ini tips ielts exam preparation di rumah

Ini Tips IELTS Exam Preparation di Rumah

Persiapan ujian IELTS  bisa dilakukan jauh-jauh hari, bahkan sebelum 6 bulan ujian tersebut dilaksanakan. Ujian IELTS  dilakukan ketika kamu Berencana untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, di mana negara tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

Kemampuan berbahasa Inggris kamu harus dibuktikan pada institusi tempat kuliah melalui sertifikat IELTS. Tes bahasa Inggris yang satu ini akan membantu mengukur kemampuan bahasa Inggris secara keseluruhan, mulai dari kemampuan  reading, writing,  listening, dan speaking.

Ada berbagai macam aspek yang akan diukur dalam hal berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, jadi ujian IELTS  menjadi tes yang dipercaya dan diakui seluruh dunia. Namun, beberapa pelajar merasa bahwa tes ini sulit dilakukan, maka dari itu persiapan matang dibutuhkan. Kamu bisa melakukan IELTS exam preparation di rumah dengan memanfaatkan sumber-sumber yang ada di internet.

Tips Persiapan IELTS di Rumah

Mempersiapkan diri menghadapi ujian IELTS di rumah bukan hal yang tidak mungkin. Tetapi, hal ini hanya bisa dilakukan apabila kamu sudah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Jika ingin membuat IELTS exam preparation, maka kamu bisa mengikuti jadwal secara teratur.

Kamu harus memahami kekuatan dan kelemahan dalam bahasa Inggris, jadi berusahalah untuk meningkatkan keterampilan bahasa tersebut dalam  aktivitas sehari-hari. Kamu bisa memanfaatkan semua sumber daya persiapan IELTS  yang gratis dan didapatkan secara online. 

Sebenarnya mempersiapkan diri menghadapi IELTS  di rumah bukan sesuatu hal yang tidak mungkin. Asalkan memiliki kesungguhan untuk rajin berlatih setiap hari maka akan membantu kamu melewati semua tes dengan baik.

Jika kamu tertarik untuk memilih mempersiapkan materi ujian sendiri, ada berbagai macam buku persiapan IELTS  yang bisa digunakan dan sumber online yang tersedia. Berikut ini beberapa daftar sumber yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi IELTS.

  • Road to IELTS – Bahan persiapan untuk menulis di lts ini memiliki lebih dari 100 jam kegiatan interaktif yang bisa digunakan untuk berlatih, tersedia video dari para ahli British Council, tipe khusus dan beberapa tes latihan yang dapat diunduh.
  • Panduan Cambridge Resmi untuk IELTS – Merupakan bagian grafis yang mudah digunakan untuk membantu kamu mendapatkan skor yang diinginkan dalam ujian IELTS.

Selain dua bahan pembelajaran tersebut, tentu kamu bisa mendapatkan beberapa pembelajaran lain yang didapatkan dengan mudah melalui online.

Baca Juga:
Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

Sangat Penting Menghadapi IELTS dengan Kursus Terbaik

Untuk bisa mendapatkan nilai tinggi dalam ujian IELTS maka membutuhkan persiapan yang matang. Sekalipun persiapan ujian IELTS  bisa dilakukan di rumah, tetapi disarankan agar kamu mengambil kursus bahasa Inggris terbaik. Hal ini dikarenakan ujian IELTS  membutuhkan pemahaman menyeluruh tentang pola tes.

Ada banyak kursus yang disediakan oleh lembaga bahasa Inggris profesional untuk membantu kamu memahami pola dengan baik. Selain itu, Keterampilan manajemen waktu juga dibutuhkan dan memiliki peranan penting ketika mengikuti  ujian IELTS. 

Maka dari itu, mengikuti kursus latihan IELTS  akan sangat membantu dan membuat kamu lebih paham bagaimana cara mengatur waktu lebih baik.

Baca Juga:
Tips Belajar Materi IELTS Sebelum Ujian

Ada beberapa persiapan yang bisa ditawarkan lembaga  kursus bahasa Inggris terbaik untuk menghadapi ujian IELTS,  seperti berikut;

  • Persiapan IELTS  sesi listening –  ada banyak audio yang akan diputar oleh Lembaga Kursus satu kali ketika sedang latihan soal IELTS. Jadi ketika kamu mengikuti tes latihan, batasi diri dengan mendengarkan audio satu kali. Kamu juga bisa mendengarkan topik dari berbagai macam situasi, misalnya seperti percakapan  di tempat kursus, monolog,  dan masih banyak lagi lainnya untuk membantu melatih telinga.
  • Persiapan IELTS  sesi reading – Bagian sesi reading terdiri dari beberapa pertanyaan yang berbeda, setiap pertanyaan membutuhkan keterampilan membaca. Dengan mengikuti strategi khusus yang dipersiapkan oleh kursus bahasa Inggris menghadapi IELTS, Kamu dengan mudah menguasai sesi ini. Daripada membaca berulang kali seluruh bagian, cobalah untuk membaca sekilas dengan memindai teks Dengan memahami gagasan sehingga waktunya lebih singkat.
  • Persiapan IELTS  sesi writing – Kamu akan dibantu untuk merencanakan essay sebelum mulai menulis essay. Agar lebih cepat, catat berbagai macam ide yang muncul secara kasar kemudian mulai mengatur dalam bentuk essay. Sangat penting merencanakan waktu, kamu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas kedua. Jangan sampai menghabiskan lebih dari 20 menit untuk tugas pertama.
  • Persiapan IELTS  sesi speaking – Pada bagian speaking sebenarnya seperti wawancara tatap muka kemudian dibagi menjadi tiga bagian. Untuk bagian berbicara IELTS  akan mencakup mata pelajaran, pekerjaan, pendidikan, teman,  dan lain sebagainya. Kemampuan kamu dalam speaking akan dilatih dengan baik oleh kursus IELTS.

Dengan memilih kursus persiapan IELTS, maka kamu bisa melakukan persiapan semaksimal mungkin. Pastikan kamu memilih kursus bahasa Inggris yang sudah profesional untuk IELTS exam preparation,  seperti ICAN English. 

Mempersiapkan diri menghadapi ujian IELTS  memang tidak mudah, sebab kamu harus mempelajari berbagai macam sesi dan bahan-bahan ujian sehingga proses tes berjalan dengan lancar. Sekalipun bisa dipelajari di rumah, tetapi jauh lebih mudah jika kau bergabung dengan Lembaga Kursus terbaik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi