tips untuk memaksimalkan english pronunciation

Tips untuk Memaksimalkan English Pronunciation

Belajar English pronunciation dengan benar bisa menjadi salah satu bagian tersulit dari belajar bahasa Inggris, terutama jika ada suara yang tidak dimiliki bahasa Indonesia atau kamu cenderung kesulitan mengucapkan huruf vokal yang rumit.

Contoh, saat mengucapkan way, weigh, dan whey, semuanya terdengar sama. Sebaliknya, contoh pronunciation untuk bomb, tomb, dan comb adalah tiga kata yang punya pronunciation sangat berbeda.

Cara Belajar English Pronunciation

Berikut adalah beberapa cara belajar English pronunciation dari ICAN English:

Baca Juga:
Tips Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

1. Belajar mendengarkan

Sebelum belajar cara berbicara, kamu harus belajar cara mendengarkan. Beberapa suara mungkin sulit dibedakan saat mendengarkan. Jika kamu dapat mendengar perbedaan antara dua kata yang mempunyai pengucapan hampir sama, akan lebih mudah untuk membicarakan perbedaannya.

Ada banyak panduan untuk membantu memulai belajar mendengarkan. Latihan pengucapan yang hanya berbeda satu bunyi.

2. Belajar dengan Kamus Pengucapan Bahasa Inggris

Kamu mungkin sudah menggunakan kamus untuk menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris, tetapi kamus online atau digital dapat menawarkan banyak manfaat tambahan, termasuk panduan pengucapan. Kamus jenis ini dapat menjadi salah satu alat paling berguna yang dapat kamu miliki untuk melatih pengucapan bahasa Inggris, apalagi semua tersedia online gratis!

Baca Juga:
Panduan Belajar Huruf Vokal dan Konsonan Bahasa Inggris

3. Perhatikan bagaimana mulut dan bibir bergerak

Ketika berbicara, kamu akan menggerakkan mulut. Cara kamu menggerakkan mulut memengaruhi cara kamu mengucapkan sebuah kata.

Langkah pertama untuk memperbaiki bentuk mulut Anda adalah dengan memperhatikan dan memperhatikannya. Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah mulut dan bibir membentuk bentuk yang benar:

  • Gunakan cermin, cara paling sederhana untuk mengetahui bentuk mulut saat berbicara.
  • Letakkan jari di depan bibir (seperti mengatakan “ssst”). Saat berbicara, jangan gerakkan jari, tetapi rasakan bahwa bibir bergerak menjauh atau mendorong jari.
  • Perhatikan orang lain dan perhatikan bentuk mulut dan bibir mereka ketika mereka berbicara. Coba ikuti acara TV atau film favorit kamu. Bisakah kamu mengulangi wajah dan suara yang dibuat oleh para aktor?
  • Ada panduan dan gambar online yang akan membantu mempelajari cara menggerakkan mulut. Panduan ini berbentuk animasi 3D, dengan beberapa gambar bermanfaat untuk memahami bagaimana seharusnya mulut terlihat saat kamu berbicara.

Kamu juga bisa bertemu dengan tutor profesional yang akan membantu belajar pronunciation Bahasa Inggris di ICAN English. Kelas bahasa Inggris kami dirancang khusus sesuai tujuan membantu agar kamu semakin fasih berbahasa inggris, terutama speaking.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Past Continuous Tense

Mengapa Penting Belajar Pronunciation

Kesulitan berbicara, terutama saat latihan English pronunciation adalah masalah umum bagi banyak pelajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris memiliki banyak suara yang sulit, seperti th dan ch Kamu wajib tahu bahwa lebih banyak latihan berbicara tidak selalu berarti lebih banyak latihan pengucapan. Kedua mata pelajaran ini tidaklah sama. Latihan berbicara membantu mempelajari cara membuat kalimat secara alami dalam percakapan. Sementara, latihan pengucapan adalah tentang memastikan artikulasi terdengar jelas dan mudah dimengerti.

Dengan menggunakan suara yang benar saat kamu berbicara, orang lain dapat dengan cepat memahami apa yang kamu katakan. Jika kamu menguasai tata bahasa dan tahu banyak kata yang berbeda, pengucapan yang baik akan membantu orang lain mendengar dan memahami apa maksud yang kamu sampaikan dengan lebih jelas.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web