mengenal frasa dalam bahasa inggris

Mengenal Frasa dalam Bahasa Inggris

Frasa dalam bahasa Inggris adalah salah satu bagian dari tata bahasa, berhubungan erat dengan sekelompok kata yang tidak termasuk dalam golongan subjek ataupun kata kerja. Frasa merupakan gabungan atau pasangan berbagai kata bahasa Inggris yang mempunyai makna tetapi tidak memiliki pola kalimat Subject + Verb.

Jika sebuah klausa memerlukan pasangan subjek dan kata kerja, namun hal tersebut tidak berlaku untuk membuat frasa. Selain itu, frasa juga tidak mempunyai batasan terkait panjang atau pendeknya. Sehingga frasa bisa pendek ataupun panjang, asalkan mempunyai lebih dari satu kata.

9 Jenis Frasa Bahasa Inggris

Terdapat hingga 9 macam jenis frasa dalam bahasa Inggris yang wajib kamu ketahui sebagaimana berikut:

1. Noun Phrase

Untuk membuat noun phrase dibutuhkan kata benda dan modifier. Sedangkan head yang digunakan adalah noun atau kata benda, sebagaimana contoh berikut: Delicious food, glass in the kitchen, butterfly on the flower.

2. Adverbial Phrase

Frasa adverbia merupakan frasa yang berfungsi sebagai adverb atau kata keterangan. Adverbial phrase memiliki head yang berbentuk adverb atau kata keterangan yang digunakan supaya dapat memodifikasi kata kerja, kata sifat, ataupun kata keterangan. Contoh adverbial phrases yaitu: extremely great, too much, after the dinner.

3. Verb Phrase

Frasa kata kerja terbentuk dengan adanya kata kerja dan modifier. Head yang digunakan adalah kata kerja atau verb. Verb phrase juga tidak mempunyai subjek, sebagaimana contoh berikut: Work hard, buy a new drone, learn fast.

4. Gerund Phrase

Frase gerund umumnya berbentuk noun phrase atau kata benda, dengan head gerund. Berikut adalah contoh gerund phrase yang dapat digunakan: Listening to the song.

5. Infinitive Phrase

Jenis frasa yang dapat dibuat dengan penggunaan infinitive verb. Frasa infinitive berfungsi sebagai kata benda, kata keterangan, ataupun kata sifat. Head pada frasa tersebut adalah to Infinitive, sebagaimana contoh berikut: To come early, to call a friend.

6. Appositive Phrase

Appositive phrase merupakan noun phrase, frasa tersebut mengganti kata benda lain pada sebuah kalimat, sebagaimana contoh berikut: a sweet cake, a brown and cute cat.

7. Participle Phrase

Frasa ini dapat digunakan sebagai adjective atau kata sifat. Frasa diawali dengan verb ing atau verb 3 participle. Head yang digunakan adalah participle yang berfungsi sebagai adverb, verb, ataupun adjektif sebagaimana contoh berikut: writing a story, sent to me.

8. Prepositional Phrase

Frasa dalam bahasa Inggris ini adalah kelompok kata yang mencakup kata depan atau kata preposisi dan kata benda. Frasa tersebut berguna untuk kata keterangan atau kata sifat. Head yang digunakan adalah preposisi sedangkan modifier dari preposisi tersebut adalah objek, sebagaimana contoh berikut: Before afternoon, at hospital.

9. Exclamatory Phrase

Frasa ini mempunyai head yaitu kata exclamatory, disebut sebagai kata seruan. Berikut adalah contoh exclamatory phrase: How beautiful it is, how far, What a cool stuff!

Baca Juga:
Contoh Kalimat Bahasa Inggris Sederhana

Kegunaan Frasa

Frasa sangat penting dan dapat ditambahkan pada sebuah kalimat. Tujuan penggunaan frasa adalah untuk membantu supaya kalimat menjadi lebih kompleks. Dengan adanya klausa dan frasa dalam bahasa Inggris pada sebuah kalimat, maka dapat membentuk kalimat majemuk.

Sekarang, kamu telah mendapatkan materi penting dalam bahasa Inggris terkait apa itu frasa dan macam-macam jenisnya. Kamu juga bisa belajar materi penting lainnya dalam bahasa Inggris sesuai kebutuhan, dengan cara cara mengambil kelas kursus bahasa Inggris di ICAN English.

Kamu mungkin kurang berfokus pada materi yang satu ini, padahal frasa berperan penting dalam sebuah kalimat. Hal ini menjadi penting untuk kamu yang terbiasa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web