tips berlatih untuk pte speaking section untuk hasil maksimal

Tips Berlatih Untuk PTE Speaking Section untuk Hasil Maksimal

PTE academic atau Pearson Test of English Academic merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang sudah digunakan oleh banyak institusi dan organisasi dari berbagai belahan dunia. Tes kemampuan bahasa Inggris yang satu ini sangat populer di kalangan siswa internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

PTE Academic sebenarnya dibuka mulai dari tahun 2009 dan digunakan untuk mengukur kemampuan berbicara secara akurat serta objektif menggunakan teknologi pengenalan suara.

Sekalipun sudah cukup populer di kalangan pelajar internasional, tetapi banyak juga yang sulit mendapatkan nilai maksimal dalam tes PTE. Salah satu kesulitan yang dirasakan oleh para peserta adalah speaking. 

5 Cara Mudah Mendapatkan Skor dalam Speaking Section PTE

Speaking section PTE  akan mengukur seberapa besar kemampuan kamu  ketika  berbicara dalam bahasa Inggris. Jadi nanti kamu akan diminta untuk membaca teks yang telah disediakan secara lisan, serta menggunakan intonasi yang tepat dan jelas menggunakan kertas yang dihadapkan pada komputer.

Tidak hanya itu, peserta juga harus mengurangi kalimat yang telah didengar sesuai dengan pemahaman maupun ingatannya. Berbicara dalam bahasa Inggris di PTE,  peserta juga diminta untuk menjelaskan gambar maupun grafik dalam waktu 40 menit saja. 

Jika ingin mendapatkan nilai maksimal untuk  kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris di tes PTE,  berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan:

Baca Juga:
Tips Latihan Membaca Bahasa Inggris

1. Selalu Fokus pada Pengucapan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah fokus pada pengucapan bahasa Inggris. Sekalipun kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, hindari untuk menggunakan slang  atau berbagai macam singkatan yang biasanya digunakan para remaja dalam berbahasa Inggris.

Sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan pada waktu ujian PTE. Untuk memaksimalkan pembelajaran berbicara bahasa Inggris, dalam satu hari luangkan waktu untuk belajar mengucap kata-kata baru.

Setidaknya ada 10 – 15  kata berturut-turut. Hal ini tentu memperluas kamus dan bisa membantu kamu menemukan kata-kata baru setiap harinya. Trik yang bisa digunakan adalah merekam diri sendiri ketika berbicara, kemudian dengarkan rekaman audio setelahnya.

Jika kamu menemukan kesalahan pengucapan, sebaiknya langsung perbaiki. Latihan kecil akan membantu Memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris kamu.

2. Hindari Jeda Panjang

Acara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghindari jeda panjang yang biasanya dilakukan. Apabila dalam kegiatan sehari-hari kamu sering menambahkan jeda seperti kata “umm…” atau “aaaa…”,  maka hal tersebut harus dihindari dan tidak bisa diterapkan pada PTE  speaking.

Cobalah berpikir sebelum memulai berbicara dan selalu melakukan dengan penuh kesadaran. Saya akan membantu kamu membutuhkan banyak latihan dengan  serta konsentrasi.

Cara melatihnya sangat sederhana, cobalah latih mindfulness  ketika berbicara. Lihatlah diri sendiri di depan cermin, kemudian berlatih berbicara. Cobalah untuk ucapan kalimat panjang tanpa jeda dan persiapkan pidato pengantar untuk diri sendiri.

3. Hindari Bicara Cepat

Tips selanjutnya adalah coba untuk menghindari bicara  cepat dalam bahasa Inggris. Jadi jawaban kamu akan dideteksi oleh mesin, maka pastikan agar tidak berbicara terlalu cepat. Hal ini akan mengganggu serta membingungkan algoritma.

Dampaknya kamu akan kehilangan poin dalam ujian. Coba berbicara bahasa Inggris dengan perlahan-lahan dan menggunakan kata-kata dengan hati-hati. Kamu juga bisa tidak menekan jumlah kata yang digunakan dan fokus pada kualitas ucapan.

Cara melatihnya sangat sederhana yaitu dengan berbicara menggunakan kecepatan sempurna sama seperti ketika melihat berita. Melatih hal ini juga harus dilakukan di depan umum agar  lebih percaya diri dan cobalah untuk  mempertahankan percakapan.

Baca Juga:
Tips Menyelesaikan PTE Writing Section dengan Baik

4. Coba Bicara Percaya Diri, Keras dan Jelas

Untuk mendapatkan nilai yang sempurna disarankan juga berbicara dengan percaya diri, keras, dan jelas. Mesin perekam harus mendengar kamu sehingga perlu Berbicara dengan keras dan jelas. 

Tidak hanya itu tetapi kamu juga harus memperhatikan kondisi ruang ujian, di mana biasanya sangat berisik sehingga memerankan suara bisa membuat hasil tidak maksimal. Bicaralah dengan percaya diri dan lantang agar mesin bisa mendengar kata-kata kamu yang diucapkan.

5. Gunakan Tata Bahasa Tepat

Selanjutnya harus menggunakan tata bahasa yang tepat. Jangan membuat kesalahan dalam tata bahasa, karena kamu akan diuji  kemampuan menggunakan bahasa Inggris dalam PTE. Pastikan kamu mempelajari semua aturan dalam penggunaan tata bahasa  sebelum memberikan jawaban apapun.

Seluruh ujian didasarkan pada pengujian kemampuan bahasa Inggris kamu, sehingga berhati-hati ketika memberikan  jawaban dan berlatih aturan tata bahasa yang tepat.

Baca Juga:
Tips Menghadapi PTE Reading dengan Mudah

Memilih Kursus untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking

Belajar sendiri di rumah untuk menguasai tes PTE  memang bisa dilakukan, tetapi hasilnya tidak akan sempurna. Apalagi untuk sesi  speaking  di mana kamu akan membutuhkan partner agar dapat mengoreksi bagian-bagian yang kurang maksimal atau masih lemah.

Maka dari itu, disarankan agar memilih kursus persiapan PTE profesional, ICAN English  yang akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Melalui kursus bahasa Inggris terbaik, kamu akan belajar lebih banyak tentang kosakata,  tata bahasa,  dan pelafalan yang jelas. 

Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi terkait beberapa kelemahan dalam penggunaan bahasa Inggris yang sulit untuk diperbaiki dengan tutor profesional yang telah disediakan oleh Lembaga Kursus. Jadi,  persiapan untuk mendapatkan nilai maksimal dalam PTE  bisa  dilakukan dengan baik.

PTE speaking section adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang sering dianggap sulit oleh banyak pelajar di Indonesia. Kesulitan yang dirasakan oleh pelajar dikarenakan mereka tidak menguasai kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam berbicara Kamu bisa mulai mempersiapkan diri dengan selalu fokus pada pengucapan, hindari adanya jeda, hindari berbicara dengan cepat, coba berbicara dengan percaya diri, menggunakan tata bahasa yang tepat. Dengan cara tersebut maka kamu memiliki peluang untuk mendapatkan nilai tinggi dalam tes PTE.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi