tips sat practice test writing yang wajib kamu tahu

Tips SAT Practice Test Writing yang Wajib Kamu Tahu

SAT practice test writing and language merupakan soal jenis pilihan ganda. Kamu diharuskan membaca bacaan dan menemukan atau mengoreksi kesalahan. Pada sesi ini, durasi waktu yang diberikan adalah 35 menit, untuk 4 bacaan, berisikan 44 jenis soal pilihan ganda.

Setiap bagian soal bacaan mempunyai 400-450 rentang kata. Kompleksitas bacaan juga bervariasi, beberapa terkesan mudah dipahami, tetapi ada juga yang menantang. Setiap bagian juga mempunyai tujuan dan format berbeda.

Terdapat bacaan naratif, yaitu untuk menceritakan cerita sejarah, non-fiksi, atau eksperimen ilmiah. Bacaan lainnya yaitu bisa berupa argumentatif, untuk mengajak atau meyakinkan pembaca terkait sesuatu, sesuatu yang informatif, atau sejenis teks explanatory. Beberapa bacaan juga mengandung grafik, tabel, atau infografik lainnya.

5 Cara Mengerjakan SAT Test Writing

Berikut adalah apa saja tips yang bisa kamu coba ketika belajar SAT practice test writing:

1. Jawab Pertanyaan Selagi Membaca

Kamu hanya mempunyai waktu sekitar 48 detik untuk menjawab setiap pertanyaan. Sehingga, kamu tidak punya banyak waktu untuk membaca secara mendalam. Pelajari teknik membaca skimming dari semua bacaan untuk mendapatkan ide pokok dan mengidentifikasi gaya tulisan tersebut. Jika kamu menemukan bacaan yang penting, garis bawahi. Sehingga, kamu tidak kehilangan informasi penting yang biasanya sering ditanyakan dalam soal.

2. Kerjakan Soal Terpanjang Belakangan

Kamu juga sangat mungkin menemukan soal-soal yang lebih rumit, seperti penempatan paragraf atau kalimat. Atau, kamu juga akan ditanya tentang apakah bacaan sudah sesuai dengan tujuan penulis, mengapa dan mengapa tidak. Jenis pertanyaan seperti ini membuat kamu harus membaca seluruh bacaan. Untuk menjawabnya, kamu harus membaca teks secara keseluruhan terlebih dahulu.

Baca Juga:
Semua yang Wajib Kamu Tahu tentang SAT Online Prep Courses

3. Jawaban Relevan

Ketika ada jawaban lebih dari satu pilihan dengan tata bahasa yang sudah tepat, pilih jawaban yang lebih pendek untuk menghindari pemborosan kata. Selain itu, jika pilihan jawaban keluar dari topik, jangan dipilih. Jawaban yang benar akan selalu relevan dengan materi yang berkaitan.

4. Tip Menulis SAT

Terdapat dua pertanyaan per bagian di bagian SAT practice test writing & language akan secara khusus menguji tentang tanda baca, dan kamu dapat menggunakan keterampilan punctuation untuk menjawab banyak pertanyaan lainnya. Pelajari penggunaan koma, titik koma, titik dua, tanda hubung, dan apostrof.

5. Pahami Hubungan Antar Ide

Pertanyaan-pertanyaan dalam Writing & Language Test akan menguji kemampuan kamu dalam membuat transisi yang sesuai dan efektif antara tiap ide. Terdapat empat hubungan yang harus kamu ketahui, dan kamu wajib memilih tipe transisi kata yang tepat, mulai dari reinforcement, contrast, cause-and-effect, dan sequence.

Misalnya, among others, also, for example atau in addition merupakan jenis transisi reinforcement. Tujuannya adalah untuk memastikan ide dalam suatu kalimat mendukung ide dalam kalimat berikutnya.

Baca Juga:
Cara Menghadapi Ujian SAT Writing & Language Section

Skill Apa yang Kamu Butuhkan untuk Mengerjakan SAT?

SAT writing menguji beberapa keterampilan, mulai dari keterampilan mengamati detil hingga gambar. Tes ini ingin memastikan bahwa kamu telah memahami struktur kalimat dan tanda baca serta kemampuan mengelompokkan informasi dan ide dalam bacaan. SAT writing memastikan bahwa kamu telah menggunakan bahasa secara efektif untuk mengembangkan ide dan membuktikan poin dalam bacaan.

Ujian ini tidak akan meminta kamu untuk menulis berbagai paragraf, tetapi mampu mendeteksi dan memperbaiki kesalahan dalam bacaan dan meningkatkan paragraf yang sudah ada. Kamu akan diminta untuk merevisi atau mengedit bacaan untuk menunjukkan bahwa kamu mampu memahami grammar, penggunaan bahasa inggris secara tertulis, dan tanda baca.

Menurut College Board, SAT Writing berkaitan dengan penggunaan empat keterampilan yaitu: command of evidence, expression of ideas, words in context, and standard English conventions.

Baca Juga:
Tips Belajar English Writing for Beginners

ICAN English menyediakan kursus agar kamu bisa mengikuti pembelajaran SAT practice test writing dengan lebih mudah. Pembelajaran akan dibimbing oleh tutor yang sudah bersertifikat dengan berbagai kegiatan menyenangkan untuk belajar secara interaktif.

Dengan ikut kursus ini, kamu dapat meningkatkan pemahaman tentang penggunaan bahasa inggris. Kamu juga dapat memenuhi skor tinggi agar bisa masuk ke universitas impian di luar negeri.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web