terbuka lebar.

Terlebih lagi, bahasa Inggris telah menjadi bahasa global yang dikenal hampir di seluruh dunia. Jika kamu berkeinginan menjalin hubungan lintas negara, penguasaan bahasa Inggris akan menjadi aset berharga. Bahasa Inggris menjadi jembatan dalam bertemu orang baru dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Melebarkan Sayap Karir secara Global

Bahasa Inggris juga bisa membantu kamu untuk melebarkan sayap karir secara global. Jika ingin bisnismu merambah pasar internasional, kemahiran dalam berbahasa Inggris menjadi kunci utama.

Bahasa ini menjadi alat komunikasi, promosi bisnismu, bahkan dalam bernegosiasi dengan investor dari luar negeri. Keahlian berbahasa Inggrismu tidak hanya mengkomunikasikan kemampuanmu, tetapi juga membangun kepercayaan mitra bisnis. Dengan kemampuan tersebut, kamu menunjukkan kesiapan dan keprofesionalan dalam mengembangkan bisnis.

Memiliki Kesempatan Kuliah di Luar Negeri

Tidak hanya memiliki kesempatan untuk melebarkan  saya karir secara global tetapi kamu juga memiliki kesempatan untuk kuliah di luar negeri. Hal yang tak kalah penting adalah peluang untuk menempuh pendidikan di luar negeri.

Sebagai calon mahasiswa internasional, kamu akan dihadapkan pada persyaratan tertentu terkait kemahiran berbahasa Inggris. Salah satunya adalah melalui hasil tes bahasa Inggris yang wajib diikuti.

Bahasa Inggris juga umumnya menjadi bahasa pengantar dalam perkuliahan bagi mahasiswa internasional. Selain itu, keahlian dalam bahasa Inggris akan sangat membantu dalam berinteraksi dengan sesama mahasiswa internasional di lingkungan kampus.

Baca juga:
Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

Penutup

Jika sudah menyadari bahwa bahasa Inggris adalah salah satu soft skill yang penting dan harus dikuasai, sebaiknya mulai tingkatkan kemampuan bahasa Inggris sejak awal. Kamu bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris terbaik dan profesional seperti ICAN English  yang akan membantu mempelajari bahasa Inggris sesuai dengan level kemampuan kamu.

Selain itu kamu juga akan bertemu dengan teman-teman satu kelas yang memiliki kemampuan sama, sehingga pembelajaran bisa disesuaikan. Kamu juga bisa milih kelas online maupun offline sesuai dengan kebutuhan. Pentingnya belajar bahasa Inggris untuk dipelajari akan membantu kamu semakin unggul. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.