panduan mempersiapkan diri menghadapi grammar test ielts

Panduan Mempersiapkan Diri Menghadapi Grammar Test IELTS

Apakah kamu berambisi mendapatkan nilai tinggi pada International English Language Testing System, atau IELTS di tahun ini? Tentu saja, salah satu cara agar dapat memperoleh skor tinggi adalah dengan memperhatikan grammar test IELTS.

Kemampuan grammar dalam bahasa Inggris sangat mempengaruhi peningkatan bahasa secara keseluruhan, termasuk akurasi, koheren, dan kohesi dalam sesi menulis dan berbicara.itulah mengapa, kemampuan grammar tidak boleh diabaikan begitu saja.

Seperti yang sudah kamu ketahui, IELTS adalah ujian yang akan menguji kemampuan berbahasa inggris. Ujian tersebut akan mengevaluasi kemampuan kamu pada bagian mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara.

Selain itu, pemahaman terhadap grammar juga dapat mempengaruhi nilai. Seseorang yang tidak mempunyai kemampuan menggunakan kombinasi struktur grammar secara kompleks tidak akan mudah dalam mengerjakan ujian IELTS.

Tips Meningkatkan Kemampuan Grammar dalam IELTS

Walaupun tidak ada silabus dalam pembelajaran grammar di IELTS, bukan berarti kamu tidak perlu mempelajari bagian ini. Kamu diharapkan mampu memahami grammar, terutama aturan dasar dalam struktur kalimat. Misalnya, kamu harus belajar tentang verb tenses, prepositions, sentence structure, conjunction, article, hingga punctuation. Kamu juga harus menguasai materi passive voice, modal verbs, clauses, dan modal verbs.

Untuk mempermudah kamu dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes IELTS, berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan saat belajar grammar test IELTS:

1. Materi Dasar

Memahami tenses sangatlah penting untuk mendemonstrasikan bahwa kamu mampu mengungkapkan kejadian dalam waktu tertentu. Materi ini harus kamu kuasai karena merupakan bagian penting dalam menulis dan berbicara.

Pelajari juga struktur kalimat, termasuk kalimat sederhana dan kalimat kompleks. Terdapat aturan-aturan dalam Bahasa Inggris untuk membuat kalimat yang efektif. Perhatikan juga penggunaan prepositions and conjuctions. Walaupun terkesan sepele, kedua elemen tersebut sangat berperan penting dalam menghubungkan ide dan jawaban yang koheren.

Baca Juga:
Pelajari Materi Ini Untuk IELTS Exam Practice

2. Sumber Belajar

Melakukan investigasi tentang buku grammar terbaik untuk belajar IELTS terbaik akan menciptakan perbedaan secara signifikan dalam persiapan tes. Ada tiga buku yang paling bagus yang sering direkomendasikan oleh tutor IELTS, salah satunya adalah English Grammar in Use yang ditulis oleh Raymond Murphy.

Buku tersebut bisa menjadi sumber belajar jika ingin menguasai ilmu grammar dasar dengan penjelasan lengkap dan latihan-latihan untuk belajar mandiri. Selain buku, kamu juga bisa memanfaatkan sumber belajar lainnya yang bisa kamu temukan secara gratis di internet.

3. Strategi Belajar

Belajar berbagai peraturan dalam grammar atau tata bahasa memang cukup membantu, tetapi kamu juga harus tahu bagaimana cara penggunaannya secara tepat dan efektif dalam sesi menulis dan berbicara. Ada beberapa strategi agar kamu dapat meningkatkan kemampuan grammar.

Pertama, latihan secara rutin sebagaimana kamu mempelajari skill lainnya. Belajar secara rutin adalah langkah utama agar kamu dapat meningkatkan kemampuan grammar, termasuk dengan latihan menulis dan latihan berbicara. Cara ini akan membantu agar kamu dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelemahan dalam soal grammar.

Setelah menulis atau membaca, kamu bisa melakukan tinjauan dan koreksi. Luangkan waktu secara khusus untuk mencari tahu mana kesalahan yang paling sering kamu buat. Sehingga, kamu bisa belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Terakhir, belajar sesuai konteks. Kamu bisa membaca berbagai macam buku berbahasa inggris, koran, dan mendengarkan podcast. Cara ini adalah cara langsung untuk mengetahui aplikasi penggunaan seluruh grammar dalam bahasa inggris.

Baca Juga:
Ini Bahan Materi Untuk IELTS Reading Practice

Penggunaan Grammar dalam IELTS

Tidak ada sesi grammar secara khusus dalam tes IELTS. Hanya saja, sangat penting untuk mempunyai grammar yang baik ketika harus menghadapi tes IELTS. Kemampuan grammar sangat membantu untuk menjawab pertanyaan dan memperoleh band skor tinggi. Grammar juga sangat dibutuhkan ketika kamu menghadapi soal-soal di sesi speaking, listening, reading, dan writing.

Dalam soal writing, Grammar mempengaruhi skor kamu sebanyak 25%. Itulah mengapa, kamu wajib meningkatkan kemampuan grammar sebelum ikut tes IELTS. Pemahaman grammar dalam IELTS writing bisa dilihat dari kemampuan kamu menggunakan berbagai struktur kalimat, penggunaan berbagai tenses, punctuation, dan kemampuan menghindari kesalahan penulisan.

Ada banyak cara agar kamu bisa belajar dan meningkatkan grammar test IELTS. Agar bisa memilihnya, maka perlu mempertimbangkan kenyamanan dan kemudahan dalam belajar sesuai kebutuhan. Kamu juga dapat bergabung dalam kursus persiapan IELTS online, daripada hanya sekedar membeli buku tanpa adanya tutor yang membimbing.

ICAN English menyediakan kursus persiapan IELTS ini dengan adanya tutor yang sudah profesional. Tutor bersertifikat juga akan memberikan strategi bagaimana menghadapi setiap jenis soal dalam tes IELTS. Kelas interaktif juga membuat kamu dapat meningkatkan kemampuan grammar dengan lebih mudah!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web