tips belajar bahasa inggris untuk ielts

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk IELTS

IELTS atau International English Language Testing System merupakan salah satu tes untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa inggris. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Sehingga penting untuk mengetahui tips belajar bahasa Inggris untuk IELTS.

Tes IELTS ini biasanya diperuntukan sebagai salah satu persyaratan dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Format soal yang terdapat dalam IELTS menggunakan bahasa inggris British. Selain itu, tes ini dibagi menjadi beberapa sesi diantaranya sesi listening, reading, writing, dan speaking yang keseluruhannya menggunakan bahasa inggris British. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik, contohnya dengan bergabung dalam kursus persiapan TOEFL.

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk IELTS

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tes ini dibagi menjadi beberapa sesi. Dengan berbagai sesi tersebut terdapat berbagai aspek yang perlu kamu perhatikan untuk menyusun strategi. Berikut merupakan beberapa tips belajar bahasa Inggris untuk IELTS yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga:
Situs Belajar Bahasa Inggris Terpercaya

1. Berlatih Membaca dan Menulis Berbagai Bacaan dengan Topik Beragam dalam Bahasa Inggris

Tips pertama belajar bahasa inggris untuk persiapan IELTS yang pertama yaitu, kamu perlu berlatih membaca dan menulis berbagai macam bacaan dengan topik yang beragam dalam bahasa Inggir. Hal tersebut sangat penting untuk dipersiapkan secara matang, karena dalam tes IELTS peserta diwajibkan menuliskan essay dari topik yang beragam.

Sehingga, dengan banyak berlatih dan mencari tahu berbagai topik bacaan berbahasa Inggris akan sangat membantu kamu agar lebih terbiasa. Selain itu, dengan banyak membaca dan menulis bahasa Inggris juga akan semakin memperkaya penguasaan vocabulary atau kosakata kamu dalam bahasa Inggris.

2. Berlatih Berbicara Secara Natural

Tips belajar bahasa Inggris untuk IELTS berikutnya yaitu, kamu perlu berlatih berbicara secara alami. Untuk berlatih bagian ini, sebaiknya kamu mencari partner untuk berbicara karena hal tersebut akan membuat kamu beresiko membuat banyak kesalahan. Selain itu, dengan belajar sendiri juga akan menjadikan kamu merasa lebih gugup.

Kamu bisa mengajak teman atau keluarga kamu untuk berlatih berbicara mengenai berbagai topik. Hal tersebut tentu saja akan membuat kamu mampu berbicara secara natural. Kamu tidak perlu menjadi ahli dalam menyampaikan topik tersebut, karena penguji akan menilai kemampuan kamu dalam berkomunikasi.

3. Berlatih Mendengarkan Percakapan atau Ungkapan yang Diucapkan Native Speaker

Selanjutnya, dalam tes IELTS akan terdapat sesi listening untuk mengukur sejauh mana kemampuan kamu dalam mendengarkan percakapan dalam bahasa inggris. adapun, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih kemampuan listening yakni dengan bantuan berbagai media seperti film atau lagu berbahasa inggris.

4. Pelajari Kriteria Penilaian

Kamu mempelajarinya secara menyeluruh untuk memastikan kamu mendapatkan centang setiap kotak untuk mencapai nilai yang dibutuhkan. Hal ini sangat penting dalam tes berbicara dan menulis, di mana jawaban dinilai berdasarkan faktor yang cukup subjektif. Kamu juga dapat melihat beberapa contoh jawaban secara online, tetapi pastikan jawaban tersebut berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Situs web dan buku teks resmi dewan ujian IELTS sendiri adalah tempat yang tepat untuk mulai belajar.

5. Manfaatkan Sumber Daya Resmi Sebaik-baiknya

Mempersiapkan diri untuk IELTS adalah hal penting. Ada banyak kursus, buku teks, aplikasi, dan program yang tersedia untuk membantu mempersiapkan diri, dan mungkin sulit pada awalnya untuk melihat mana yang dapat dipercaya. Sebagai aturan umum, jangan terburu-buru menghabiskan uang untuk sumber yang tidak kamu butuhkan

Beberapa situs terpercaya yang bisa kamu kunjungi adalah ielts.org, takeielts.britishcouncil.org, www.britishcouncil.es, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:
Cara Mudah Belajar IELTS, Capai Skor Maksimal

Tips Ketika Mengikuti Tes IELTS

Dengan banyak berlatih sebelum menghadapi tes IELTS yang sesungguhnya akan menjadikan kamu lebih siap. Namun, terkadang meskipun kamu banyak berlatih sebelumnya hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kamu tidak akan merasa tegang saat menghadapi tes yang sesungguhnya. Berikut merupakan tips ketika mengikuti tes IELTS.

Jika dalam tes listening kamu diminta untuk melengkapi kalimat dengan TIDAK LEBIH DARI DUA KATA. Dalam tes menulis, perhatikan jumlah kata yang diperlukan untuk setiap tugas. Kamu akan kehilangan nilai jika gagal menulis jumlah kata minimum (150 kata untuk Tugas 1, misalnya).

Pastikan kamu membawa bukti ID yang relevan. Membawa dokumen identifikasi yang sama seperti yang digunakan pada saat aplikasi pengujian. Periksa kembali lokasi tes, tanggal dan waktu. Pertahankan waktu perjalanan yang cukup agar tidak terlambat. Perlu diingat bahwa jam tangan tidak diperbolehkan di ruang ujian, akan ada jam dinding di ruang ujian untuk referensi.

Tips belajar bahasa inggris untuk IELTS di atas bisa kamu jadikan acuan ketika hendak melakukan latihan sebelum menghadapi tes IELTS. Selain itu, cara-cara diatas juga sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari agar kamu jadi lebih siap dan terbiasa ketika dihadapkan dengan berbagai soal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web