Tips Belajar Bahasa Inggris untuk IELTS

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk IELTS

Apr 20, 2022 | IELTS

IELTS atau International English Language Testing System merupakan salah satu tes untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa inggris. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Sehingga penting untuk mengetahui tips belajar bahasa Inggris untuk IELTS.

Tes IELTS ini biasanya diperuntukan sebagai salah satu persyaratan dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Format soal yang terdapat dalam IELTS menggunakan bahasa inggris British. Selain itu, tes ini dibagi menjadi beberapa sesi diantaranya sesi listening, reading, writing, dan speaking yang keseluruhannya menggunakan bahasa inggris British. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik, contohnya dengan bergabung dalam kursus persiapan TOEFL.

Baca Juga: TIPS TEMUKAN LES IELTS TERDEKAT

Beberapa Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk IELTS

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tes ini dibagi menjadi beberapa sesi. Dengan berbagai sesi tersebut terdapat berbagai aspek yang perlu kamu perhatikan untuk menyusun strategi. Berikut merupakan beberapa tips belajar bahasa Inggris untuk IELTS yang perlu kamu ketahui.

1.  Berlatih Membaca dan Menulis Berbagai Bacaan dengan Topic Beragam dalam Bahasa Inggris

Tips pertama belajar bahasa inggris untuk persiapan IELTS yang pertama yaitu, kamu perlu berlatih membaca dan menulis berbagai macam bacaan dengan topic yang beragam dalam bahasa inggir. Hal tersebut sangat penting untuk dipersiapkan secara matang, karena dalam tes IELTS peserta diwajibkan menuliskan essay dari topic yang beragam.

Sehingga, dengan banyak berlatih dan mencari tahu berbagai topic bacaan berbahasa inggris akan sangat membantu kamu agar lebih terbiasa. Selain itu, dengan banyak membaca dan menulis bahasa Inggris juga akan semakin memperkaya penguasaan vocabulary atau kosakata kamu dalam bahasa inggris.

2.  Berlatih Berbicara Secara Natural

Tips belajar bahasa Inggris untuk IELTS berikutnya yaitu, kamu perlu berlatih berbicara secara alami. Untuk berlatih bagian ini, sebaiknya kamu mencari partner untuk berbicara karena hal tersebut akan membuat kamu beresiko membuat banyak kesalahan. Selain itu, dengan belajar sendiri juga akan menjadikan kamu merasa lebih gugup.

Kamu bisa mengajak teman atau keluarga kamu untuk berlatih berbicara mengenai berbagai topic. Hal tersebut tentu saja akan membuat kamu mampu berbicara secara natural. Kamu tidak perlu menjadi ahli dalam menyampaikan topic tersebut, karena penguji akan menilai kemampuan kamu dalam berkomunikasi.

3.  Berlatih Mendengarkan Percakapan atau Ungkapan yang Diucapkan Native Speaker

Selanjutnya, dalam tes IELTS akan terdapat sesi listening untuk mengukur sejauh mana kemampuan kamu dalam mendengarkan percakapan dalam bahasa inggris. adapun, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih kemampuan listening yakni dengan bantuan berbagai media seperti film atau lagu berbahasa inggris.

Baca Juga: CARA MUDAH BELAJAR IELTS, CAPAI SKOR MAKSIMAL!

Tips Ketika Mengikuti Tes IELTS

Dengan banyak berlatih sebelum menghadapi tes IELTS yang sesungguhnya akan menjadikan kamu lebih siap. Namun, terkadang meskipun kamu banyak berlatih sebelumnya hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kamu tidak akan merasa tegang saat menghadapi tes yang sesungguhnya. Berikut merupakan tips ketika mengikuti tes IELTS.

1.  Atur Nafas dan Tetap Bersikap Tenang

Merasa gugup dan tegang merupakan hal yang biasa dan kerap kali terjadi sebelum menghadapi ujian. Namun, hal tersebut akan menjadi buruk jika kamu tidak bisa kembali tenang karena akan menghancurkan semua yang telah kamu persiapkan sebelumnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara salah satunya yakni dengan mengatur nafas agar kembali tenang. Selagi mengatur nafas, sugestikan juga pikiran kamu untuk tetap tenang. Jika masih belum berhasil, kamu bisa minum air putih sebagai upaya berikutnya agar kembali tenang.

2.  Jangan Pikirkan Hal Lain dan Tetap Fokus

Terakhir, sebelum kamu memasuki ruang tes IELTS sebaiknya fokuskan pikiran kamu hanya untuk tes. Kamu perlu untuk menyampingkan dan melupakan sejenak terlebih dahulu permasalahan lain. fokuskan dengan apa yang akan kamu hadapi dan selalu percaya diri.

Tips belajar bahasa inggris untuk IELTS di atas bisa kamu jadikan acuan ketika hendak melakukan latihan sebelum menghadapi tes IELTS. Selain itu, cara-cara diatas juga sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari agar kamu jadi lebih siap dan terbiasa ketika dihadapkan dengan berbagai soal.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Cara Efektif Mendapatkan Skor IELTS 7

3 Cara Efektif Mendapatkan Skor IELTS 7

IELTS atau International English Testing System merupakan salah satu tes untuk mengukur tingkat kemampuan bahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Sehingga, tak heran banyak orang yang ingin mengetahui cara mendapatkan IELTS...

Kesalahan Saat Latihan Tes IELTS, Wajib Dihindari!

Kesalahan Saat Latihan Tes IELTS, Wajib Dihindari!

International English Language Testing System atau IELTS adalah tes bahasa Inggris menggunakan standar internasional dan sudah ada sejak 1989. IELTS dibagi menjadi 3 versi, seperti IELTS Academic, di mana tes tersebut digunakan untuk melanjutkan pendidikan universitas...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH