mengenal perbedaan this dan these dalam bahasa inggris

Mengenal Perbedaan This dan These dalam Bahasa Inggris

Jika dalam Bahasa Indonesia, kata “ini” digunakan sebagai kata penunjuk, maka berbeda dengan penggunaan kata “ini” dalam Bahasa Inggris. “This” dan “These” sama-sama mempunyai makna “ini”. Untuk itu, memahami perbedaan this dan these membantu agar kamu bisa mengunakannya sesuai konteks.

Mengenal Penggunaan This dalam Bahasa Inggris

Untuk mengetahui perbedaan these dan this, kamu dapat mempelajari definisi dan penjelasan dari kata “This” terlebih dahulu. Kata penunjuk “this” menunjukkan kata benda yang bersifat tunggal (satu) dan letaknya tidak jauh, seperti “this is a lamp”, atau “this is a table”. Jika saat ini, terdengar suara musik yang tidak jauh dari telinga, maka kamu bisa menyatakan “I know this song”, misalnya.

This juga dapat digunakan untuk kata benda yang tidak bisa dihitung jumlahnya (uncountable), seperti happiness, water, sugar. Contohnya, kamu bisa mengatakan “This water is so hot” untuk menyatakan air yang sedang kamu pegang atau mungkin kamu minum.

Penggunaan “This” juga penting ketika kamu ingin menyatakan hal-hal yang berkaitan dengan waktu, seperti morning, year, week. Ketika menggunakan kosa kata tersebut, “This” dapat digunakan dalam kejadian di masa sekarang, masa lalu, atau baru-baru ini. Contohnya, kamu bisa menggunakan frasa “This morning”, untuk menunjukkan pagi hari ini.

Selain itu, ketika ada kata benda yang diikuti kata “This”, maka akan menjadi singular pronoun. Misalnya, ketika kamu bilang “I spent my money for this.”, maka kata “this” merujuk pada apa saja yang sudah kamu beli. Berikut adalah 10 contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata “this” beserta terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia:

Baca Juga:
Aturan Penggunaan The Dalam Bahasa Inggris

1. This book is really interesting.

   (Buku ini benar-benar menarik.)

2. I can’t believe this happened.

   (Saya tidak percaya ini terjadi.)

3. This movie is my favorite.

   (Film ini adalah favorit saya.)

4. This is my house.

   (Ini adalah rumah saya.)

5. Can you pass me this pen?

   (Bisakah kamu memberikan saya pena ini?)

6. I need to buy this dress.

   (Saya perlu membeli gaun ini.)

7. This is the best pizza I’ve ever tasted.

   (Ini adalah pizza terbaik yang pernah saya rasakan.)

8. This restaurant has great food.

   (Restoran ini memiliki makanan yang enak.)

9. I can’t believe how expensive this car is.

   (Saya tidak percaya mobil ini begitu mahal.)

10. This is a wonderful opportunity.

    (Ini adalah kesempatan yang luar biasa.)

Mengenal Penggunaan These dalam Kalimat Bahasa Inggris

Pahami perbedaan this dan these dengan mempelajari penggunaan these dalam kalimat Bahasa Inggris. These juga merupakan noun yang menunjukkan waktu ataupun suatu hal yang dekat, tetapi menandakan bentuk kata benda jamak. Jadi, these hanya diikuti oleh noun yang sifatnya plural.

Ketika kamu mengatakan “I don’t know any of these students,” maka maknanya mengarah pada lebih dari satu siswa, dan semuanya berada di dekat jangkauan penglihatan kamu.

Sama seperti this, these juga dapat digunakan untuk plural pronoun. Misalnya, kamu berkata “Wow, I love these,” kata these menunjukkan apapun plural noun yang merujuk pada hal-hal yang terjadi saat itu juga.

Baca Juga:
Perbedaan Singular Noun dan Plural Noun dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah 10 contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “these” beserta terjemahannya ke dalam Bahasa Indonesia:

1. These books are on the shelf.

   (Buku-buku ini ada di rak.)

2. These cookies taste delicious.

   (Kue-kue ini rasanya enak.)

3. These flowers bloom in the spring.

   (Bunga-bunga ini mekar di musim semi.)

4. These are my favorite songs.

   (Ini adalah lagu-lagu favorit saya.)

5. These shoes don’t fit me anymore.

   (Sepatu-sepatu ini tidak lagi pas untuk saya.)

6. These photos bring back memories.

   (Foto-foto ini mengingatkan kenangan.)

7. These people are my closest friends.

   (Orang-orang ini adalah teman-teman terdekat saya.)

8. These cars are parked illegally.

   (Mobil-mobil ini parkir secara ilegal.)

9. These vegetables are fresh from the garden.

   (Sayuran-sayuran ini segar dari kebun.)

10. These problems need to be solved as soon as possible.

    (Masalah-masalah ini perlu dipecahkan secepat mungkin.)

Jadi, perbedaan this dan these adalah bahwa “these” merujuk pada benda atau orang jamak, sementara “this” merujuk pada benda atau orang tunggal dalam konteks yang lebih spesifik. Penggunaan this dan these akan jadi tidak tepat jika ditulis seperti contoh berikut, “these necklace” atau “this necklaces”.

Jika berencana bergabung dalam kursus bahasa Inggris, kamu bisa memilih ICAN English yang menyediakan berbagai kelas bahasa Inggris, mulai dari General English, kelas persiapan TOEFL/IELTS dan berbagai kelas lainnya. Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web