Tes akademik bahasa Inggris

Berbagai Tes Akademik Bahasa Inggris

Apr 14, 2022 | Other

Tes akademik Bahasa Inggris sangat bervariasi, bergantung pada fungsi dan kegunaannya. Bahasa Inggris adalah bahasa universal, hampir di berbagai negara sudah menggunakan Bahasa Inggris bahkan di Indonesia. Karena begitu banyaknya penduduk dunia menggunakan Bahasa Inggris, maka bahasa tersebut adalah alat penting untuk berkomunikasi.

Karena itulah, tidak heran apabila saat ini semakin banyak anak usia dini mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Kemampuan berbahasa asing tersebut sangat diperlukan untuk mengurus pendidikan atau pekerjaan, baik bekerja di perusahaan multinasional atau di luar negeri. Bahkan, tidak sedikit perusahaan maupun lembaga yang meminta hasil tes akademik bahasa inggris untuk membuktikan sejauh mana kemahiran bahasa inggris yang kamu miliki.

Baca Juga: TES BAHASA INGGRIS SELAIN TOEFL

Apa Saja Jenis Tes Bahasa Inggris

Kali ini, ICAN English sebagai penyedia kursus Bahasa Inggris akan memberikan informasi tentang apa saja jenis tes akademik bahasa inggris yang bisa kamu ikuti, sebagaimana berikut:

1. TOEFL

Jenis tes TOEFL adalah untuk menguji tingkat kemampuan Bahasa Inggris menggunakan aksen Amerika. Secara umum, para peserta tes TOEFL mengikuti ujian karena ingin belajar atau bekerja di luar negeri. Bahkan di Indonesia, apabila kamu ingin mengambil program pendidika khusus, beberapa universitas mengajukan persyaratan tes TOEFL.

Indonesia juga merupakan tempat dimana banyak perusahaan asing yang membutuhkan para pegawai, dengan syarat harus punya skor tes TOEFL yang sesuai kualifikasi. Umumnya, para peserta dinyatakan lolos apabila memperoleh skor paling tidak yaitu 500.

Dari tes tersebut, maka akan menguji kemampuan kamu dalam membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara dalam tes tertulis, tes berbasis internet, atau tes berbasis komputer.

2. IELTS

Tes IELTS tidak jauh berbeda dengan tes TOEFL. Kedua jenis tes ini sama-sama berfungsi mengukur tingkat kemahiran Bahasa Inggris. Jika tes TOEFL adalah untuk menguji kemampuan bahasa inggris dalam aksen Amerika, maka tes IELTS digunakan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris aksen British.

Ada berbagai negara yang memilih IELTS sebagai tes prioritas, seperti Inggris, Australia, dan juga New Zealand. Skor IELTS minimal 6.0 yang dapat kamu gunakan untuk belajar atau bekerja di luar negeri. Saat mengikuti tes IELTS, kamu harus menghadapi tes praktik dan tes teori. Tes teori IELTS adalah tes akademik menguji kemampuan membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis. Sedangkan untuk prakteknya, yaitu tes menulis dan membaca menghadapi tim penguji.

3. TOEIC

Apa itu tes akademik TOEIC adalah tes yang mengukur kemampuan Bahasa Inggris pada level menengah hingga level akhir. Tes ini sudah disesuaikan dengan standar penggunaan Bahasa Inggris di dunia, dan berguna ketika akan merekrut pegawai baru.

Selain itu, tes TOEIC juga berfungsi untuk menaikkan jabatan seorang pegawai pada sebuah perusahaan, untuk promosi pegawai, melatih program pegawai, juga mengukur kemampuan bahasa inggris mahasiswa.

4. SAT

Apakah kamu pernah mendengar tes Bahasa Inggris SAT? Tes ini menguji kemampuan dan keterampilan calon mahasiswa yang ingin kuliah di Amerika atau Inggris. Terdapat lima kategori tes tersebut, yaitu membaca dan menulis, menulis dan bahasa, membaca, matematika, dan essai.

Tes ini dapat kamu selesaikan dengan durasi 3 jam 45 menit. Apabila kamu bisa memperoleh skor minimal 1.600, maka kamu dinyatakan lolos masuk ke perguruan tinggi pilihan. Nilai SAT terbaik yaitu mencapai 2.400.

5. GRE

Jenis tes GRE adalah tes Bahasa Inggris apabila kamu ingin kuliah di luar negeri pada jenjang pendidikan S2 dan S3. Tes GRE tersebut adalah tes masuk ke berbagai universitas di Amerika, terutama pada jenjang pendidikan S2 dan S3. Bentuk tes yang akan kamu hadapi yaitu membaca teks bacaan rumit dan kemampuan menganalisa.

6. GMAT

Tes bahasa inggris yang terakhir yaitu GMAT, berfungsi jika kamu ingin kuliah ke luar negeri. Tes ini berguna untuk memperoleh gelar MBA pada beberapa jurusan tertentu, yaitu jurusan manajemen dan bisnis.

Baca Juga: CARA BELAJAR TES TOEFL ITP ONLINE

Tips Mengerjakan Tes Bahasa Inggris

Ada beberapa cara supaya kamu lebih siap dalam menghadapi tes akademik bahasa inggris. Pertama, yaitu fokus belajar berbagai materi grammar dasar.

Longman adalah salah satu buku yang mudah kamu pelajari untuk meningkatkan kemampuan dalam menganalisa soal-soal tata bahasa inggris. Identifikasi apa saja jenis tata bahasa yang sering diujikan, dan pelajari secara mendalam.

Sebisa mungkin, hindari membaca soal dari awal paragraf hingga akhir. Hal ini hanya membuang-buang waktu, apalagi soal bacaan yang diujikan dalam bentuk teks panjang. Selalu ada hint dalam soal, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk menjawab secara cepat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Hal yang Dipelajari dalam Kursus Bahasa Inggris Conversation

3 Hal yang Dipelajari dalam Kursus Bahasa Inggris Conversation

Conversation atau percakapan dalam bahasa inggris merupakan salah satu komponen dalam materi pembelajaran speaking (berbicara) yang harus dikuasai oleh seseorang. Hal tersebut bisa kamu pelajari dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris conversation. Percakapan dalam...

5 Series Netflix untuk Belajar Bahasa Inggris

5 Series Netflix untuk Belajar Bahasa Inggris

Series Netflix untuk belajar bahasa Inggris bisa menjadi salah satu solusi tepat. Belajar bahasa Inggris sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara yang disukai. Tidak harus membaca buku saja loh, sebab kamu juga bisa belajar bahasa Inggris melalui film,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH