Rumus Simple Continuous Tense

Rumus Simple Continuous Tense

Dalam Bahasa Inggris, rumus simple continuous tense adalah rumus dua tenses yang berbeda; Simple Past tense dan Past Continuous tense. Mempelajari kedua jenis tenses ini secara garis besar sangat membantu untuk membedakan kapan kamu harus menggunakan keduanya dalam Bahasa Inggris.

Banyak pemula yang masih bingung ketika sudah mempelajari kedua materi tersebut. Kamu dapat menggunakan panduan berikut supaya lebih mudah memahami garis besar aturan penggunaan kedua tenses ini.

Belajar Rumus Simple Past dan Past Continuous

Pemahaman yang matang tentang simple past tense dan past continuous nantinya akan memudahkan cara kamu berkomunikasi. Mampu membedakan kedua tenses tersebut juga berguna untuk memahami suatu kejadian sesuai konteks.

Definisi

Simple past tense dalam bahasa Inggris digunakan untuk mewakili suatu tindakan/peristiwa yang terjadi di masa lalu. Pada banyak kata kerja, simple past tense dibentuk dengan menambahkan ‘ed’ atau ‘d’ di akhir kata kerja dasar. Namun, ada juga kata kerja lain yang berperilaku berbeda dan menggunakan ejaan berbeda ketika digunakan dalam bentuk simple past.

Past continuous tense digunakan dalam sebuah kalimat untuk mewakili suatu tindakan atau peristiwa yang sedang terjadi di masa lalu. Tense ini menunjukkan kemajuan suatu tindakan atau peristiwa pada waktu tertentu di masa lalu. Oleh karena itu, past continuous tense juga disebut ‘past progressive tense’.

Baca juga:
Rumus Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Rumus dan Struktur

Mempelajari struktur simple past tense akan lebih mudah  jika kamu menganalisis bagaimana tense tersebut digunakan dalam format interogatif positif, negatif, interogatif, dan negatif.

Simple Past Tense
Positive             Negative Interrogative Negative Interrogative
Subjek + Verb in the past form (base form of the verb + ed/d for regular verbs or past tense form of the irregular verbs)
Contoh:
Joko spoke really well.
We had our breakfast.
Subjek + Didn’t + Verb 1 (Base)
Contoh:
Joko did not speak really well.
We did not have our breakfast.
Did + Subjek + Verb in the base form  
Contoh:
Did Joko speak really well?
Did we have our breakfast?
Didn’t + Subjek + Verb in the base form
Contoh:
Didn’t Joko speak really well?
Didn’t we have our breakfast?

Berikut adalah rumus yang dapat digunakan untuk menyusun kalimat dalam past continuous tense.

Subjek + was/were + present participle (verb+ing) + kalimat lanjutan

Sekarang, pelajari cara menulis kalimat interogatif positif, negatif, interogatif, dan negatif interogatif dalam kalimat Past Continuous Tense:

Past Continuous Tense
Positive       Negative Interrogative Negative Interrogative
Subjek + was/were + present participle (verb+ing) + kalimat lanjutan







Contoh:
Joko was listening to the music.
Subjek + was/were + not + present participle (verb+ing) + kalimat lanjutan 
Contoh:
Joko was not listening to the music.
Was/were + subjek + present participle (verb+ing) + kalimat lanjutan
Contoh:
Was Joko listening to the music?
Wasn’t/weren’t + subjek + present participle (verb+ing) + kalimat lanjutan(Atau)Was/were + subjek + not + present participle (verb+ing) + kalimat lanjutan
Contoh:
Wasn’t Joko listening to the music?
Was Joko not listening to the music?

Jika menulis past continuous tense, selalu gunakan kata kerja bantu (was atau were) dan kata kerja utama. Kata kerja bantu diikuti oleh kata kerja utama, berbentuk present participle (bentuk gerund – kata kerja dasar +ing).

Kalimat harus dimulai dengan subjek jika merupakan kalimat positif atau negatif. Ketika tense digunakan dalam kalimat interogatif atau interogatif negatif, maka tense tersebut harus dimulai dengan kata kerja bantu, diikuti oleh subjek dan kata kerja utama.

Baca juga : Contoh Kalimat Simple Past Continuous Tense

Penggunaan Simple Past dan Past Continuous Tense

Selain belajar rumus simple continuous tense dalam bentuk past, kamu bisa menggunakannya untuk menyatakan sesuai konteks kedua jenis tenses. Simple past tense merujuk pada suatu tindakan atau peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Kamu juga dapat menggunakan tense ini ketika ingin berbicara tentang sesuatu yang benar pada beberapa waktu di masa lalu. Menguasai tense Simple Past juga membantu untuk menjelaskan sesuatu yang terjadi lebih dari satu kali di masa lalu.

Past Continuous Tense digunakan untuk menggambarkan tindakan atau peristiwa yang sedang berlangsung yang terjadi pada titik tertentu di masa lalu. Tense ini sangat berguna ketika menggambarkan suatu tindakan yang sedang berlangsung yang disela oleh peristiwa lain atau ketika memberikan rincian latar belakang dalam sebuah narasi.

Untuk mempercepat proses belajar Bahasa Inggris, termasuk tenses, kamu bisa langsung bergabung di ICAN English. Metode belajar yang interaktif, intensif, dan materi belajar yang terstruktur didukung tutor suportif akan mempermudah kamu dalam mendalami potensi berbahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.