mudah! ini 15 tips lancar bahasa inggris khusus pemula

Mudah! Ini 15 Tips Lancar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Dulu, siapapun yang fasih Bahasa Inggris dianggap “Sok Inggris” atau “Tidak nasionalis”, tapi bagaimana sekarang? Banyak perusahaan melirik calon karyawan yang fasih berbahasa inggris. Bahkan, produk apapun yang kamu beli, termasuk barang-barang elektronik kebanyakan memiliki buku panduan berbahasa Inggris. Jadi, mengetahui tips lancar bahasa inggris sudah merupakan sebuah keharusan.

Untuk percakapan sehari-hari saja, hampir semua kalangan menggunakan beberapa kosa kata berbahasa inggris, seperti “guys”, “satisfying”, “epic”, juga “anyway”. sebagai pemula, kamu pun wajib tahu tentang apa saja metode belajar yang bisa kamu lakukan agar semakin fasih berbahasa inggris.

15 Tips Melatih Bahasa Inggris Untuk Pemula Agar Lancar

Belajar bahasa Inggris sebenarnya cukup mudah, asal kamu mengetahui apa saja tips lancar bahasa Inggris. Bahkan, sudah banyak orang yang mampu menguasai bahasa inggris karena memiliki tekad belajar secara otodidak dengan terbiasa berbahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. Agar kamu bisa meningkatkan kemampuan tersebut, berikut adalah beberapa tips yang wajib kamu coba:

Baca Juga:
Tips Latihan Bahasa Inggris Online

1. Tentukan Tujuan Belajar

Ada banyak alasan mengapa seseorang merasa harus lancar berbahasa Inggris. Misalnya, agar bisa lolos tes TOEFL atau IELTS untuk kuliah di luar negeri atau mencari pekerjaan yang lebih menggiurkan. Alasan lainnya adalah agar bisa menguasai percakapan sehari-hari.

Sebagai pemula, kamu wajib memiliki tujuan belajar. Tidak harus membuat tujuan jangka panjang, buat saja tujuan yang lebih sederhana dan bersifat jangka pendek. Contohnya, “Dalam waktu satu minggu ke depan, saya harus mampu membedakan penggunaan that, this, those dan these dalam bahasa inggris.”

2. Belajar Kosakata Dasar

Mempelajari berbagai kata dasar yang ada dalam Bahasa Inggris, seperti kata sifat, kata benda, dan kata kerja serta bagaimana mengucapkan setiap kata adalah cara paling penting. Walaupun untuk pelajar dewasa, belajar bahasa inggris harus dimulai dari bagian paling dasar, yaitu kosakata.

Agar belajar tidak terkesan membosankan, buatlah cara-cara kreatif seperti membuat kalimat yang dapat kamu gunakan sehari-hari. Misalnya, buat ungkapan permintaan maaf, ungkapan rasa senang, atau ungkapan ketika harus menolak dan menerima bantuan orang lain.

3. 1 Hari 1 Artikel Berbahasa Inggris

Tidak semua orang mempunyai minat membaca tinggi. Akan tetapi, membaca adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan wawasan. Cobalah membaca artikel berita bahasa inggris yang pendek, misalnya satu paragraf terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu tidak cepat bosan, tetapi mampu mendapatkan kosakata baru setiap harinya. Cara ini juga penting untuk mempelajari kemampuan memahami kalimat tertulis.

4. Nonton Film Bahasa Inggris

Selanjutnya, tips lancar bahasa inggris yang wajib kamu coba adalah dengan menonton film. Siapa bilang, kamu tidak bisa belajar bahasa inggris ketika sedang nonton film? Belajar tidak harus dalam kondisi yang serius. Cobalah menonton berbagai film bahasa inggris, dengan aksen British atau American dengan subtitle bahasa indonesia terlebih dahulu, mengapa?

Tujuannya adalah agar kamu bisa menemukan apa saja kalimat yang berguna untuk percakapan sehari-hari. Misalnya, kamu mendengar “I am happy to see you again.” dengan subtitle “Saya senang melihatmu lagi.” Ulangi dan dengarkan kembali pengucapan dialog tersebut untuk menambah kosakata baru. Bila perlu, catat frasa baru yang kamu temukan dari setiap film yang kamu tonton.

5. Baca Buku Berbahasa Inggris

Untuk pemula, kamu bisa membaca buku berbahasa inggris. Tidak usah harus membaca novel yang tebal, kamu bisa memulai dari bacaan yang lebih ringan, misalnya baca cerita pendek atau mini story berbahasa inggris. Selanjutnya, cari kosakata baru dari bacaan tersebut dan dialog-dialog dengan kalimat pendek yang mudah dimengerti.

Jika sudah terbiasa membaca cerita pendek bahasa inggris, sekarang kamu bisa beralih ke novel, mengapa? Novel mempunyai struktur kata yang lebih rumit, biasanya juga mengandung makna kiasan. Sehingga, kamu bisa meningkatkan pemahaman berbahasa inggris lebih tinggi.

6. Menulis Bahasa Inggris

Jika keterampilan membaca dan mendengarkan sudah meningkat, kamu bisa berlatih menulis menggunakan bahasa inggris. Misalnya, dengan merangkum film yang ingin kamu tonton atau buku yang mau kamu baca. Selanjutnya, tulis kembali menggunakan bahasa Inggris. Selesai menulis, periksa tulisan, pastikan tidak ada kesalahan makna atau kesalahan dalam kalimat.

Baca Juga:
Cara Ngobrol Bahasa Inggris

7. Dengarkan Lagu Barat, Tulis Lirik

Suka mendengarkan berbagai macam lagu hingga bisa hafal lirik? Mendengarkan lagu bahasa inggris adalah salah satu cara belajar yang mengasyikkan, mengapa? Kamu dapat melatih pendengaran dengan menulis lirik lagu yang kamu dengar tanpa membaca di internet. Tulis lirik tersebut sesuai dengan kemampuan kamu dalam mendengarkan.

Agar tahu kesalahan dalam menebak lirik tersebut, kamu bisa memutar ulang lagu sambil membandingkan lirik yang kamu tulis dengan lirik asli. Lakukan latihan ini secara rutin.

8. Dengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Podcast sekarang ini sedang populer, dan dapat kamu dengarkan kapan saja. Sudah banyak podcaster di Indonesia yang mampu menyuguhkan berbagai konten menarik. Agar kamu mempunyai wawasan internasional sekaligus meningkatkan kemmapuan berbahasa Inggris, tidak ada salahnya untuk sering mendengarkan podcast luar negeri.

9. Game Online

Hanya dengan bermain game online, kamu bisa belajar banyak ilmu bahasa Inggris. Saat bermain game online, kamu dapat menggunakan mode multi players atau bermain bersama pemain lainnya dari luar negeri.

Manfaatkan fitur voice dalam game supaya bisa mengobrol bersama pemain lainnya menggunakan bahasa inggris. Tidak hanya bisa belajar aksen sesuai negara asal para pemain, kamu bahkan bisa melatih kemampuan berkomunikasi secara spontan.

10. Latihan Speaking Depan Cermin

Banyak orang yang kurang percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Misalnya, takut salah, takut dibully, atau merasa ada yang lebih jago. Untuk pemula, kamu bisa memanfaatkan cermin untuk berlatih speaking. Ulangi kalimat dan kosakata dengan terus menerus sesuai percakapan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya, agar kamu tidak lagi terbata-bata saat berbicara langsung.

11. Cari Arti Kalimat yang Belum Kamu Tahu di Internet

Manfaatkan aplikasi Google Translate yang ada di ponsel kamu. Tujuannya adalah supaya kamu bisa segera mencari makna kata atau kalimat yang belum kamu pahami. Jangan pernah malu dalam melakukannya, karena hal tersebut merupakan langkah bagus dalam meningkatkan jumlah kosakata yang belum kamu pahami.

12. Rajin Baca Kamus

Belajar bahasa inggris supaya lancar tidak bisa dengan belajar kosakata dasar saja. Kamu pasti akan menemukan kesulitan ketika mendapati kosakata yang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Biasanya, kosakata tersebut hanya digunakan dalam bahasa penelitian, jurnal, atau artikel. Itulah mengapa, kamu harus memperluas kemampuan berbrahasa Inggris dengan rajin baca kamus kosakata lengkap.

Apabila ingin belajar secara spesifik, gunakan kamus sesuai bidang yang kamu pelajari. Hal ini karena, bahasa inggris cakupannya sangat luas. Bahasa Inggris yang digunakan dalam bidang kedokteran, sastra, dan ekonomi tentunya saling berbeda.

Baca Juga:
Belajar Bahasa Inggris Sederhana yang Bisa Dicoba

13. Chatting Berbahasa Inggris

Semua orang saat ini sudah menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan semua aplikasi tersebut ketika sedang berkomunikasi atau chatting dengan teman. Beritahu teman-teman kamu bahwa saat ini, kamu sedang berlatih Bahasa Inggris. Sehingga, mereka dapat memahami bahwa kamu akan menggunakan waktu mengobrol bersama mereka dengan menggunakan Bahasa Inggris.

14. Setiap Hari Praktik Bahasa Inggris

Bahasa Inggris bukanlah bahasa sehari-hari orang Indonesia. Untuk itu, jika ingin lancar berbahasa Inggris, satu-satunya cara adalah dengan menggunakannya untuk latihan sehari-hari. Lakukan cara dengan rutin, dengan menetapkan target apa yang ingin kamu capai.

15. Ikut Kursus Bahasa Inggris

Semua orang mempunyai kemampuan yang berbeda, termasuk kecepatan dalam menguasai Bahasa Inggris. Beberapa orang mampu belajar sendiri, tetapi ada juga yang dapat meningkatkan kemampuannya ketika mendapatkan bimbingan dari mentor yang tepat.

Jika kamu merasa stuck dan tidak ada perkembangan yang signifikan dalam berbahasa Inggris, mulailah mendaftar kursus Bahasa Inggris. ICAN English memberikan kesempatan bagi semua orang untuk mahir berbahasa Inggris dengan metode pembelajaran menyenangkan. Semua program belajar disediakan berdasarkan kebutuhan peserta didik.

Baca Juga:
Tips Belajar Materi IELTS Sebelum Ujian

Apa Untungnya Belajar Bahasa Inggris Dari Sekarang?

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja tips lancar bahasa Inggris. Selanjutnya, apa sih untungnya mahir berbahasa Inggris? Saat ini, terdapat hingga 1.5 miliar orang di dunia yang berbahasa Inggris. Bahasa Inggris paling banyak digunakan di negara-negara yang mempunyai kegiatan ekonomi dan budaya tinggi, dan selama berabad-abad menjadi alat komunikasi internasional di semua bidang.

Pertama, untungnya belajar Bahasa Inggris adalah meningkatkan karir dan peluang pekerjaan. Banyak perusahaan lebih melirik CV calon karyawan yang mempunyai kemampuan berbahasa inggris dengan fasih. Seseorang yang mampu berbahasa Inggris akan mendapatkan 10-15% gaji lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mampu menggunakan bahasa tersebut.

Kedua, lancar berbahasa Inggris membuat kamu dapat menjelajahi berbagai belahan dunia dengan percaya diri. Kamu bisa pergi kemana saja, bahkan mengelilingi dunia dengan modal Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi yang efektif.

Terakhir, sistem pendidikan kelas dunia terbuka lebar bagi siapa saja yang sudah mahir berbahasa Inggris. Banyak universitas kelas dunia di UK dan USA mengajarkan seluruh program studi dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bahkan, kamu juga harus memenuhi syarat tes Bahasa Inggris untuk mendaftar di berbagai universitas di luar negeri!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web