tips belajar english writing for beginners

Tips Belajar English Writing for Beginners

Kemampuan menulis bagi pemula atau english writing for beginners dapat meningkat ketika rutin menulis. Banyak orang mengabaikan belajar menulis dalam bahasa Inggris karena lebih fokus pada elemen lainnya seperti grammar dan vocabulary. Padahal, dari berlatih menulis, pemula juga dapat belajar banyak hal penting, termasuk vocabulary, spelling, dan grammar.

Dalam bahasa inggris, basic writing adalah keterampilan penting karena digunakan untuk menulis berbagai kebutuhan. Misalnya, ketika kamu mengisi formulir atau menulis esay untuk aplikasi studi. Ketika keterampilan menulis kamu telah meningkat pada level intermediate, kamu bisa berkomunikasi dengan banyak orang di berbagai belahan dunia.

5 Tips Belajar English Writing bagi Pemula

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara agar kamu bisa belajar menulis bahasa inggris dengan lebih mudah:

Baca Juga:
Tips Belajar Spelling Bahasa Inggris

1. Latihan Menulis Bahasa Inggris

Cobalah menulis bahasa Inggris setiap hari. Metode repetisi atau pengulangan akan membantu meningkatkan kemampuan menulis. Bagi pemula, menulis bahasa Inggris memang terasa sulit pada awalnya, tetapi jika kamu menulis sedikit demi sedikit setiap harinya, maka akan terasa lebih mudah.

Agar kamu bisa berlatih menulis bahasa Inggris setiap harinya, gunakan sistem yang baik untuk mencari tahu peningkatan belajar. Misalnya, membuat kalender khusus atau aplikasi tertentu yang memberikan fitur pengingat agar kamu bisa menulis pada waktu yang telah ditentukan.

2. Cari Tempat dan Waktu Terbaik

Setiap orang pasti mempunyai waktu terbaik setiap harinya untuk menulis. Mungkin saja, kamu akan lebih mudah menulis di pagi hari. Atau, mungkin kamu lebih suka tidur larut malam dan justru lebih kreatif dalam menulis di malam hari. Mencoba menulis di waktu berbeda sangat membantu untuk mencari kapan waktu terbaik dalam menulis bahasa Inggris.

Selain waktu, kamu juga perlu mengetahui tempat yang tepat. Kamu mungkin tidak bisa menulis dengan baik ketika berada di tengah keramaian. Cobalah menulis di tempat hening seperti perpustakaan. Atau, kamu justru lebih suka menulis di tempat yang hidup, seperti di kafe. Lakukan eksperimen untuk mengetahui dimana tempat terbaik bagi kamu untuk mulai menulis.

3. Sediakan Notebook

Menggunakan notebook untuk semua hasil tulisan kamu sangatlah penting. Tujuannya adalah agar kamu bisa memeriksa satu per satu tulisan kembali dan melihat sendiri bagaimana peningkatan yang telah kamu buat. Kamu juga bisa menggunakan hasil tulisan sebelumnya untuk menghindari kesalahan penulisan yang sama.

Atau, kamu juga bisa membuat sebuah blog untuk terus berlatih menulis, baik platform Blogger ataupun WordPress. Dengan cara ini, kamu bisa berbagi ke semua orang tentang proses belajar yang kamu lalui.

Baca Juga:
Pentingnya Belajar English Vocabulary Words for Beginners

4. Pilih Topik dan Tulis

Jika kamu sudah siap menulis, pilih sebuah topik dan mulai menulis apapun terkait topik tersebut. Tidak masalah jika kamu menulis dalam bentuk fakta atau cerita tentang pengalaman pribadi. Mulai saja menulis apapun dengan cara lebih menantang, misalnya tulis apapun dalam waktu 5 menit. Kemudian, tingkatkan durasi menulis menjadi 10 menit jika sudah terbiasa.

Poin penting dalam menulis bukan berarti menulis cerita sempurna. Tujuan latihan menulis adalah agar otak terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris, dan mencari tahu seberapa jauh kamu bisa menceritakan topik tersebut dalam tulisan bahasa Inggris. Jika kamu tidak bisa menemukan topik apapun, tulis saja apapun dalam bahasa inggris, walaupun tidak nyambung. Metode ini disebut sebagai free writing.

5. Gunakan Jurnal

Diary atau Jurnal adalah salah satu cara terbaik agar kamu bisa terus berlatih english writing for beginners. Buku harian ini dapat kamu gunakan untuk latihan menulis menggunakan berbagai macam tenses. Kamu bisa menulis dalam bentuk lampau untuk menceritakan pengalaman hari kemarin. Atau, kamu dapat menulis dalam bentuk masa depan untuk bercerita tentang rencana yang akan kamu lakukan esoknya.

Baca Juga:
Tips Belajar Hitung dalam Bahasa Inggris

Alasan Harus Berlatih Menulis Bagi Pemula

Kemampuan english writing for beginners dapat meningkat, tetapi membutuhkan latihan yang intensif. Mampu menggunakan bahasa Inggris secara tertulis adalah hal luar biasa. Kamu bisa menyalurkan opini dan pemikiran dalam bentuk lebih dari satu bahasa.

Menulis sangat menyenangkan dan menenangkan. Keterampilan ini menunjukkan sisi kreatifitas kamu dalam menggunakan bahasa baru. Keterampilan menulis juga menampilkan tingkat kemampuan berbahasa yang tinggi.

Itulah penjelasan lengkap tentang tips belajar menulis bahasa inggris bagi pemula. Belajar menulis membuat kamu secara aktif menggunakan vocabulary baru, ungkapan, dan grammar yang telah kamu pelajari sebelumnya. Setelah menguasai kemampuan menulis, kamu dapat menggunakannya untuk berbagai macam pekerjaan. Banyak lembaga akademik memberikan syarat keterampilan menulis. Jika ingin belajar bahasa inggris tentang grammar dan vocabulary lebih lanjut bisa datang langsung ke ICAN English terdekat di kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web