Cara mudah belajar IELTS

Cara Mudah Belajar IELTS, Capai Skor Maksimal!

Apr 20, 2022 | IELTS

Cara mudah belajar IELTS adalah informasi penting bagi para mahasiswa yang ingin memperoleh beasiswa luar negeri atau ingin melakukan migrasi ke luar negeri. IELTS adalah sebuah tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris dengan standar Internasional.

Saat kamu ingin melanjutkan studi atau melakukan migrasi ke luar negeri, IELTS adalah syarat yang telah ditetapkan oleh beberapa negara. Kamu bisa meminta hasil perolehan skor IELTS untuk proses seleksi ataupun proses migrasi dari Indonesia ke negara tujuan.

Baca Juga: TIPS TEMUKAN LES IELTS TERDEKAT

Bagaimana Cara Belajar IELTS Yang Mudah?

Banyak orang menyebutkan bahwa tes IELTS lebih sulit jika dibandingkan dengan tes TOEFL. Belum lagi untuk biaya mengikuti tes resmi mencapai 2,9 juta rupiah.

IELTS atau The International English Language Testing System merupakan sebuah rangkaian tes yang yang dirancang untuk menguji sejauh mana kemampuan berbicara, menulis, membaca, dan mendengar dalam bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa tips agar kamu bisa belajar IELTS secara mudah dari ICAN English:

1. Cari Tahu Tujuan Ikut Tes

Sebelum kamu mendaftarkan diri pada tes resmi nya, kamu wajib bertanya kepada diri sendiri Mengapa harus mengambil tes IELTS. Ada beberapa macam tes bahasa Inggris, dan pastikan bahwa tujuan utama mengikuti tes IELTS sudah relevan.

Jangan sampai, kamu salah pilih tes IELTS sehingga tidak bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan sesuai tujuan. Jika sudah yakin, hal berikutnya yang harus kamu lakukan yaitu memilih jenis tes yang tepat supaya sesuai dengan tujuan.

2. Rancang Persiapan

Tes IELTS adalah sebuah tes yang membutuhkan banyak persiapan. Dengan pengerjaan yang sangat ketat, kamu harus mempersiapkan diri dari awal yaitu belajar hingga mengikuti pelaksanaan tes IELTS. Bergabung dalam kelas persiapan IELTS juga menjadi pilihan terbaik agar kamu bisa memahami soal-soal IELTS secara lengkap.

Persiapan sangat penting untuk dilakukan guna memberikan gambaran cara belajar yang efektif. Selain itu juga penting untuk mendorong semangat supaya bisa mencapai target skor sesuai harapan.

3. Media Belajar

Mengandalkan satu media belajar untuk mendapatkan hasil skor memuaskan dari tes IELTS tidaklah cukup. Cari berbagai referensi dengan memilih buku sebagai sumber belajar. Entah softcopy atau hardcopy, pastikan kamu benar-benar merasa nyaman ketika sedang belajar.

Akan lebih baik jika kamu juga mencari rekomendasi buku IELTS yang efektif untuk belajar. Biasanya terdapat buku belajar IELTS yang lengkap untuk menguasai reading, speaking, vocabulary, listening, dan grammar.

Buku seperti ini memang dirancang khusus untuk persiapan menghadapi tes IELTS. Atau kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk mencari referensi berbagai macam soal gratis.

4. Metode Belajar

Pahami juga bahwa kamu membutuhkan metode belajar IELTS yang dapat kamu ikuti. Metode belajar yang efektif adalah dengan menerapkan teknik target, misalnya belajar sesuai dengan BAB pada buku maupun media belajar lainnya, termasuk untuk speaking, vocabulary, reading, listening, ataupun grammar.

Agar bisa mempercepat target dalam menguasai materi, terapkan dengan cara baca 1 bab setiap hari. Metode tersebut juga harus kamu pelajari dengan tidak membahas materi secara acak. Kuasai secara berurutan supaya kamu bisa belajar materi hingga pada akarnya.

5. Membuat Jadwal

Membuat jadwal pelajaran harus lengkap dan terstruktur. Mulai dari waktu belajar, waktu target tercapai, dan apa saja materi yang harus kamu kuasai setiap harinya.

Kamu juga penting untuk merubah jadwal sesuai kebutuhan, misalnya dengan menambah atau mengurangi porsi belajar pada materi tertentu. Supaya hasil belajar memuaskan, cobalah untuk konsisten melaksanakan jadwal seperti yang telah kamu buat.

6. Cari Tahu Kelemahan Kamu

Apabila kamu sudah menjalankan latihan soal secara bertahap, maka kamu bisa menemukan kesulitan yang tidak terduga. Kesulitan tersebut akan terasa jika kamu mengerjakan soal dan menemui kesulitan pada materi tertentu.

Dengan cara ini, maka kamu jadi tahu dimana letak kelemahan sehingga dapat menggali materi lebih dalam. Tujuannya adalah supaya bisa menjawab soal IELTS lebih mudah pada bagian tersebut.

7. Temukan Teknik Menjawab

Cara mudah belajar IELTS berikutnya yaitu belajar mengatur waktu sesuai tes sebenarnya. Sehingga kamu terbiasa untuk mengerjakan soal dengan durasi waktu yang sama seperti tes resminya nanti.

Dengan terus berlatih mengerjakan soal, kamu bisa menemukan strategi yang tepat. Strategi dan teknik itu bersifat unik, menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan diri sendiri.

Baca Juga: PERSIAPAN UNTUK IELTS ONLINE

Berapa Lama Harus Belajar IELTS?

Sebuah studi menyatakan bahwa agar kamu bisa mencapai satu skor IELTS lebih tinggi, maka butuh waktu belajar minimal sebanyak 220 jam. Kalkulasikan kebutuhan cara belajar IELTS yang mudah dalam satu hari, hingga dua bulan untuk mempelajari IELTS sesuai dengan kemampuan awal dan target nilai.

Contoh dalam simulasi awal IELTS, apabila skor keseluruhannya adala 5.0, maka idealnya, kamu membutuhkan waktu belajar sekitar 440 jam atau 10 jam setiap hari selama 1,5 bulan jika ingin mendapatkan skor hingga 7.0. Dari kebutuhan waktu belajar tersebut, bagi waktu untuk jadwal mingguan.

Seperti yang diketahui, bahwa nantinya tes yang dilakukan akan menggunakan aksen British.. terutama dalam tes listening. dengan membiasakan diri mendengarkan aksen seorang native speaker kemampuanmu akan lebih terasa lagi. Sehingga, lambat laun kamu pun akan familiar dengan aksen tersebut.

Usahakan pula tidak hanya mendengarkan saja, tetapi menuliskan apa yang didengar dalam secarik kertas atau buku. Kemudian pahami pembicaraan atau percakapan tersebut. untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat menonton youtube, mendengarkan lagu, dan lain sebagainya.

Untuk melatih kemampuanmu dalam reading, kamu dapat membiasakan diri untuk membaca koran, artikel, jurnal, atau apapun dalam bahasa Inggris British. Meskipun sekilas tidak ada yang berbeda dengan bahasa Inggris Amerika. Akan tetapi jika kamu telusuri lebih jauh. Maka kamu akan menemukan perbedaannya.

Untuk mencegah kebosanan, bacalah materi atau buku yang sesuai dengan minat atau sesuatu hal yang ingin kamu ketahui. Selain itu dalam membacanya, kamu dapat menggunakan dua teknik ini. Dimana teknik tersebut adalah skimming serta scanning. Lantas perbedaan keduanya? Scanning merupakan cara membaca dengan cepat dengan memfilter informasi penting.

Sehingga, sebelum membacanya, kamu perlu mengetahui dengan baik apa yang menjadi keyword atau kata kunci dari topik pembahasan tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam menemukan intisari dari teks maupun buku tersebut. Metode kedua  dikenal dengan sebutan  skimming. Dimana cara ini merupakan cara membaca dengan cepat, bahkan tidak perlu membaca informasi yang tersaji secara spesifik.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus IELTS di Bekasi

Pilihan Kursus IELTS di Bekasi

IELTS merupakan tes ujian berbasis bahasa Inggris untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui secara global. Pasalnya, ujian ini memiliki tingkatan yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan tes lainnya. Sehingga diperlukan belajar yang ekstra seperti kursus. Salah...

Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara belajar IELTS dalam 3 bulan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti latihan percakapan, menulis, dan mendengarkan berbagai kosa kata dalam berbagai aksen bahasa Inggris. Terdapat pula berbagai metode yang bisa kamu lakukan dalam mempelajari IELTS dalam...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH